PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUA VIDEO YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Authors

  • Cut Riska Faiza Universitas Malikussaleh
  • Syafrizal Idris Universitas Malikussaleh
  • Muliani Muliani Universitas Malikussaleh
  • Fajrul Wahdi Ginting Universitas Malikussaleh
  • Halimatus Sakdiah Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2696

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video youtube terhadap pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Muara Batu. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan desains penelitian non eqivalent control group design yang terdiri dari dua kelompok yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambil sampel menggunakan tekning purposive sampling, yang terdiri dari kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas terdiri dari 25 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol dengan nilai sebesar 62,6 sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 78,6. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji non parametrik dengan uji mann whitney test diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari pada nilai signifikan 0,05 yang artinya  (Ho) ditolak dan  (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model PBL Berbantuan video Youtube terhadap pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

model PBL, video, youtube, pemahaman konsep

References

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Badu, T. K., & Ikbal, M. S. (2020). Perbedaan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Melalui Model Problem Based Learning Dan Pembelajaran Interaktif. UJES (Uniqbu Journal of Exact Sciences), 1(Agustus), 40–45.

Efendi, A., Yuliani, H., & Rohmadi, M. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Animasi: Dampak Hasil Belajar Kognitif Dan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (1), hal:52-59.

Ismiazizah, N., Prihandono, T., & Harijanto, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Disertai Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Di Sman Tempeh. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 383–389.

Junaid, M., Salahudin, S., & Anggraini, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(April), 16. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709

Kaleka, M.,& Ika, E. Yasinta. (2018). Developing the character-based students worksheet of science with inquiry model for students of grade IX. Journal of Science Education Research. 2(2), hal 66-70 10.21831/jser.v2i2.22470

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah.

Penu, M. E., Nasar, A., & Kaleka, M. B. U. (2021). STUDI KASUS PEMBELAJARAN LUAR JARINGAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPK CHRISTO REGI ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 201-206. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1113

Putri, N. R., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2015). Pengembangan Buletin Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Melingkar Pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Radiasi, 06(1), 24–29.

Rahayu, D. R., & Prayitno, E. (2020). Minat dan Pemahaman Konsep siswa dalam Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Media Video. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1064

Rahmadhani, H., & Acesta, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. 2(1), 1–14.

Salma, V. M., Sunyoto, E. N., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan E-Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. Unnes Physics Education Journal, 5(1), 18–25.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. In Alfabbeta Pres. Alfabeta.

Trianto, T. T., Hartono, & Akhlis, I. (2019). Pemanfaatan Youtube untuk Pembelajaran Fisika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Laboratorium Siswa. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2012, 744–751. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/366/386

Yoesoef, A. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menanya dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal PINUS, 1(2), 96–102.

Zahara, S. R., Muliani, & Rizaldi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Model PBL Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Riset Inovasi Pendidikan Fisika, 4(1), 15–23.

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Faiza, C. R. ., Idris, S. ., Muliani, M., Ginting, F. W. ., & Sakdiah, H. . (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUA VIDEO YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 72-79. https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2696