PENGARUH MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS

Authors

  • Nurul Fitria Universitas Jember
  • Halimatus Sa’diyah Universitas Jember
  • Jalis Syarifah Universitas Jember
  • Nikmatus Sholikhah Universitas Jember
  • Meylan Kharisma Putri Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember
  • Subiki Subiki Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2793

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran, perlunya suatu rangsangan bagi seorang mahasiswa. Guna menumbuhkan ketertarikan serta semangat dalam belajar. Utamanya dalam meningkatkan berpikir kritis pada mahasiswa. Pendidik, memiliki kewajiban dalam keberhasilan belajar peserta didik. Sehingga pendidik harus mengetahui karakteristik dari mahasiswa. Salah satunya mengetahui minat belajar mahasiswa. Pendidik harus mampu mengenali kesiapan mahasiswa dalam proses belajar, sertaa mengetahui minat belajar mahasiswa. Sehingga, mahasiswa semangat dan excited menerima pembelajaran. Dengan mengetahui minat belajar mahasiswa, dapat menjadi salah satu cara dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Baik dengan memberikan soal ataupun dengan memberikan tugas praktik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan uji regresi pada software SPSS guna melihat apakah minat belajar berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis sehingga hasil belajar mahasiswa dapat meningkat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh kuat terhadap variabel Y dengan presentase 77,2 %. Dengan demikian, minat belajar mahasiswa menjadi salah satu faktor untuk meningatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa khususnya pada materi gerak jatuh bebas.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Minat belajar, Berpikir kritis, Gerak Jatuh Bebas

References

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta:Deepublish.

Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2):456-462.

Mayanti, A., C. Poluakan, & F. R. Tumimomor. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Demonstrasi dan Eksperimen pada Pembelajaran Fisika tentang Hukum Newton. Pesona Sains: Jurnal Pendidikan Fisika. 3(1):9-14.

Permata, A., & Y. B. Bhakti. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah). 4(1):27-33.

Sundari, P. D., & D. Sarkity. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration. 4(2):149-161.

Zubaidah, S. (2019). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Seminar 2nd Science Education National Conference Di Universitas Trunojoyo, (October 2018): 1–18.

Wardani, R. P., C. Z. Fitriyah, & D. A. Puspitaningrum. (2021). Melatih Keterampilan Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Saintifik. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar. 5(2):2021.

Humairoh, S., M. Yakob, N. A. Lubis, & R. A. Putra. (2021). Perancangan Alat Praktikum Berbasis Arduino Untuk Menentukan Waktu Dan Kecepatan Secara Otomatis Pada Gerak Jatuh Bebas. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. 4(01):23-32.

Toda, S. Y. G., M. Y. M. Tati, Y. C. Bhoga, & R. B. Astro. (2020). Penentuan Percepatan Gravitasi Menggunakan Konsep Gerak Jatuh Bebas. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika. 4(1):30-37.

Ilyas, A.N. A. Liu, & K. Sara. (2022). Memahami Konsep Fisika Melalui Praktikum Laboratorium Virtual. Bandung:Penerbit Media Sains Indonesia.

Yuningsih, N., & Sardjito. (2020). Gerak Vertikal Benda Berukuran Berbeda yang Jatuh Tanpa Kecepatan Awal dan Bergesekan dengan Udara. In Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar. 11(1):710-714.

Setyoningrum, N. R., & P. J. Rahimma. (2022). Implementasi Algoritma Regresi Linear Dalam Sistem Prediksi Pendaftar Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK). 4:3-18.

Ayuni, G. N., & D. Fitrianah. (2019). Penerapan Metode Regresi Linear Untuk Prediksi Penjualan Properti pada PT XYZ. Jurnal Telematika. 14(2):79-86.

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 117-127. DOI : jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc

Wulandari,P., Maswani., & Khotimah, H. (2019). Google Form sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran di SMA N 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 421-425. DOI : https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5640/4045

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Fitria, N., Sa’diyah, H. ., Syarifah, J. ., Sholikhah, N. ., Putri, M. K. ., Sudarti, S., & Subiki, S. (2023). PENGARUH MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 209-216. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2793