PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KETERBATASAN SUMBER ENERGI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Authors

  • Ilahil Riska Dwi Aji Muarifa Universitas Jember
  • Ima Ainur Rohmah Universitas Jember
  • Maulana Ardiansyah Rianto Universitas Jember
  • Subiki Subiki Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2805

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan berfikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah materi keterbatasan sumber energi dengan responden mahasiswa pendidikan fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan uji angket melaui kuisioner dengan 8 pertanyaan. Hasil analisis data menggunakan uji regresi pada hipotesis menunjukan jika H0  yaitu kemampuan berfikir kritis tidak mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dan H1 yaitu  kemampuan berfikir kritis mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Sumber Energi

References

Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1 Besaran-Besaran Gerak. Bandung : Institut Teknologi

Afriansyah, E. A., Herma, T., Turmudi, T., Dahlan, J.A. 2020. Mendesain Soal Berbasis Masalah Untuk Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Calon Guru. Jurnal Pendidikam Matematika, 9(2), 293-250

Amin, M., & Ibrahim, M. (2022). Meta Analisis: Keefektifan Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 248–262.

Azwar, Saifudin.2011. Tes Prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Pustaka belajar: Yogyakarta. 2011

Fauziah, A. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Strategi REACT. Forum Kependidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 30 (1):1-10.

Hadi, D. I., & Junaidi, J. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xi IPS 2 SMA Negeri 1 Pariaman. Socius, 4(1), 22.

Hardiantiningsih., Istiningsih, S., Hasnawati. 2023. Pengaruh Modil Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research. 5(2).

Herwansyah., Winarni, E, E., Susanta, A. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep IPA dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Al-Islam Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar. 6(1).

Herawati, L. 2013. Pembelajaran Melalui Strategi REACT untuk Meningkatkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2 (2): 186-189.

Indirawati, Dika. A, Persita. P. H. 2016. Prosiding Syimposium On Biology Education. 317-382

Latifah, N., Ashari, & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-modul fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(01), 1–7.

Kemdiknas. 2020. Proses Pendidikan Ntuk Pembangunan Berkelanjutan (Education For Suistainable Development/ ESD) Melalui Kegiatan Intrakulikuler Melalui Kegiatan Intrakulikuler . Jakarta : Pusat Penelitian Ebijakan. Balitbang Kemdiknas

Kusumastuti, R, P., Nugroho, S, E., Ruslowati, A. 2019. Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Literasi Sains Siswa. Unnes Physics Education Journal. 8(3)

Mursari,C. 2020. Kemampuan berfikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa ditinjau dari gaya belajar. Alphamath: Journal of mathematics education, 5(2), 40-48

Rezba.R, Sparague. C, Mcdonough. J. T. 2016. Learning And Assessing Science Process Skills. Dubuque.Lowa. Kendal HUNT Publishing.

Shanti, Widya. N, Dyansih. A.S, Adhetia. M. 2017. LITERASI : Jurnal Ilmu Pendidikan. 48-58

Sulianto, J., Cintang, N., Azizah, M. 2018. Analisis Korelasi dan Regresi Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kota Semarang. Seminar Nasional Pendidikan. 3(6).

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.

Yusup,M. 2018. Analisis Kurikulum Fisika SMA dalam Perspektif Literasi Energi. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 6 (1)

Suzanti, W., Handayani, Y, S., Permana, B, R, S., Khaerudin, D., Rini, A, S., Rahmatullah, A. 2023. Kelayakan Potensi Sumber Daya Energi Terbarukan Sebagai Solusi Keterbatasan Daya Listrik Di Pedesaan Dengan Metode Sel Surya. Indonesian Journal of Thousand Literacies. 1(3).

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Aji Muarifa, I. R. D. ., Rohmah, I. A., Rianto, M. A., Subiki, S., & Sudarti, S. (2023). PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KETERBATASAN SUMBER ENERGI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 217-225. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2805