PERBANDINGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SMA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3126Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk: Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep fisika yang diajarkan dengan menggunakan model Flipped Classroom pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cijeruk. 2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep fisika yang diajarkan dengan menggunakan model Direct instruction pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cijeruk.3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemehaman konsep peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model Flipped Classroom dan model Direct Instruction pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cijeruk. Adapun desain dalam penelitian ini adalah True Experimantal Design dengan menggunakan pre-test-post-testt control group design. Dimana akan diambil dua kelas untuk diteliti, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang keduanya dipilih secara acak (random). Populasi target dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Cijeruk. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 dengan jumlah 35 siswa, X MIPA 2 berjumlah 36 siswa, dan kelas X MIPA 3 berjumlah 35 siswa dan total seluruhnya yaitu 106 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purpossive Sampling. Pengumpulan data diambil dengan tes dalam bentuk essay. Teknik analisi data menggunakan Uji normalitas yang digunakan adalah uji Chi Square, Uji homogenitas yang digunakan adalah uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Cijeruk dengan menggunakan model Flipped Classroom nilai rata-rata pre-test (26.04) dan nilai rata-rata post-test (73.79) Kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Cijeruk dengan menggunakan model Direct instruction nilai rata-rata pre-test (25.64) dan nilai rata-rata post-test (65.90). 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep fisika menggunakan model Flipped Classroom dan model Direct instruction, berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t terhadap hasil Post-test, hasilnya t_hitung sebesar 2,48 dan nilai t tabel sebesar 2.00. 3) Berdasarkan hasil perhitungan t_hitung > t_tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka, kesimpulan yang didapatkan menunjukan bahwa penerapan model Flipped Classroom lebih efektif dibandingkan dengan model Direct instruction dilihat dari kemampuan pemahaman konsep setelah diberi perlakuan.
Downloads
Keywords:
Model Flipped Classroom, Model Direct Instruction, Kemampuan pemahaman konsepReferences
Akip, I. U. (2019). Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom Dilengkapi dengan Mindmap Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Anzar, Z., Arvyaty, A., Busnawir, B., & Fahinu, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43-54. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5643
Argawi, A. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 64-75. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9974
Gumilar, E. B. (2021). Penerapan Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mahasiswa STAI Muhammadiyah Blora. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 56-67.
Harianja, J. K. (2020). Mengembangkan Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Pada Pelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 121-130.
Hikmatunnisa, D., & Mahmudah, D. REMEDIASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DI SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).
Ismiati, I., Sarwi, S., & Marwoto, P. (2020). Pola dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Proyek. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 115–123. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1847
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model flipped classroom dan discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Prisma, 10(1), 17-29.
Oakes, D., Davies, A., Joubert, M., & Lyakhova, S. (2018). Exploring teachers’ and students’ responses to the use of a Flipped Classroom teaching approach in mathematics. BSRLM Proceedings, King’s Coll. London, 38(3), 1-6.
Oktarianto, M. L., Fitriani, E., & Romadhoni, S. A. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 107-121.
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif.
Patmawati, S., Misdalina, M., & Fitriasari, P. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X melalui model blended learning. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 210-217. https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.412
Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2019). Model student facilitator and explaining terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 465-473. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2365
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta, cet. 2, 2020).
Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Strelan, P., Osborn, A., & Palmer, E. (2020). The flipped classroom: A meta-analysis of effects on student performance across disciplines and education levels. Educational Research Review, 30, 100314.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta, cet. 2, 2020),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi