This is an outdated version published on 2019-12-02. Read the most recent version.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 7 NANGAPANDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Maria Kristina Selo Gu Universitas Flores
  • Melkyanus Bili Umbu Kaleka Universitas Flores
  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.327

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII semester II SMP Negeri 7 Nangapanda tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Nangapanda yang berjumlah 28 orang. Data penelitian ini diperoleh  dengan tenik observasi, teknik angket dan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung nilai motivasi dan nilai hasil belajar siswa serta presentasi ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: 1) motivasi belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 22% (siklus I  terdapat 17 orang siswa tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 23 orang siswa). 2) Nilai hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 18% (siklus I terdapat  19 orang siswa yang tuntas dan pada siklus II menjadi 24 orang siswa).

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

References

REFERENSI

Baiq Nely Widya Anggraini, B.N.W., Syachruddin AR, dan Agus Ramdani, (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tentang Sistem Gerak. Jurnal Pijar MIPA. 15(1), 32-36.

Endang, M. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hamruni. (2012). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan.

Handakan, A., Sukarmin, dan Widha S. (2018). Pembelajaran Fisika Melalui Konstruktivisme Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termidifikasi Ditinjau Dari Motivasi Berpretasi dan Sikap Ilmiah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA. 7(2). Hal.190. https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri

Joyce, B., Marsha Weil, Emily Calhoun. (2009). Models Of Teaching: Model-Model Pengajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Kaleka, M., dan Yasinta E.I., (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter Model Inquiry Untuk Siswa Kelas IX. Pancasakti Science Education Journal. 4(1), 1-6.

Kaleka, M. & Hernolina Elly. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Prestasi Belajar Dan Karakter Siswa Kelas IX. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 50-55.

Muakhirin, B. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif No. 01 Mei 2. Diakses dari https://journal.uny.ac.id

Purwanto, N. (2012). Prinsi-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sardiman. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

W. Gulo. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2019-12-02

Versions

How to Cite

Selo Gu, M. K., Kaleka, M. B. U., & Ika, Y. E. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 7 NANGAPANDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 1-9. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.327

Issue

Section

Articles