PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MATA PELAJARAN IPA SMPS KATOLIK CHRISTO REGI ENDE
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.3286Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan kelas VIII SMPS Katolik Christo Regi Ende. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPS Katolik Christo Regi Ende? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik peserta didik kelas VIII SMPS Katolik Christo Regi Ende yang berjumlah 20 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pada kegiatan pra siklus prestasi belajar peserta didik mencapai ketuntasan sebesar 20% dengan kategori cukup. Sementara kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah adalah 75. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menerapkan metode demonstrasi pada siklus pertama ketuntasan preastasi belajar peserta didik mencapai 40% dengan kategori cukup, pada siklus kedua prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan mencapai 100%. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan.
Downloads
Keywords:
Metode Demonstrasi, Peserta Didik, Hasil BelajarReferences
Afifi, R. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 68–85.
Aryani, D. (2019). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Pokok Lagu-Lagu Daerah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 172–180. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i2.19760
Bonefasius Bofan. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Lembor Tahun Ajaran 2019/2020. EDUNET, 1(1), 40–52.
Ermawati. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA MelaluiMetode Pembelajaran Demonstrasi. Wahana Didaktika, 17(1), 21–28.
Gultom, D. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Kelas Viii-1 Smp Negeri 1 Patumbak. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 1(1), 18–23. https://doi.org/10.51178/jetl.v1i1.31
Handayati, S. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Belajar Ipa Siswa Kelas Vii. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.47387/jira.v1i2.30
Hunaidah, M., Armin, A., & Fayanto, S. (2018). Penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Fisika. Quantum: Seminar Nasional. 25(2), 293–298. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/275
Mulyadi, M. (2018). Strategi Belajar Mengajar dengan Menerapkan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Tanjung. Jurnal Langsat, 5(1), 45–48.
Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi Sekolah Menengah Pertama Melalui Metode Demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 15–19. https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.220
Nahdi, et al. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16. https://core.ac.uk/download/pdf/11715904.pdf
Nur Aisyah, Yuyun Supriyani, & Hawaliyah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Komputer Interaktif dan Metode Demonstrasi. IDEAS, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.32884/ideas.v
Putri, A. I. K. D., Putra, T. P., & Putra, P. D. A. (2017). Penerapan model pembelajaran talking stick disertai metode demonstrasi berbantuan media kokami. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 321–328.
Sa’diyah, H., Indrawati, & Handayani, R. D. (2015). Model Pembelajaran Concept Attainment Disertai Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP (Studi Eksperimen pada Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Fisika). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 224–229.
Selo Gu, M. K., Kaleka, M. B. U., & Ika, Y. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Nangapanda Tahun Pelajaran 2018/2019. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 1-9. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.327
Sembiring, B. R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Suhu Dan Perubahannya Pada Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM INDONESIA (JPPIPAI), 2(1), 1–9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11372/10779
Setiyawan, Rio Tri, Sutarto, & S. (2012). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Dengan Metode Demonstrasi Yang Dilengkapi Media Lingkungan Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 13 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 206–211.
Sukirnadi. (2020). Sukirnadi model selamanya berjalan efektif karena masih belajar yang telah disajikan oleh guru siswa sekirannya belum jelas . Selain itu , aktivitas siswa. Peningkatan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP, 5, 210–221.
Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31227/osf.io/qrhsf
Wijayanto, S., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI-AL Ma’arif Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 62–68. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.778
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Evidiana Nona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi