PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS FISIKA DI SMAS ADVENT MANOKWARI
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3383Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang didukung simulasi PhET serta mengkaji hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Advent Manokwari pada semester genap 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas X IPA yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pretest-posttest dan nontes berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif hasil belajar, dan analisis aktivitas belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 52 dan pada siklus II sebesar 90. Daya serap klasikal siswa pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II sebesar 87,5%. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 50% dengan kriteria tuntas, dan pada siklus II sebesar 87,5% dengan kriteria tuntas. Pada tindakan pertama nilai rata-rata sebesar 52 dan pada tindakan kedua sebesar 90. Kemampuan serapan klasikal siswa pada tindakan pertama sebesar 50% dan pada tindakan kedua sebesar 87,5%. Tingkat ketuntasan akademik siswa pada siklus I sebesar 50% yang tidak memenuhi kriteria, dan pada siklus II sebesar 87,5% yang tidak memenuhi kriteria. Begitu pula dengan peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran, dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas siswa khususnya pada aktivitas pertama sebesar 15,33 atau 47,92% tergolong cukup baik, sedangkan pada aktivitas kedua nilai rata-ratanya meningkat menjadi 21 atau 65,63% dalam kategori baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL yang didukung simulasi PhET dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa Kelas X IPA SMAS Advent Manokwari pada mata pelajaran fisika.
Downloads
Keywords:
Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar, Simulasi PhET, Tumbukan, Pembelajaran Berbasis MasalahReferences
Adnyana, G. M., & Suyanto, W. (2013, Juni). Penggunaan EFI Scanner Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat, Motivasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, III, 192-209.
Antika, R., Indrawati, I., & Iqbal, M. . (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI ANDROID GAYA DAN GERAK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 44-51. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1492
Amalia, P. K., Anom, K. W., & Rodi, E. (2014, January 25). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia Melalui Penerapan Model Formulate, Share, Listen, and Create (FSLC) di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, II, 92-98.
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan berpikir kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Cultur, and Education POLYGLOT, 14, 50-62.
Aqib, Z. (2017). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arrasyid, H., Jufrida, & Darmaji. (2017). Aktiivtas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahannya Kelas X SMA PGRI 2 Jambi. Jurnal EduFisika, 2, 68-80.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Ewar, H. A., Nasar, A., & Ika, Y. E. (2023). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (PLTP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUMBER ENERGI TERBARUKAN . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 128-139. https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2777
Kemdikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kurikulum 2013.
Lubis, F. M. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Menggunakan Media Simulasi PhET dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Siswa. Medan: Doctoral Dissertation UNIMED.
Marianus, Umboh, S. I., & Umacina, N. D. (2020, Juli). Efektivitas Model PBL Berbantuan Media PhET Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika UNIMA, I, 39-43.
Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 48-55.
Ulumiyah, W., Masturoh, L., Nuraini, L., & Atiq, S. (2022, Februari 6). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai PhET Simulation Pada Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan., III, 75-78.
Widyaningsih, S. W. (2011). Pembentukan Karakter Bertanggung Jawab dan Rasa Ingin Tahu Melalui Penerapan Metode Quantum Learning dengan Menggunakan Media Alat Peraga Sederhana pada Pembelajaran Fisika. Padang: Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pendidikan MIPA.
Zahara, S. R., Yusrizal, & Rahwanto, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belahar dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, III, 251-258.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Wahyu Widyaningsih, Tamariska Herlindo Rumansara, Kaleb Amaghi Yenusi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi