PENGGUNAAN PhET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP ISLAM PANGGUL

Authors

  • Nurul Fitria Universitas Jember
  • Mohamad Kelvin Rikza Aziizi Universitas Jember
  • Totok Hardoyo SMP Islam Panggul
  • Bambang Supriadi Universitas Jember
  • Alex Harjianto Universitas Jember
  • Mohamad Rifqi Junaidi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3394

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran IPA khususnya materi Fisika di tingkat SMP merupakan aspek krusial dalam memastikan pemahaman konsep yang baik bagi siswa. Namun, tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam mengatasi kompleksitas materi fisika menuntut adanya pendekatan inovatif yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan memperdalam pemahaman konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar IPA pada materi usaha dan energi di SMP Islam Panggul dengan menggunakan PhET Simulation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap keaktifan siswa selama pembelajaran menggunakan PhET Simulation, dan tes untuk mengevaluasi hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan PhET Simulation memiliki keaktifan dan hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Media Pembelajaran, PhET Simulation, Usaha dan Energi, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa

References

Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas penggunaan simulasi phet dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16-27.

Busrial, B. (2022). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris melalui penerapan model siklus belajar (learning cycle). Jurnal inovasi, evaluasi dan pengembangan pembelajaran (jiepp), 2(1), 1-8.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Fitria, N., Asshaumi, R. U., Putri, Y. D. A., Herman, N. B., & Putra, P. D. A. (2023). ANALISIS EFEKTIVITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA SMA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 167-176.

Fitriyati, I., & Prastowo, A. (2022). Pembelajaran Daring Menggunakan Phet Simulations Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1041-1052.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal artefak, 7(1).

Lambaga, Ilham A. 2019. Tinjauan Umum Kosep Fisika Dasar. Yogyakarta:Deepublish, 68.

Lana, K., & Ismail, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Basid Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMP NEGERI 1 Waikafia Pada Materi Usaha Dan Energi. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika, 2(2), 38-59.

Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda, W. (2021). Penggunaan simulasi phet terhadap efektifitas belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Prasetyo, A. D., & M. Abduh. (2021). Peningkatan keaktifan belajar melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717-1724.

Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.

Rikawati, K., & D. Sitinjak. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry, 2(2), 40-48.

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.

Rosmiati, R., & Satriawan, M. (2022). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL MATERI KEBUMIAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IKLIM DI INDONESIA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 177-189. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2268

Yunita, E., & Suprapto, N. (2021). Analisis kelayakan video pembelajaran fisika berbasis platform YouTube pada materi Usaha dan Energi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 21-31.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Fitria, N. . ., Aziizi, M. K. R. ., Hardoyo, T. ., Supriadi, B. ., Harjianto, A. ., & Junaidi, M. R. . (2023). PENGGUNAAN PhET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP ISLAM PANGGUL. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 428-438. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3394