MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN MAUTENDA

Authors

  • Rosalia Bunga Universitas Flores
  • Adrianus Nasar Universitas Flores
  • Ilyas Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pemuaian zat untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri  Mautenda tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang dianalisis secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data  yaitu teknik tes untuk melihat hasil belajar dan teknik dokumentasi sebagai data pendukung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes objektif dengan empat alternatif pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 9,236 lebih besar dari ttabel = 1,725. Dengan demikian hipotesis kerja diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pemuaian zat siswa kelas VIII semester 2 Sekolah Menengah Pertama Negeri Mautenda tahun pelajaran 2017/2018, minimal mencapai kriteria ketuntasan minimal  yaitu 65.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

make a match, hasil belajar, pemuaian zat

References

Agus Suprijono.(2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari.(2010). Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Pustaka Belajar

Mikran, Marungkil Pasaribu, I Wayan Darmadi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(2), 9-16.

Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Wandi, (2017). Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(1), 109-116.

Samatova. (2013) Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: pustaka Belajar

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2019-12-02 — Updated on 2020-08-26

Versions

How to Cite

Bunga, R., Nasar, A., & Ilyas. (2020). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN MAUTENDA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 10-16. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.359 (Original work published December 2, 2019)

Issue

Section

Articles