ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MA WU’U DI SMPN BATU PAYUNG BELOGILI KABUPATEN FLORES TIMUR

Authors

  • Diana Surat Bura Bahy Universitas Flores
  • Maimunah Haji Daud Universitas Flores
  • Yosephina Payu Wao Universitas Flores
  • Melania Priska Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3625

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran Ma Wu’u yang digunakan dalam proses pembelajaran di SMPN Batu Payung Belogili Kabupaten Flores Timur tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengujian kelayakan media dilakukan oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan 30 siswa SMPN Batu Payung Belogili Kabupaten Flores Timur. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tingkat kelayakan dari media pembelajaran Ma Wu’u dikategorikan sangat layak dari ahli media 1 dan 2 dengan nilai persentase aspek kelayakan media diperoleh berturut-turut yaitu 84% dan 88%, media ini juga dikategorikan sangat layak dari ahli materi 1 dan 2 dengan nilai persentase kelayakan media yang diperoleh dari kedua ahli tersebut adalah 100%. Pada uji kelayakan media yang digunakan oleh 30 siswa diketahui bahwa respons siswa sangat setuju terhadap penggunaan media Ma Wu,u sebagai media yang layak yang ditunjukkan dari nilai persentasi 98% sampai 100% sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Media Pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual, Ma Wu'u

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Desfandi, M. (2014). Urgensi kurikulum pendidikan kebencanaan berbasis kearifan lokal di Indonesia. Social Science Education Journal, 1(2), 191-198.

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan bahan ajar media pembelajaran berbasis kearifan lokal mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 37-47.

Guci, F. R. S., Zainul, R., Azhar, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiga Level Representasi Menggunakan Prezi pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Ilyas, I., Liu, A. N. A. M. ., & Laka, A. F. (2022). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS E-LEARNING ZOOM CLOUD MEETING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP RADIASI BENDA HITAM MAHASISWA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 87-93. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1884

Kwuta, M. M. K., Nasar, A. ., & Rahmawati, A. S. (2022). KELAYAKAN DAN KEPRAKTISAN MODUL PRAKTIKUM TATA SURYA MENGGUNAKAN PAPER MERGE CUBE BERBASIS AUGMENTED REALITY. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 79-86. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1840

Lidi, M. W., Daud, M. H., & Priska, M. . (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ANALOGI OBJEK DAN MODEL-MODEL BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI ERA DIGITALISASI. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 70-78. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1362

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Putri, L. E. ., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). VALIDITAS E-MODUL PEMANASAN GLOBAL BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMP KELAS VII. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 152-161. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1085

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95-113.

Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99.

Salsabila, A., E, E., & A.R., S. (2021). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS E-LEARNING PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 122-130. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1065

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Bahy, D. S. B. ., Daud, M. H., Payu Wao, Y., & Priska, M. (2023). ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MA WU’U DI SMPN BATU PAYUNG BELOGILI KABUPATEN FLORES TIMUR. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 472-482. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3625