PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3732Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Pada penelitian ini tidak dilakukan produksi massal, pengembangan hanya dilakukan sampai tahap uji coba pemakaian. Desain uji coba yang digunakan pada penelitian ini yaitu desain one group pretest postest. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 Dosen Program Studi Pendidikan Fisika dan 1 Guru Fisika sebagai validator ahli materi dan ahli media, 6 peserta didik kelompok kecil dari kelas XII IPA 1 sebagai subjek uji coba produk, dan 25 peserta didik kelompok besar KELAS XI F1sebagai subjek uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD fisika berbasis PBL yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan perolehan persentase dari ahli materi 88,95% berada pada kriteria sangat valid,dan persentase ahli media 91,12% berada pada kriteria sangat valid. hasil angket uji kepraktisan kelompok kecil memperoleh persentase 99,44% berada pada katagori sangat praktis, serta hasil uji N-Gain memperoleh skor 0,62 berada pada katagori sedang, hal ini menunjukkan bahwa pengunaan LKPD fisika berbasis PBL dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Downloads
Keywords:
Bahan Ajar, LKPD, PBL, Pemahaman Konsep, Gerak LurusReferences
Aini, A. N., A.Syachruroji, & Hendracipta, N. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar.
Bagoes, K. A., & Hidayah, R. (2021). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematikan Dan Sains, 5(2).
Banjarani, T., Nuzullah Putri, A., & Eka, N. K. H. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130–139.
Basri, Ika, A., Abrar, P., Nur, F., & Angriani, A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 173–182.
Danial, M., Rano, F. Y., & Herawati, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Masalah pada Materi Larutan Asam dan Basa. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 129.
Dinantia, A., Amran, E. Y., & Rini. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Hierarki Konsep Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan, 1–10.
Hartanto, T. J. (2017). Studi Tentang Pemahaman Konsep-konsep Fisika Sekolah Menengah Pertama di Kota Palangka Raya. Jurnal Risalah Fisika, 1(1), 9–14.
Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171.
Murtiana, Y., Sulistyono, R., & Widyastuti, N. S. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Kelas IV SD Negeri Margomulyo 1. Jurnal Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1526–1535.
Nur Aini, D. F., & Sulistyani, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10.
Prammudya, R. D., & Subiantoro, A. W. (2022). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Materi Sistem Regulasi dengan Orientasi Hasil Belajar Peserta Didika SMA N 1 Kroya. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 46–56.
Puspita, S. K., & Firman. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Trhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 157–161.
Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15–19.
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran. Journal TECNOSCIENZA.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Problem Based Learning (PBL). Indonesian Jurnal of Science and Mathematics Education, 02(3), 399–408
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nazla Khaira Nazira, Syafrizal Idris, Widya Widya, Nanda Novita, Tulus Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi