PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII

Authors

  • Maria Fidivanti Universitas Flores
  • Melkyanus Bili Umbu Kaleka Universitas Flores
  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.387

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran learning cycle 5E. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Swasta Kristen Ende tahun pelajaran 2018/2019. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus, yaitu setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang terdiri dari; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan menggunakan prosedur  penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi dan angket. Taknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah; (1) Pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, yaitu jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 11 siswa (37%) dan siklus II meningkat sebesar 30 siswa (100%). (2) Pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 13 siswa (43%) dan meningkat pada siklus II sebanyak 30 siswa (100%).

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Learning Cycle 5E, Kognitif, Aktivitas Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

References

Handayani, G.A., et al. (2014). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3.

Endang, M. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hesty Sapitry, et al. (2013). Efektivitas Model Learning Cycle 5e Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif. FKIP Unila Bandar Lampung 35145.

Lestari, E.C.,et al. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dengan Metode Pemberian Tugas Dan Resitasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Kadikma. 6(2): 83-94.

Mustiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sugiantara, et al. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus VII Kecamatan Buleleng.FIP. Singaraja Indonesia.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-12-02 — Updated on 2020-08-26

Versions

How to Cite

Fidivanti, M., Kaleka, M. B. U., & Ika, Y. E. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 25-35. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.387 (Original work published December 2, 2019)

Issue

Section

Articles