MUATAN KEARIFAN LOKAL DALAM TEKS LAGU DAERAH DAN PETUAH SEBAGAI RUJUKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH (KAJIAN KEARIFAN LOKAL ETNIS MANGGARAI)

Authors

  • Maria Waldetrudis Lidi Universitas Flores
  • Angelina Jegho Universitas Flores
  • Reiner Valerio Baharu Universitas Flores
  • Noviana Deam Fatima Universitas Flores
  • Yustika Elfiani Ndang Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.4189

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kajian pendidikan karakter yang berkaitan dengan pembelajaran biologi. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji satu teks lagu dan empat petuah yang berasal dari etnis manggarai sebagai rujukan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan kajian literature. Analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis deskriptif dapat dikatakan bahwa empat Petuah/peribahasa (Go’et) tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi yakni Paka Saung Bembang Nger’eta Wake Caler Nger’wa pada materi struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya pada kelas 8, materi sistem perkembangbiakan pada tumbuhan kelas 9 dan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya pada tumbuhan kelas 11. Cimang Neho Rimang Cama Rimang Rana, Kimpur Neho Kiwung Cama Kiwung Lopo pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas 7, Eme Wakak Betong Asa, Wanga Waken Nipu Tae pada materi perkembangbiakan vegetatif tumbuhan pada kelas 6 dan Neka nanang leda le reca (cera), olong sisip lau mai rii pada materi komponen ekosistem, interaksi antara komponen serta perubahan lingkungan pada kelas 10. Lagu Senget runi ngkiong juga berpotensi menjadi rujukan pendidikan karakter peduli lingkungan pada materi pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup, interaksi antar komponen penyusun suatu ekosistem dan pengaruh manusia pada ekosistem kelas 7 dan materi upaya pelestarian keanekaragaman hayati dan interaksi makhluk hidup dalam ekosistem,  komponen ekosistem dan macam-macam bentuk interaksi antara komponen ekosistem, dan siklus biogeokimia pada kelas 10.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Kearifan Lokal, Lagu Daerah, Petuah, Pendidikan Karakter

References

Amin, K. F., Muliadi, Rahman, A. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Lagu Daerah Bugis “Ininnawa Sabbarae”. JIPAM: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 1-60.

Balaya, A. N dan Zafi, A. A. (2020). Peranan Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7 (1), 27-34.

Edison, H. (2015, Juni). Go’et: Seni Sastra Masyarakat Manggarai. Floresa. https://floresa.co/perspektif/analisis/12168/2015/06/17/goet-seni-sastra-masyarakat manggarai

Febrianty, W., Saputra, R. D., Amri, H. A., Rahmat, F. N., Handayani, R. D & Putra, P. D. A. (2023). Eksplorasi Konsep Fisika Kesetimbangan Benda Tegar Pada Permainan Tradisional Engklek Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (1), 109-120.

Feri D., Encep S. N. , Yadi R. , Aceng K. ,& Restu A.N., (2023). Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur; Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7 (5), 6259-6272

Ginting, R. B., Situmorang, A. M., Sitompul, Y., & Telaumbanua, S. (2021). Representasi Nilai Pendidikan dalam Teks Lagu Bahasa Karo Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di SMA. Jurnal Basataka, 4 (2), 102-108.

Kaleka, M. B. U, & Ika, Y. E. (2018). Developing the character-based students worksheet of science with inquiry model for students of grade IX. Journal of Science Education Research, 2 (2), 66-70 10.21831/jser.v2i2.22470

Monica, S., Febrianda, L, & Fitri, R. (2021). Kearifan Lokal dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia yang Literate dan Berkarakter untuk Konservasi Alam. Seminar Nasional Biologi 2021: Inovasi Riset Biologi dalam Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Lokal, Padang, 11 Desember 2021 (hal.668-676). Universitas Negeri Padang

Mustafa. (2017). Petuah-petuah Leluhur dalam Werekkada: Salah Satu Pencerminan Kearifan Lokal Masyarakat Bugis. Kapata Arkeologi, 13 (2), 151-162.

Payong, M. R. (2022). Adaptasi Nilai-nilai Budaya Lokal dalam Pendidikan: Studi Penggunaan Go’et dalam Pendidikan Agama Katholik. Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 7 (1), 384-400.

Rasyid, R. E. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan, Senggigi Mataram, 3 Agustus 2017 (hal. 279-286). Universitas Muhammadiyah Surakarta

Safiuddin, Djamudi, N. L., Susiati. (2023). Pemanfaatan Lagu Daerah dalam Pendidikan Karakter Siswa Kelas V SD Negeri 2 Ambeua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1), 4644-4649.

Satino, Manihuruk, H., Setiawati, M. E dan Surahmad. (2024). Melestarikan Nilai-nilai Kearifan Lokal Sebagai Wujud Bela Negara. Ikraith Humaniora, 8 (1), 248-266.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (1), 48-53.

Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 4 (1), 1-11.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Lidi, M. W., Jegho, A. ., Baharu , R. V. ., Fatima, N. D., & Ndang, Y. E. . (2024). MUATAN KEARIFAN LOKAL DALAM TEKS LAGU DAERAH DAN PETUAH SEBAGAI RUJUKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH (KAJIAN KEARIFAN LOKAL ETNIS MANGGARAI). OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 224-232. https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.4189