STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DAN FISIKA: PENGALAMAN ASISTENSI PRAKTIKUM TERMODINAMIKA

Authors

  • Muhammad Fauzi Syaiful Kamal Universitas Negeri Yogyakarta
  • Syahid Ahmad Nashih Universitas Negeri Yogyakarta
  • Asya Ananda Amelia Nadya Johan Universitas Negeri Yogyakarta
  • Laras Anindita Maharani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Miftakhul Falah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nanda Pramesthi Arum Jati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mona Sari Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja mahasiswa program studi sarjana Pendidikan Fisika dan Fisika, serta mengkaji sikap mereka terhadap praktikum termodinamika. Penelitian ini dilaksanakan di departemen Fisika Universitas Negeri Yogyakarta pada semester genap 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian 87 mahasiswa Pendidikan Fisika dan Fisika angkatan 2023. Data kuantitatif diperoleh melalui analisis penilaian laporan praktikum mahasiswa. Sementara data kualitatif diperoleh melalui observasi peran mahasiswa pada saat kegiatan praktikum berlangsung, di mana setiap asisten mengamati sikap positif dan negatif mahasiswa. Kinerja mahasiswa diukur berdasarkan pretest sebelum praktikum, keterampilan penggunaan alat, dan penyusunan laporan praktikum.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai mahasiswa berada pada kategori memuaskan. Sementara respon dan sikap yang ditunjukkan mahasiswa sangat bervariasi, hal ini dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Secara umum, mahasiswa Pendidikan Fisika berhasil mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan mahasiswa Fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Termodinamika, Asistensi, Kinerja Mahasiswa, Sikap Mahasiswa, Praktikum

References

Apriastuti, N. N. A. A., W, R. I., & B, P. I. (2019). Bentuk, Fungsi Dan Jenis Tindak Tutur Dalam Komunikasi Siswa Di Kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 48–58. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11960

Asma Hanum, S., Asrizal, & Festiyed. (2021). Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar Fisika dan IPA Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 144–153.

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1439–1444.

Felicia Annabel, K., & Edi, D. (2024). Peran Asistensi Mengajar terhadap Pemahaman Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Mata Pelajaran Digital Marketing. Jurnal Strategi, 6(1), 2443–2229.

Fitriani, N., & Fajriyati, K. (2017). Modul Termodinamika.

Hasanah, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Software Microsoft Onenote Terintegrasi Nilai Islami Di SMA/MA Skripsi. UIN Ar-Raniry.

Khery, Y., Jailani, A. K., Rizqiana, A., & Iswari, N. A. (2019). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia Korelasi Keterampilan Proses Sains Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Praktikum Kinetika Reaksi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 46–53. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/hydrogen

Muldiani, R. F., & Hadiningrum, K. (2018). Optimasi Alat Praktikum Termodinamika Hukum Charles Gay-lussac Untuk Mahasiswa Rekayasa Politeknik Negeri Bandung. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya) , 3, 237–245.

Muthahari Ramadhani, M., Supit, D., Hamid Arribathi, A., Daniel Ari Santie, Y., Ma, S., Sartika, D., Mesra, R., Arafah Bahruddin, S., Kartika Hanum, G., Cahyo Purnomo, A., & Dolosenda, H. (2023). Manajemen Pendidikan PT. Mifandi Mandiri Digital (Sarwandi, Ed.; 1st ed.). PT. Mifandi Mandiri Digital.

Nedi Lawu, M., Ain, N., & Kurniawati, M. (2023). Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unikama Pada Penerapan Pembelajaran E-learning. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 8, 39–47. https://doi.org/10.15575/jotalp.v8i1.17854

Raharjo, B. (2021). Evaluasi Kemampuan Asisten Praktikum Terhadap Pengoperasian Peralatan K-2 Pada Kegiatan Praktikum Lapangan Di Laboratorium Kehutanan Faperta UNIB. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Sains Dan Teknologi, 1(1), 57–62.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.; 1st ed.). Penerbit KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com

Salsabila, P. A., Zihni, W. E. I., & Setiaji, B. (2024). Perbandingan Prestasi Antara Mahasiswa Fisika dengan Mahasiswa Pendidikan Fisika. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.195

Setiaji, B., & Santoso, P. H. (2023). An Online Physics Laboratory Delivered Through Live Broadcasting Media: A COVID-19 Teaching Experience. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 24(1), 47–65. https://doi.org/10.19173/irrodl.v24i1.6684

Setiawan, A., Sutarto, & Indrawati. (2021). Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi Pada Konsep Besaran Dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 285–290. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/23172

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (19th ed.) (19th ed.). Penerbit Alfabeta.

Susanti, E., Nasution, T., & Simamora, S. K. (2023). Peran Dosen Ips Dalam Membangun Karakter (Disiplin, Jujur Dan Bertanggungjawab) Pada Mahasiswa Prodi Tadris IPS FITK UIN SU Medan.

Suwardi. (2016). Efektivitas Pelatihan Asisten Praktikum dalam Meningkatkan Kompetensi Asisten di Laboratorium Fisika FMIPA Univesitas Bengkulu. Integrated Lab Journal, 4(1), 1–10.

Vojvodic, A., Medford, A. J., Studt, F., Abild-Pedersen, F., Khan, T. S., Bligaard, T., & Nørskov, J. K. (2014). Exploring the limits: A low-pressure, low-temperature Haber-Bosch process. Chemical Physics Letters, 598, 108–112. https://doi.org/10.1016/j.cplett.2014.03.003

Yamin, S. (2021). Tutotial Statistik: SPSS, LISREL, WARPPLS & JASP (Mudah & Aplikatif). Dewangga Publishing.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Kamal, M. F. S. ., Nashih, S. A. ., Johan, A. A. A. N., Maharani, L. A. ., Falah, M. M. ., Jati, N. P. A., Setiaji, B., & Sari, M. (2024). STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DAN FISIKA: PENGALAMAN ASISTENSI PRAKTIKUM TERMODINAMIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 334-346. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4436