EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PRAKTIKUM MATERI PENGUKURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v9i1.4993Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode praktikum pengukuran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan melalui metode quasi-eksperimen, di mana desain menggunakan satu grup pretest dan posttest. Dalam penilitan, 49 siswa mengikuti tes, menggunakan instrument soal esai. Teknik analisis data menggunakan SPSS 27. Hasil pretest dan posttest digunakan untuk mendapatkan data belajar. Hasil dari uji normalitas menunjukkan nilai pretest 63,77 dan nilai posttest rata-rata 88,34. Hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara variabel awal dan variabel akhir; nilai signifikansi pretest adalah 0,901 di atas 0,05, yang menunjukkan bahwa nilai tersebut juga berdistribusi normal. Nilai signifikansi posttest adalah 0,851 di atas 0,05, yang menunjukkan bahwa nilai tersebut juga berdistribusi normal. Ini menunjukkan bahwa variabel awal dan akhir berpengaruh satu sama lain secara signifikan. Dengan menggunakan SPSS 27, ukuran efek ditemukan nilai 1,8 dengan tingkat efektifitas 96 persen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa 1,8 lebih dari 0,8 dalam kategori yang lebih tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dengan menerapkan metode praktikum.
Downloads
Keywords:
Pengukuran, Praktikum, Hasil Belajar, EfektifitasReferences
Aenor Rofek, S. A. (2024). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Di SMK Ibrahimy Situbondo. 3(1), 97–105.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Mnusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.
Amalia, A., Fatonah, S., Pgmi, S., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid-19(Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148–164.
Andriono, E., Tiur Maria, H. S., Karolina, V., Kurniawan, Y., Studi Magister Teknologi Pendidikan, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Tanjungpura, U., Negeri, S., & Mempawah Abstract, K. (2024). Pengaruh dan Efektivitas Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Makanan dan Nutrisi Kelas VIII B SMP Negeri 3 Segedong Kabupaten Mempawah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(12), 159–164. https://doi.org/10.5281/zenodo.12512391
Arbaun, M., Makahinda, T., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Pada Materi Hukum Newtion Tentang Gerak. Charm Sains:Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 49–52. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i1.79
Artiani, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) Berbasis Picture. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1–97.
Coe, R. (2002). W hat E ffect Size Is and W hy I t I s I mportant.
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, R. S. D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77–86. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1540
Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.
Faj, N. A., Fakhri, J., Yusandika, A. D., Fisika, M. P., Raden, U., Lampung, I., Uin, P., Lampung, R. I., & Fisika, P. P. (2018). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 01 (2) (2018) 39-45 Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa. 01(2), 39–45. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103
Handayani, A. Y., Nur, M., & Rahayu, Y. S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa SMP Dengan Model Inkuiri Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 681. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p681-692
Hasibuan, A. T., Simangunsong, N., Rahmawati, E., & Rahmaini, R. (2020). Humanization of Education in the Challenges and Opportunities of the Disruption Era at Nahdlatul Ulama Elementary School. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(2), 264. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i2.6832
Irawana, T. J., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 434–442. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.367
Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 80–85. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293
Khairuddin. (2022). Peranan Bimbingan dan Konseling Islam dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 405–408.
Maya, L. S. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 88–98.
Mulyati, N. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal Sosial Teknologi, 1(9). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.191
Permatasari, D., Gusmaweti, G., & Hendri, W. (2021). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Di Laboratorium Biologi Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.37301/esabi.v3i1.4
Pitriyani, P., Pratomo, S., & Hendawati, Y. (2021). Analisis Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1495–1503.
Prasetya, D., Rasmawan, R., & Hadi, L. (2021). Pengembangan Chemistry Quartet Card (Chemqurca) Pada Materi Sistem Koloid Di Sma Negeri 8 Pontianak. Jurnal Education and Development, 92(2), 36–41.
Ramadhani, W., & Fitria, Y. (2021). Capaian Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains Tematik menggunakan Modul Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 4101–4108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1391
Rismaningsih, F. (2016). Perbedaan Penggunaan Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Inkuiri Dan Verifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(3), 98. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9014
Rosidi, I. (2017). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Pengelolaan Limbah dengan Pendekatan TASC (Thinking Actively In a Social Context). SEJ (Science Education Journal), 1(1), 7–18. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.831
Sakhowati, Khotimah, K., & Putra, I. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran Flipbook di SMA PGRI 1 Kelas XI IPA 1 materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Eduscope, 6(1), 46–52.
Salim, H. H. (2019). Penelitian pendidikan metode, pendekatan dan jenis. In Society (Vol. 2, Issue 1).
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373
Sofianto, E. W. N., & Irawati, R. K. (2020). Efforts to mediate the concept of physics in temperature and heat matter. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 107–120.
Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 61–65. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.290
Taufina. (2015). Membangun Hubungan Interpersonal Positif Melalui. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang, 154–169.
Taufina, T., Chandra, C., Fauzan, A., & Ilham Syarif, M. (2019). Development of Statistics in Elementary School Based RME Approach with Problem Solving for Revolution Industry 4.0. 382(Icet), 716–721. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.172
Utami, W. D., Rahma, S. B., & Anggraini, I. A. (2020). Analisis Minat dan Bakat Siswa terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index%0ATerampil:
Utaminingtyas, S., & Evitasari, A. D. (2021). Penggunaan Model Inquiry Learning dan Pengaruhnya terhadap Scientific Attitude Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 13(2), 143–154. https://doi.org/10.31603/edukasi.v13i2.6153
Wahab, A., Masriani, Sartika, R. P., Studi, P., Kimia, P., & Tanjungpura, U. (2021). Wahab, A., & Sartika, R. P. (2021).Pengembangan penuntun praktikum titrasi asam basa berbasis inquiri terbimbing. Jurnal education and developmen, 9(3), 75-80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tiara Jill Carissa Febrianti, Sri Fatmawati, Libria Tuty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi