PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI ENERGI TERBARUKAN
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v9i1.5087Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan modul pembelajaran IPA pada materi energi terbarukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan desain ADDIE (Analysys, Design, Development, Implementation, Evalution). Subjek penelitian ini adalah uji coba 4 validator yang terdiri dari 2 orang dosen sebagai ahli media dan 2 orang guru mata pelajaran IPA sebagai ahli materi, serta 20 orang siswa kelas VII SMP Negeri I Adonara Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket. Analisis data menggunakan statistic deskriptif sederhana.Hasil penelitian menunjukan bahwa materi tentang modul pembelajaran IPA berkategori sangat valid (82%). Modul pembelajaran sebagai media pembelajaran sangat valid (92%). Dan modul pembelajaran IPA berkategori sangat praktis (96%). Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA pada materi energi terbarukan sangat valid dan praktis untuk digunakan.
Downloads
Keywords:
Modul Ajar, Problem Based Learning, Energi TerbarukanReferences
Aditama, M. G., & Sugiharto, P. A. (2021). Implementation of 5M Strategy in Distance Learning of English Language Teaching (ELT). EDUTEC: Journal of Education And Technology, 5(1), 78–88. https://doi.org/10.29062/edu.v5i1.239
Akbar, Sa'dun. (2020). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosadakarya.
Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prodisiding Seminar Nasional Biologi VI, 4(1), 434–442.
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan Di Era Globalisasi Teknosentrisme Dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116.
Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149–162.
Erma, N. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif di Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan IPA.
Fajar, D. M., & Habibbulloh, M. (2021). Pengembangan Modul IPBA Materi Sistem Bumi-Bulan Berbasis Integrasi Sains-Islam. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 126–140. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11796
Fauziah, L., & Alatas, F. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Konsep Pemanasan Gelobal. JIPV (Jurnal Pendidikan IPA Veteran).
Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 854–861.
Hafizah, M., Sukmono, T., Haris, M., Hsb, E., & Jambi, U. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma.
Inayah, A. N & Arsih F. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berabasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi: Meta-Analisis. BIOCHEPHY : Journal of Science Educatio, 4 (1), 92-99.
Indriyani, R. (2019). Pengembangan Alat Peraga Fisika Melalui Limbah Daur Ulang Berupa Mobil Remote Control. Universitas Islam Negeri Raden Intanlampung, 1(1), 1–14.
Irwansyah, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Pembangkit Listrik Tenaga UAP (PLTU) Sederhana Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP Guppi Gowa. UIN Alauddin Makassar, 1(1), 20.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91–103. https://doi.org/10.36706/jc.v11i1.16047
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Merdeka Belajar. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Mahnun, N. (2012). Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Suska Riau, 37(1), 9. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
Mujib, Z., & Suyadi, S. (2020). Teori Humanistik Dan Implikasi Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Sains Alquran Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 11–23.
Munawir. (2020). Pengembangan Alat Peraga Papan Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Cahaya pada Kelas VIII SMPN 2 labuapi. Diss. Universitas Muhammadiyah Mataram, 43.
Murni, A. (2019). Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 1–14.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926
Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Deteminan dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Ta’dib, 8(2), 17. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/407
Septryanesti, N., & Lazulva. (2019). Desain Dan Uji Coba E- Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Pada Materi Hidrokarbon. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 04(02), 202–215.
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Journal Mahesacenter, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitiatif, Kualitatif Dan R&D. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan ), 2(2), 156-172.
Aditama, M. G., & Sugiharto, P. A. (2021). Implementation of 5M Strategy in Distance Learning of English Language Teaching (ELT). EDUTEC: Journal of Education And Technology, 5(1), 78–88. https://doi.org/10.29062/edu.v5i1.239
Akbar, Sa'dun. (2020). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosadakarya.
Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prodisiding Seminar Nasional Biologi VI, 4(1), 434–442.
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan Di Era Globalisasi Teknosentrisme Dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116.
Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149–162.
Erma, N. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif di Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan IPA.
Fajar, D. M., & Habibbulloh, M. (2021). Pengembangan Modul IPBA Materi Sistem Bumi-Bulan Berbasis Integrasi Sains-Islam. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 126–140. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11796
Fauziah, L., & Alatas, F. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Konsep Pemanasan Gelobal. JIPV (Jurnal Pendidikan IPA Veteran).
Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 854–861.
Hafizah, M., Sukmono, T., Haris, M., Hsb, E., & Jambi, U. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma.
Inayah, A. N & Arsih F. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berabasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi: Meta-Analisis. BIOCHEPHY : Journal of Science Educatio, 4 (1), 92-99.
Indriyani, R. (2019). Pengembangan Alat Peraga Fisika Melalui Limbah Daur Ulang Berupa Mobil Remote Control. Universitas Islam Negeri Raden Intanlampung, 1(1), 1–14.
Irwansyah, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Pembangkit Listrik Tenaga UAP (PLTU) Sederhana Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP Guppi Gowa. UIN Alauddin Makassar, 1(1), 20.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91–103. https://doi.org/10.36706/jc.v11i1.16047
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Merdeka Belajar. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Mahnun, N. (2012). Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Suska Riau, 37(1), 9. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
Mujib, Z., & Suyadi, S. (2020). Teori Humanistik Dan Implikasi Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Sains Alquran Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 11–23.
Munawir. (2020). Pengembangan Alat Peraga Papan Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Cahaya pada Kelas VIII SMPN 2 labuapi. Diss. Universitas Muhammadiyah Mataram, 43.
Murni, A. (2019). Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 1–14.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926
Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Deteminan dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Ta’dib, 8(2), 17. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/407
Septryanesti, N., & Lazulva. (2019). Desain Dan Uji Coba E- Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Pada Materi Hidrokarbon. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 04(02), 202–215.
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Journal Mahesacenter, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitiatif, Kualitatif Dan R&D. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan ), 2(2), 156-172.
Undang Undang Republik Indonesia. (2003). Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. Jakarta, 1(1), 1–42.
Wijaya, B. W. K & Fajar, A. B. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasikan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 8-17
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Kornelia Abong, Melkyanus Bili Umbu Kaleka, Richardo Barry Astro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi