PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA SICAF (SIFAT CAHAYA FLIPBOOK) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN IPAS KELAS V SDN SADENG 03

Authors

  • Hani Wijil Ramdhani Univeristas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Uiversitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v9i1.5161

Abstract

Proses pembelajaran masih bergantung pada buku pelajaran dan belum mengembangkan media yang sesuai dengan teknologi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan proses penerapan Problem Based Learning dengan Media Sicaf (Sifat Cahaya Flipbook) dalam peningkatan pemahaman IPAS siswa kelas V pada materi cahaya SDN Sadeng 03. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mix method) upaya mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh dari penerapan Problem Based Learning dengan Media Sicaf. Metode kuantitatif yang diterapkan adalah desain pretest-posttest on group design, dengan data yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest pemahaman IPAS pada siswa kelas V. Pada penerapan Problem Based Learning dengan Media Sicaf mencakup lima tahap, yaitu: mengarahkan siswa pada masalah, mengorganisir siswa dalam upaya belajar, membimbing penyelidikan secara mandiri atau kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan hasil kerja, serta mengevaluasi dan menganalisis hasil pemecahan masalah. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, diperoleh informasi bahwa model ini efektif dalam meningkatkan pemahaman IPAS siswa, yang tercermin dari kenaikan nilai rata-rata pretest dari 63 menjadi 79 pada posttest, serta nilai N-Gain sebesar 0,9 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning menggunakan Media Sicaf efektif dalam meningkatkan pemahaman IPAS siswa kelas V SDN Sadeng 03.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Problem Based Learning, Media Sicaf, Sifat Cahaya Flipbook

References

Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6963–6972. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3845

Agustina, N., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9186. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Amani, F. I., Bahar, A., Widagdo, A. K., & Sulandari, L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Kontekstual pada Materi Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1631–1636. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2429

Ayu, D., Nababan, S. A., Hardiyansyah, M. R., Kusbiantoro, D., Azis, A., & Darma, A. (2023). Pemanfaatan Media Film Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas IX IPS Madrasah Aliyah Tahfizil Qur’an. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(3), 80–85. https://doi.org/10.57251/hij.v2i3.1021

Chusna, A. Z., Gustia, R., Rosyada, M., Widiyanti, A. L., Wafiroh, I., & Ratnasari, Y. (2024). Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 05(01), 28–35. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/JP-IPA

Doly Nasution, M., Ramadhan, R., Kunci, K., & Pemecahan Masalah, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPIT Miftahul Jannah. Journal Of Social Science Research, 3, 260–268.

Firmansyah, Hanif; Wuryandini, Endang; Octavira Pitarti, I. (2024). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Kosis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, Pp. 2534-2539)., November 2023, 1743–1752.

Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran Ipa Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 129.

Hamim, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik pada Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3 Tahun Ke-9 2020, 3(9), 237–249.

Haryani, M., Wahyuningtyas, R., Sakinah, Z. N., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur: Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 359–367. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Hendrayadi, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed methode research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2402–2410. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21905/15436

Hendri, T., & Dewi, C. (2024). Penerapan Flipbook pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(02), 313–320.

Ma’wa, A., Hapipi, H., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 631–640. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.114

Rahayu, D., Pramadi, R. A., Maspupah, M., & Agustina, T. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Sigmayana, F., Lestari, S., & Alkusnatun. (2024). PENERAPAN MEDIA KONKRIT CAHAYA LAB DAN MEDIA ABSTRAK WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA), 2(10). https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/823/765

Siswo Putro, G., Zahrotin, A., Al Islami, A. A., & Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, S. (2024). Analisis E-Modul Berbasis Flipbook TerhadapMotivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada MateriCahaya Di Smpn 1 Bringin. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(7).

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Syamsuadi, A., Sepriyani, H., Endrini, S., & Febriani, A. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Abdurrab pada Program Magang Mahasiswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2203

iara Febriani Harahap, & Zainal Efendi Hsb. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 292–301. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1468

Tiyasrini, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Di Negara Asean Pada Siswa Kelas VI SDN Dawuhansengon II Tahun 2020. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 208–217. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.198

Vikiantika, A., Nurita;, P., & Yoeni, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Wahani, N., & Purwati, P. D. (2024). Penerapan Media Flashfast Flipbook Berbasis Problem Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Uang Siswa Kelas IV. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Volume, 2(4), 422–428. https://doi.org/10.5281/zenodo.11212646%0APenerapan

Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yam, J. H. (2022). Refleksi Penelitian Metode Campuran (Mixed Method). Jurnal Empire, 2(2), 126–134.

Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Ramdhani, H. W., & Purwati, P. D. . (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA SICAF (SIFAT CAHAYA FLIPBOOK) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN IPAS KELAS V SDN SADENG 03. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 91-103. https://doi.org/10.37478/optika.v9i1.5161