DESAIN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POLUSI UDARA UNTUK MELATIHKAN SCIENTIFIC ATITUDE A BELIEF THAT PROBLEMS HAVE SOLUTIONS DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP

Authors

  • Ana Zuyyina Ulfah Uiversitas Negeri Surabaya
  • Suyono Suyono Universitas Negeri Surabaya
  • Zainul Arifin Imam Supardi Universitas Negeri Surabaya
  • Erman Erman Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v9i1.5214

Abstract

Rendahnya literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik SMP menjadi tantangan utama dalam pembelajaran sains, terutama dalam memahami konsep yang relevan dengan kehidupan nyata. Polusi udara, sebagai isu lingkungan global yang berdampak pada kesehatan dan kehidupan manusia, menjadi konteks pembelajaran yang strategis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah, khususnya keyakinan bahwa setiap masalah memiliki solusi (a belief that problems have solutions). Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi polusi udara yang mengintegrasikan sintaks PBL meliputi orientasi masalah, organisasi belajar, penyelidikan, pengembangan solusi, dan evaluasi. Metode penelitian adalah R&D dengan memodifikasi 3D (Define, Design dan Develop). Proses validasi melibatkan tiga ahli yang menilai aspek kelayakan isi, kebahasaan, konstruksi, dan kebermanfaatan LKPD. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL ini sangat valid dengan skor rata-rata 81%–95%, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Desain LKPD ini membantu siswa memahami konsep polusi udara, melatih keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, serta mengembangkan sikap ilmiah secara holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

lkpd, polusi udara, sikap ilmiah

References

Amiruddin, A., Chaerul Rochman, & Nana, N. (2024). Mengukur Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(3), 723–731. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1790

Azizah, D., & Budiyanto, M. (2020). Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Strategi Mind Mapping Materi Pencemaran Udara. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 8(2), 254–259.

Azizah, H., Sukarno, S., & Hartoyo, Z. (2023). Korelasi Antara Keterampilan Proses Sains Dengan Literasi Sains Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(April), 1–9. https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1705

Babo, L., & Pinto, C. (2024). Students ’ Perceptions of PBL Usefulness.

Darmanti, S., & Dan Prihastanti, E. (2024). Toleransi Berbagai Tanaman Hias terhadap Polutan Gas Karbon Monoksida (CO) di Kecamatan Tembalang dan Banyumanik Kota Semarang. Jurnal Ilmu Lingkungan, 22(4), 1088–1099. https://doi.org/10.14710/jil.22.4.1088-1099

Delita, I., Rismen, S., & Anggraini, V. (2024). Validitas LKPD Fase E Berbasis PBL Berdiferensiasi Pada Materi Statistika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6.

Deliya, D. P., Ifa, I. G., Endah, E. S., Puja, P. D., Syarifuddin, S., & Reza, M. R. P. (2023). Desain E-LKPD Berbasis Project Based Learning Melalui Platform Liveworksheet Terhadap Pembelajaran Sejarah Secara Hybrid Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 20(2), 54–61. https://doi.org/10.21831/jep.v20i2.68202

Fatmawati, A., Harisanti, B. M., Hajiriah, T. L., & Karmana, I. W. (2024). Students Science Literacy Differences Based on Gender Using Project Based Learning Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2431–2437. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7429

Gunada, I. W., Ismi, R., Verawati, N. N. S. P., & Sutrio, S. (2023). Analisisis Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 489–495. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1368

Hardian, M., Destiana, R. N. F., & Syafina, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 386. https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.17622

Herawati, S. N., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2024). Mengapa Kepiawaian Berpikir Kritis dan Logis Penting dalam Pengambilan Keputusan. May.

Hidayati, L., & Rachmadiarti, F. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Sub Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains (Mendukung SDGS Poin 6 dan 13). Bioedu, 13(3), 717–724

Kinanta, V. R. (2023). Pencemaran Polusi Udara. Research Gate, 2(1), 5.

Mardiani, E., Mokodenseho, S., Matiala, T. F., Limbalo, S. S. A., & Mokodompit, N. Y. (2024). Implementation of Digital Science and Literacy Teaching in Developing Science Literacy in Middle School Students in Indonesia. The Eastasouth Journal of Learning and Educations, 2(01), 63–74. https://doi.org/10.58812/esle.v2i01.228

Mazidah, L. N., & Suwarna, I. P. (2025). Meta Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Mata Pelajaran Fisika. 10(1), 381–388.

Novita Oktaviani, & Ulinnuha Nur Faizah. (2024). the Effect of Science Literacy Skills To Contextual Thinking Skills on Science Literacy-Based Learning. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.21154/insecta.v5i1.8852

OECD. (2018). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: Vol. I.

Putri, S. K., & Gumala, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2993–3003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5963

Rahma, S., Ningsih, S., & Dewi, R. M. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Ekonomi guna Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 6(2), 1675–1685.

Rahmi, A., & Baharuddin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Lectora Inspire Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 114–122.

Salsabilla, F. W., & Destiansari, E. (2024). Development of electronic students’ worksheets based on problem-based learning on air pollution material Fitri. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi Beranda Jurnal, 17(2), 337–349.

Samudra, A. A., & Hertasning, B. (2024). Studi Pemodelan Pengendalian Kendaraan Bermotor untuk Menurunkan Polusi Udara di Jakarta. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 25(2), 149–159. https://doi.org/10.25104/jptd.v25i2.2280

Stiadi, E. (2024). The Influence of the Problem Based Learning Model on Students’ Problem. International Journal of Research and Review, 11(6), 713–718. https://doi.org/10.52403/ijrr.20240678

Supandi, D. (2024). Pengaruh Efikasi Diri dan Kreativitas Belajar Terhadap Sikap Ilmiah IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 4(3), 123–134.

Yanto, N., Muhiddin, S. M. A., & Arsyad, A. A. (2023). Kajian Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5(2), 168–177. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.103

Downloads

Published

2025-05-17

How to Cite

Ulfah, A. Z. ., Suyono, S., Supardi, Z. A. I., & Erman, E. (2025). DESAIN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POLUSI UDARA UNTUK MELATIHKAN SCIENTIFIC ATITUDE A BELIEF THAT PROBLEMS HAVE SOLUTIONS DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 69-79. https://doi.org/10.37478/optika.v9i1.5214