ANALISIS KONSEP FISIKA HUKUM NEWTON PADA KEARIFAN LOKAL PERAHU BIDAR
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v9i1.5285Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan konsep fisika, khususnya Hukum Newton, dalam kearifan lokal Perahu Bidar di Palembang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui studi literatur dan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan selama perlombaan Perahu Bidar di Sungai Musi, Palembang, pada 17 Agustus 2023, yang mencakup foto, video, dan catatan observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tradisi Perahu Bidar menggambarkan penerapan ketiga Hukum Newton secara konkret. Hukum Newton I terlihat pada keseimbangan gaya gravitasi dan gaya apung yang menjaga perahu tetap diam. Hukum Newton II dijelaskan melalui hubungan antara gaya dorong pendayung dan percepatan perahu, sementara Hukum Newton III terlihat pada gaya aksi-reaksi antara dayung dan air. Penelitian ini menunjukkan bahwa Perahu Bidar dapat digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual yang relevan dan menarik, membantu siswa memahami fisika secara konkret, sekaligus melestarikan budaya lokal.
Downloads
Keywords:
Hukum Newton, Perahu Bidar, Kearifan Lokal, Pembelajaran KontekstualReferences
Abidin, R. S. N., Waroh, A. M., Amora, G. D., & Setiaji, B. (2024). Penerapan Prinsip Aksi Dan Reaksi: Hukum III Newton Dalam Application of the Principle of Action and Reaction: Newton ’ s Third Law in the Motion of Otok-Otok Boat. 6(1), 27–32.
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Asmaidah, S. (2024). Pengaruh Penguasaan Gerak Lurus terhadap hasil belajar fisika siswa Materi hukum Newton di kelas X SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Jurnal PhysiEdu Pendidikan FISIKA IPTS, 6(1), 1–8.
Didika, J., Ilmiah, W., & Dasar, P. (2022). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kearifan Lokal (Permainan Tradisional) Suku Sasak Lombok Di Sekolah Dasar. JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 8(2), 242–251. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7199
Elfarissyah, A., & Attas, S. G. (2022). Tradisi Perahu Bidar sebagai Warisan Budaya dalam Kehidupan Masyarakat Kota Palembang. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 10(1), 67–79. https://doi.org/10.35706/judika.v10i1.5842
Entikong, N. S., Bahri, S., & Budhiarti, Y. (2024). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Newton 1 di Kelas VIII SMP. 4(2), 10–16.
Eprilia, W., Damayanti, D., & Hasmalena, H. (2023). Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Materi Pecahan kelas 3 SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1388–1401. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5144
Fauzi, M., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Meta Analisis Pengaruh Pengintegrasian Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran IPA dan Fisika Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 72. https://doi.org/10.24036/jppf.v8i1.116478
Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748
Lesmana, C., & Nurussaniah, N. (2022). Integrasi Kearifan Lokal Kalimantan Barat dan ICT Berbasis Anroid dalam Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Basicedu, 6(2), 2045–2054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2347
Mayanti, A., Poluakan, C., & Tumimomor, F. R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Demonstrasi dan Eksperimen pada Pembelajaran Fisika tentang Hukum Newton. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 9–14. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i1.144
Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815
Nurdeni, Bhakti, Y. B., Alfin, E., Marhento, G., & Purwanti, P. (2022). Kemampuan Siswa Sekolah Menegah Pertama Dengan Pembelajaran Etnosains. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9779–9807. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9937
Putri, F. A. (2022). Budaya Maritim dalam Cerpen Kutukan Keturunan Bajak Laut Karya Bagus Sulistio Sebagai Materi Pengenalan Budaya BIPA. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 1, 39–52. https://doi.org/10.58835/ijtte.v2i1.68
Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty Of Response Index: Studi Eksplorasi Di Smp Negeri 60 Surabaya. Pensa E-Jurnal: PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 220–226
Rahman, I. N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 99–110.
Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh penerapan praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 122–129. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1342
Saputri, A. N., & Desstya, A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Sragen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30651/else.v7i2.18280
Satriawan, M., Subhan, M., & Fatimah, F. (2017). Pembelajaran Fisika Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 115–120. https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i2.1835
Sitepu, E. B., & Yakob, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Hukum Newton di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Berastagi. GRAVITASI Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(2), 23–29. https://ejurnalunsam.id/index.php/JPFS
Syafarudin, N., Wulandari, A., Widyawati, D., Idris, M., & Gustaf, M. I. I. Al. (2024). Analisis Koleksi Maritim Di Museum Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya (Twks) Palembang. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(2), 716–725. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i2
Taufiq. (2017). Eksperimen Berpikir ( Thought Experiments ); Beberapa Kasus dalam Hukum Newton. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 1(2), 150–162. file:///C:/Users/Administrator/Downloads/683-1276-1-PB.pdf
Widiarini, P., Suastra, I. W., & Arnyani, I. B. P. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Bali dalam Pembelajaran IPA Masa Kini. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(1), 48–60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adinda Ramadhani, Nely Andriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi