EFEKTIVITAS MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v9i1.5762Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan abad ke-21 yang penting dikembangkan, khususnya dalam pembelajaran fisika. Namun, pembelajaran fisika di sekolah cenderung menerapkan metode ceramah dan teacher centered learning, sehingga siswa kurang terlibat dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah di kelas yang menggunakan model Team Games Tournament (TGT) berbasis eksperimen pada pembelajaran fisika. Penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Penelitian berlangsung di SMP Negeri 1 Kalibawang pada tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, observasi, dan angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian melalui uji N-Gain dan t-test. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah melalui model Team Games Tournament (TGT) berbasis eksperimen. Hal ini didukung dari perolehan skor N-Gain (67%) pada tafsiran cukup efektif serta hasil t-test pada taraf signifikansi 0,05 menghasilkan nilai thitung > ttabel yaitu 9,939 > 2,021 sehingga Ha diterima. Data observasi menunjukan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada setiap indikator. Sebanyak 75% siswa juga memberikan respons positif pada kategori cukup terhadap model pembelajaran.
Downloads
Keywords:
Model TGT, Eksperimen, Kemampuan Pemecahan MasalahReferences
Afandi, & Ningsih, K. (2020). Taksonomi dan Model Pembelajarn Berpikir Tingkat Tinggi. Pontianakan: UNTAN PRESS.
Agustina, Misdalina, & Lefudin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 186–195. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2673
Anastasya, D., Murnaka, N. P., John, P., & Liana, N. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Proseding Sendika, 293–299.
Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subadi, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang,dan Bunyi Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Aziz, N. R. N., Dasmo, & Setiadi, A. (2021). Studi Meta-Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 108–115.
Az-Zahra, A., Abdullah, V., & Marini, A. (2023). Studi Literatur: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 985–996. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Fryda, C., Ayudha, H., & Setyarsih, W. (2021). Studi Literatur: Analisis Praktik Pembelajaran Fisika di SMA untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksh, 11(1), 15–28.
Giancolli, D. C. (2014). Fisika: Prinsip dan Aplikasi Edisi Ke 7 Jilid 1 . JakartaL: Erlangga.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study),. Prosiding seminar nasional & Call For Papers, 562–569. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Hariyanto. (2021). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa MAN 3 Jember. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 58–67.
Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32
Marlinda. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Group Turnament (TGT) Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Energi dan Daya Listrik dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XBS5 Semester Genap di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 11(6), 635–666.
Mustika, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal IKA, 18(1), 54–72.
Nurkasma, B., Januaris Pane, & Mega Kristina Gea. (2022). Penguasaan Konsep Fisika dalam Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMP Nasrani 1 Medan. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 690–699. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.643
Polya, George. (1973). How to Solve It A New Aspect of Mathematichal Method. New Jersey: Princeton Univercity Press.
Puri, P. R. A., & Perdana, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMA Di Bantul pada Materi Fluida Statis dan Upaya Peningkatannya Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(2), 2985–5764.
Rani, D. E. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(4), 6068–6077. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3146
Sakdun. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Fisika pada Siswa Kelas X Tkro SMK Negeri 2 Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 10(1).
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, M., Oktafia, M., & Ningsih, F. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 101–112.
Sari, P., Dwikoranto, & Lestari, N. A. (2021). Analisis Respon dan Ketertarikan Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Environmental Learning di SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 337–344. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.337-344
Siswanto, E., & Meiliasari. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik . Bandung: Nusa Media.
Sri, N. R., Rahmalia, P. R., Nugraha, W. A., & Irvan, A. (t.t.). Pengenalan Eksperimen Fisika Sederhana kepada Siswa Kelas VI di SDN 2 Limbangan Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–84.
Sudjono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syach, A., Sugandi, D., & Yusup, S. H. (2023). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA pada Sub Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 99–113.
Theasy, Yoan, dkk. (2021). Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah. Jurnal Variabel, 4 (2). 39-45
Ummah, I., & Mutaqin, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(4), 302–310. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Wahdi Ginting, F., Novita, N., & Rahmadani, Y. (2020). Nanda Novita, dan Yeni Rahmadani, Penerapan Model TGT Melalui Simulasi PhET terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa pada Alat-alat Optik. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–9. http://ojs.unimal.ac.id/index.php/relativitas/index
Yahya, Fahmi, dkk. (2019). Virtual Experiment Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 144-149.
Zuhdi, M., & Rokhmat, J. (2021). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1), 24–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Ulfah, Sri Jumini, Ngatoillah Linnaja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi