PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPA DALAM MENYUSUN SILABUS BERKARAKTER MELALUI BIMTEK DI SMP NEGERI 4 WOLOWARU
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.707Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kompetensi guru IPA kelas VIII dalam menyusun silabus dengan memasukan nilai karakter melalui bimtek di Sekolah Mengenah Pertama Negeri 4 wolowaru. Pendidikan karakter dalam dunia pendidikan dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi peserta didik agar menjadi pribadi yang baik. Kompetensi guru IPA terus ditingkatkan melalui sebuah pelatihan atau bimbingan teknis sehingga benar-benar menghasilkan guru yang berkualitas secara administrasi dan juga secara tindakan nyata dalam proses pembelajaran di kelas. Semakin banyak bimbingan yang diberikan kepada para guru maka semakin besar pula perubahan yang dialaminya sehingga inilah yang dinamakan guru berkompetensi atau profesional. Silabus mata pelajaran sebagai sebuah kelengkapan yang tidak terpisah dari guru untuk dijadikan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Silabus mata pelajaran yang harus dimiliki oleh guru adalah silabus mata pelajaran yang telah memenuhi sistematika yang benar sesuai dengan standar isi BSNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah 2 orang guru IPA kelas VIII SMP negeri 4 wolowaru tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kompetensi guru IPA kelas VIII dalam menyusun silabus melalui bimtek di SMP negeri 4 wolowaru sebesar 37,50%, terlihat dari kondisi awal siklus I sebesar 62,50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hal ini menunjukann bahwa silabus tersebut telah memenuhi kriteria sesuai sistematika yang benar dan juga telah memasukan nilai-nilai karakter kedalam silabus mata pelajaran IPA.
Downloads
Keywords:
Kompetensi, Silabus, Nilai Karakter.References
Arfin,Zainal.(1994).Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.Bandung.
Hasibuan,J.J Mudjiono (1988),Belajar Mengajar. CV.Remaja Karya Bandung.
Hendro Darmodjo,kaligis,JRE.(1991/1992). Pendidikan IPA II,Hal 7-11 Depdikbud Dirjen Dikti,Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Hermawaty Damanik.(2004).Penerapan Model Pembelajaran Social Science Inquiry Dalam
Mata Pelajaran Sosiologi dengan kerja kelompok.FKIP –Universitas Terbuka
Irwanto ,dkk(1991). Psikologi Umum Buku Panduan Mahasiswa,Gramedia Pustaka utama.Jakarta.
Kaleka, Melkyanus Bili Umbu & Ika, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter Model Inquiry untuk Siswa Kelas IX. Pancasakti Science Education Journal (PSEJ), 4(April), 1–6. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/PSEJ/article/view/1112
Lemlit –UT ,(2003).Jurnal pendidikan volume 4,nomor 2.Pusat Studi Lembaga Penelitian Universitas Terbuka.
Mulyasa ,E (2005).Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran kreatif dan menyenangkan.Remaja Rosdakarya.Bandung
Nata, N., & Kaleka, M. B. (2020). MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN INDIVIDUAL DI SMPN 7 NANGAPANDA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.282
Pedoman Pelaksanaan Pendidikan karakter Puskurbuk,2011 Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi