KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR SISWA, KONDISI EKONOMI KELUARGA DAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.726Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari korelasi antara gaya belajar siswa, kondisi ekonomi keluarga, kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar fisika kelas XI SMA Se-Kecamatan Ngampilan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 114 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan Cluster Random Sampling dan penentuan sampel menggunakan tabel Krejcie Morgan sebanyak 86 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Validitas instrumen dengan menggunakan korelasi product moment, dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR-20 dan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa, kondisi ekonomi keluarga dan kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar fisika. Koefisien determinasi R2 = 0,487. Sumbangan efektif dari ketiga prediktor sebesar 48,707% dengan gaya belajar sebesar 10,488%, kondisi ekonomi keluarga sebesar 5,750% dan kedisiplinan siswa sebesar 32,469%.
Downloads
Keywords:
Gaya belajar, Kondisi ekonomi, Kedisiplinan siswaReferences
Anas Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Conny R. Semiawan. (2008). Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: PT Indeks.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daud, Maimunah H & Lidi, Maria W. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar IPA Siswa SMPK St. Gabriel Ndona. Optika Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 4, No. 2, 147 Januari 2021 DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.725
Effendi, Mursilah & Mujiono. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences. Vol. 10 (1), 17-23 Januari 2018 DOI: https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131
Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Swasta Depok. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 3 No. 3, 261-274 November 2016,doi: http://dx.doi.org/10.30998/.v3i3.939
Mulyasa, E. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nana, Syaodih Sukmadinata. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nini Subini, DKK. (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: MentariPustaka.
Rusnaini. (2013). Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Tingkat Keaktifan Anak Masuk Sekolah di SDN Pinggir Papas 1 Kecamatan Kalianget. Jurnal Performance Bisnis & Akuntansi. Vol. 3 No.2, 88.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol. 5 No. 2, 75 - 84 Mei 2016 doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Zainal, Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif Vol. 7 (1) 83-95 Online: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1272
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi