META ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP/MTS BERBASIS VIRTUAL REALITY

Authors

  • Siti Rahmawati IAIN KUDUS
  • Putri Anggun Paradia Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Faiq Makhdum Noor Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.752

Abstract

Pembelajaran menggunakan media Virtual Reality sangat sederhana dan dapat diakses secara mudah melalui banyak platform contohnya di Smartphone. Media pembelajaran Virtual Reality diimplementasikan terhadap siswa SMP. Hal yang menarik dari media Virtual Reality yaitu bisa diakses dengan mudah dan dimana saja contohnya pada website YouTube, sehingga siswa dapat belajar dan memiliki peluang yang sangat besar, khususnya pengembangan pada potensi keilmuwan dalam dunia pendidikan.Penelitian ini menjawab permasalahan bagaimana kemampuan analisis media pembelajaran IPA dengan menggunakan media Virtual Reality di jenjang SMP. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah meta analisis . Secara keseluruhan penelitian ini membuktikan adanya perbedaan kemampuan analisis pada aspek membedakan, mengorganisasikan, dan mengatribusikan antara siswa yang menggunakan media Virtual Reality dengan yang menggunakan media presentasi dalam mata pelajaran IPA di jenjang SMP/MTS. Dalam situasi pandemi sistem pembelajaran daring adalah solusi dari permasalahan COVID-19. Oleh sebab itu penting adanya media pembelajaran untuk siswa, salah satu media yang dapat dilakukan pendidik khususnya pada jenjang SMP/MTS adalah media pembelajaran virtual reality menjadi solusi agar pendidikan di Indonesia tidak mengalami penurunan karena adanya pamdemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Media Pembelajaran, Vurtual Reality, Kemampuan Analisis

References

Mansyur dan Akbar Iskandar, META ANALISIS KARYA ILMIAH MAHASISWA PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN, Jurnal Scientific Pinisi, Volume 3, Nomor 1, April 2017, http://ojs.unm.ac.id/index.php/pinisi/article/download/4384/2529

Surata ,I K. , I M. Sudiana, I G. Sudirgayasa , Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi, Journal of Education Technology. Vol. 4 (1), https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/24079

Septiani,Tri 1) Novelia Prima 2) Fitri Nisak3), META-ANALISIS MODEL INQUIRY BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN IPA DAN FISIKA PADA ABAD 21, Pillar of Physics Education, Vol 12. No 4, http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/download/7910/3724

Kartika Dewi,Ressi, PEMANAFAATAN MEDIA 3 DIMENSI BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD, Jurnal Pendidikan, Volume 21, Nomor 1, 2020, https://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/732

Fadil Abdillah, Cepi Riyana, Muthia Alinawati, PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL REALITY TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA, EDUTCEHNOLOGIA, Tahun 2, Vol 2 No. 1,2018, http://repository.upi.edu/47512/

Downloads

Published

2021-05-21

How to Cite

Rahmawati, S. ., Paradia, P. A., & Noor, F. M. (2021). META ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP/MTS BERBASIS VIRTUAL REALITY. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12-25. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.752