IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
saintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI
SMA tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian eksperimen dengan pre-experimental design dan model oneshot
case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
SMA dengan sampel yaitu siswa kelas XI IPA 1 yang diperoleh dengan
teknik purposive sampling. Data yang diperoleh peneliti berupa nilai
keterampilan proses sains dengan analisis data yang digunakan adalah
uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan
saintifik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan
proses sains siswa kelas XI IPA 1 SMA tahun pelajaran 2016/2017. Hal
ini dibuktikan dengan hasil analisis data pengujian hipotesis diperoleh
t hitung 0,163 > t tabel 1,699 dengan alfa5% dan dk = 29.
Downloads
Keywords:
Pendekatan, Saintifik, Keterampilan Proses, SainsReferences
Borich, G. (1994). Observation skill for effective teaching. New York: Mac Millan Publishing Company.
Fatonah, Siti & Prasetyo. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Gede Wiratma, dkk. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik melalui Metode Eksperimen pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Mia 3 SMA Negeri 1 Tenggarong (Materi Suhu dan Kalor). E-Journal 16(2).
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran ABAB 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Restana, dkk. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1).
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu; Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers
Sudarwan. (2013). Pendekatan-pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. Pusbangprodik
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi