IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

Authors

  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
saintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI
SMA tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian eksperimen dengan pre-experimental design dan model oneshot
case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
SMA dengan sampel yaitu siswa kelas XI IPA 1 yang diperoleh dengan
teknik purposive sampling. Data yang diperoleh peneliti berupa nilai
keterampilan proses sains dengan analisis data yang digunakan adalah
uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan
saintifik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan
proses sains siswa kelas XI IPA 1 SMA tahun pelajaran 2016/2017. Hal
ini dibuktikan dengan hasil analisis data pengujian hipotesis diperoleh
t hitung 0,163 > t tabel 1,699 dengan alfa5% dan dk = 29.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Pendekatan, Saintifik, Keterampilan Proses, Sains

References

Borich, G. (1994). Observation skill for effective teaching. New York: Mac Millan Publishing Company.

Fatonah, Siti & Prasetyo. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Gede Wiratma, dkk. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik melalui Metode Eksperimen pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Mia 3 SMA Negeri 1 Tenggarong (Materi Suhu dan Kalor). E-Journal 16(2).

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran ABAB 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Restana, dkk. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1).

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu; Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers

Sudarwan. (2013). Pendekatan-pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. Pusbangprodik

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2018-09-02

How to Cite

Ika, Y. E. (2018). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 1-5. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/93