PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN PLATFORM SCHOOLOGY PADA MATERI IPA (PENCEMARAN LINGKUNGAN) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Authors

  • Lailatul Istimewa Pendidikan IPA - FKIP Universitas Jember
  • Indrawati Indrawati Universitas Jember
  • Iwan Wicaksono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.934

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran e-learning menggunakan platform Schoology pada materi IPA khususnya pencemaran lingkungan terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling sesuai kriteria yang ditentukan peneliti yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik berupa uji normalitas, uji independent sample t test, uji Mann Whitney U Test, dan uji t – pihak kanan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemandirian belajar menggunakan lembar angket dan untuk mengukur hasil belajar menggunakan lembar tes pada penilaian ranah pengetahuan sedangkan penilaian ranah keterampilan menggunakan non tes berupa pembuatan laporan tertulis. Hasil analisis data pada kemandirian belajar tidak berdistribusi normal sehingga dilanjutkan menggunakan uji Mann Whitney U Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ada perbedaan kemandirian belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran e-learning menggunakan platform Schoology. Hasil analisis data pada hasil belajar berdistribusi normal sehingga dilanjutkan uji homogenitas. Hasil uji homogenitas pada ranah pengetahuan 0,118 > 0,05 yang artinya data homogen, sedangkan pada ranah keterampilan sebesar 0,004 < 0,05 yang artinya data tidak homogen. Analisis data selanjutnya menggunakan uji independent sample t test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pada ranah pengetahuan dan 0,025 < 0,05 pada ranah keterampilan yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol karena pembelajaran e-learning menggunakan platform Schoology.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

schoology, kemandirian belajar, hasil belajar

References

Bungsu, T.K., M. Vilardi., P. Akbar., dan M. Bernard. 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education. 1(2): 382-389.

Deno, M. E., Kaleka, M. B. U., & Harso, A. (2020). AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES PADA MASA PANDEMIK CORONA VIRUS DISEASE 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-116. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702

Dinatha, N.M., dan D.N.L. Laksana. 2017. Nilai Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPA di Perguruan Tinggi. 2nd Annual Proceeding. November 2017. STKIP Citra Bakti: 177-187.

Erviani, F.R., Sutarto., dan Indrawati. 2016. Model Pembelajaran Instruction, Doing, dan Evaluating (MPIDE) Disertai Resume dan Video Fenomena Alam dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(1): 53-59.

Handayanti, A., Indrawati, dan I. Wicaksono. 2020. Penggunaan Media PHET (Physics Education Technology) pada Pembelajaran Getaran dan Gelombang terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMP. OPTIKA (Jurnal Pendidikan Fisika). 4(2): 63-72.

Juniati, N.W., dan I.W. Widiana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(1): 20-29.

Kaleka, M. B. U., Ika, Y. E., & Deno, M. E. (2020). Stusi Kasus Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 159–164. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/6022

Karlina, N., Karlimah., dan Sumardi. 2018. Pengaruh Media Bagan Garis Waktu (Time Line Chart) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Persiapan Sampai Detik-detik Proklamasi di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5(1): 53-61.

Kusmantara, K.S., G.S. Santyadiputra., dan N. Sugihartini. 2017. Pengaruh E-learning Schoology Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital dengan Model Pembelajaran SAVI. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 14(2): 126-135.

Mayasari, F., S. Santoso., dan D. Octoria. 2016. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa melalui Penerapan Blended Learning Berbantuan Quipper School. Jurnal “Tata Arta” UNS. 2(3): 148-161.

Misbah., W.A. Pratama. S. Hartini., dan D. Dewantara. 2018. Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital. Pancasakti Science Education Journal. 3(2): 109-114.

Murni, C.K., dan R. Harimurti. 2016. Pengaruh E-learning Berbasis Schoology terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X TKJ 2 pada SMK Negeri 3 Buduran, Sidoarjo. Jurnal IT-Edu. 1(1): 86-90.

Nurbani, D., D. Gusrayani., dan A.K. Jayadinata. 2016. Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SD Kelas IV pada Materi Hubungan antara Sifat Bahan dengan Kegunaannya. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 211-220.

Pertiwi. U.D., R.D. Atamti., dan R. Ismawati. 2018. Pentingnya Literasi Sains pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). 1(1): 24-29.

Tigowati, A. Efendi., dan C.W. Budiyanto. 2017. E-learning Berbasis Schoology dan Edmodo: ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). 2(1): 49-58.

Tsaniyah, S.F., H.D. Ayu., dan H.Y. Pratiwi. 2019. Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan Schoology terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Terapan Sains & Teknologi. 1(1): 71-77.

Utami, R.P., U. Rosidin., dan I. Wahyudi. 2017. Pengaruh Penggunaan E-learning dengan Schoology Materi Gravitasi Newton Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(2): 81-91.

Ulva, N.L., S. Kantun., dan J. Widodo. 2017. Penerapan E-learning dengan Media Schoology untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. 11(2): 96-102.

Wicaksono, I., B. Jatmiko., dan T. Prastowo. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 4(2): 518-524.

Yani, R., Indrawati., dan I. Wicaksono. 2019. Efektivitas Penerapan Desain Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed pada Kurikulum 2013 Revisi untuk Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019 4(1). 17 November 2019. FKIP E-Proceeding: 173-177.

Downloads

Published

2021-06-13

How to Cite

Istimewa, L., Indrawati, I., & Wicaksono, I. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN PLATFORM SCHOOLOGY PADA MATERI IPA (PENCEMARAN LINGKUNGAN) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 52-63. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.934