KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI ANDROID GETARAN DAN GELOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.936Abstract
Media pembelajaran buku cetak masih menjadi sumber utama dalam proses belajar mengajar, belum melatih siswa untuk melakukan proses penyelidikan ilmiah secara utuh dan sedikit membosankan sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di SMP. Media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, siswa dapat dengan mudah mencerna materi dan membangkitkan motivasi siswa dalam belajar sehingga diharapkan dapat memudahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh aplikasi android Getaran dan Gelombang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan sampel kelas VIII A untuk kelompok eksperimen dan kelas VIII B untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa hasil tes LKPD, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan aplikasi android Getaran dan Gelombang diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan aplikasi android lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data menggunakan persamaan N-gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,61 dan 0,4 pada kategori sedang.
Downloads
Keywords:
Aplikasi Android, Getaran dan Gelombang, Kemampuan Berpikir KritisReferences
Ahmatika, D. 2016. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery. Euclid. 3 (1) : 1-10.
Astuti, I. A. D., R. A. Sumarni, dan D. L. Saraswati. 2017. Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 3 (1) : 57-62.
Cahyono, B. 2017. Analisis ketrampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. Aksioma. 8 (1) : 50-64
Fristadi, R., dan H. Bharata. 2015. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan UNY : 597-602.
Hastjarjo,T. 2019. Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi. 27 (2) : 187 – 20
Husniah, L., N. A. Yuneta., E. D. Wahyuni, dan A. S. Kholimi. 2019. Pengembangan aplikasi pembelajaran IPA Kelas VII berbasis android. Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa) : 148-154.
Ibrahim, N., dan Ishartiwi. 2017. Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android mata pelajaran IPA untuk siswa SMP. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8 (1) : 80-88.
Kurniasih, A. 2012. Scaffolding sebagai alternatif upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif. 3 (2) : 113-124.
Mardiana, N. 2017. Peningkatan physics hots melalui mobile learning. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL). 1 (2) : 1-9
Nugraha, A., H. Suyitno, dan E. Susilaningsih. 2017. Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education. 6 (1) : 35-43.
OECD. 2019. PISA 2018 Results (Volume I): what students know and can do. OECD Publishing : Paris
Purwaningsih, E. 2015. Potret representasi pedagogical content knowledge (PCK) guru dalam mengajarkan materi getaran dan gelombang pada siswa SMP. Indonesian. Journal of Applied Physics. 5 (1) : 9-15.
Rahayuni, G. 2016. Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2 (2) : 131-146
Septa, D., dan N. Khoiri. 2012. Wayang sebagai media pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran dan gelombang pada siswa kelas VIII SMP Purnama 1 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 1 (1) : 1-8
Sirait, J. V., N. Bukit, dan M. Sirait. 2016. Pengembangan bahan ajar fisika pada materi fluida dinamis berbasis scientific inquiry untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika. 5 (1) : 7-11.
Utomo, A. P., E. Narulita, dan K. Shimizu. 2018. Diversification of reasoning science test items of timss grade 8 based on higher order thinking skills: a case study of Indonesian students. Journal of Baltic Science Education. 17 (1) : 152-161
Wahyuni, S. 2011. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran IPA berbasis problem based learning. Program Studi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP-UT
Yektyastuti, R., dan J. Ikhsan. 2016. Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2 (1) : 88-99
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi