https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/issue/feedOPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika2024-06-05T10:09:17+07:00Melkyanus B.U. Kalekamelkycitra15@gmail.comOpen Journal Systems<p>OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode pembelajaran, penerapan metode pembelajaran, dan beberapa aplikasi fisika.</p> <p>OPTIKA menerbitkan artikel penelitian yang komprehensif dan mengundang ulasan dari pakar terkemuka di bidangnya. Makalah akan dipilih yang pantas dan memiliki ulasan ilmiah, memberikan pengetahuan baru yang penting, dan sangat diminati komunitas fisika dan pendidikan fisika. OPTIKA terbit 2 kali setahun di bulan Juni dan Desember, memiliki SK ISSN Online <a href="https://drive.google.com/file/d/1DLAZJb8a9LVlqq9DfJq_JtqFwJGJE9GU/view?usp=sharing">2716-2729</a>, dan telah tersitasi pada :<a href="https://scholar.google.co.id/citations?view_op=list_works&hl=en&user=pKnw6t0AAAAJ&gmla=AJsN-F6CjaL3C5Ne-kmyfh6Y2Zsk-ek8mS8HO2J7Od3z-jKXFw8ydTQrVKyBJndAXHbiK5bHX6S4-fo6ZQElTBngT8XjKrdj3R71ZrWkNrWAHfd0SIZ8AqofEk5CJZUQ1K40FA36sgsj"> Google Scholar</a> | <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/18581">Garuda</a> | <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals?q=optika">Sinta 5</a> | <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_text=%20https%3A%2F%2Fdoi.org%2F10.37478&search_type=kws&search_field=doi">Dimension</a> | <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?type=all&lookfor=optika%3A+Jurnal+Pendidikan+Fisika&ling=0&oaboost=1&name=&thes=&refid=dcresen&newsearch=1">Base</a>. </p> <p> </p>https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3383PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS FISIKA DI SMAS ADVENT MANOKWARI2023-11-30T23:01:18+07:00Sri Wahyu Widyaningsihs.widyaningsih@unipa.ac.idTamariska Herlindo Rumansaratamarumansara@gmail.comKaleb Amaghi Yenusik.yenusi@unipa.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang didukung simulasi PhET serta mengkaji hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Advent Manokwari pada semester genap 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas X IPA yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pretest-posttest dan nontes berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif hasil belajar, dan analisis aktivitas belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 52 dan pada siklus II sebesar 90. Daya serap klasikal siswa pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II sebesar 87,5%. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 50% dengan kriteria tuntas, dan pada siklus II sebesar 87,5% dengan kriteria tuntas. Pada tindakan pertama nilai rata-rata sebesar 52 dan pada tindakan kedua sebesar 90. Kemampuan serapan klasikal siswa pada tindakan pertama sebesar 50% dan pada tindakan kedua sebesar 87,5%. Tingkat ketuntasan akademik siswa pada siklus I sebesar 50% yang tidak memenuhi kriteria, dan pada siklus II sebesar 87,5% yang tidak memenuhi kriteria. Begitu pula dengan peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran, dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas siswa khususnya pada aktivitas pertama sebesar 15,33 atau 47,92% tergolong cukup baik, sedangkan pada aktivitas kedua nilai rata-ratanya meningkat menjadi 21 atau 65,63% dalam kategori baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL yang didukung simulasi PhET dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa Kelas X IPA SMAS Advent Manokwari pada mata pelajaran fisika.</p>2024-02-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Sri Wahyu Widyaningsih, Tamariska Herlindo Rumansara, Kaleb Amaghi Yenusihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3433PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT DI SMP NEGERI 7 KUPANG TENGAH2023-12-21T16:07:34+07:00Maria Ursula Jawa Mukinmariamukinym@gmail.comCludia Mariska Maingmariskaclaudia@gmail.comGervansiana Jelimannyhatang@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran <em>discovery learning</em> terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi tekanan zat di kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang Tengah 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah <em>pre-eksperimental</em> dengan desain <em>One-Group Pretest-Posttest</em>. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara <em>sampling jenuh</em><strong>, s</strong>eluruh siswa kelas VIII sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecaham ,masalah yang terdiri dari 5 soal yang sudah divalidkan. Hasil rata-rata<em> pretest</em> sebesar 64 dan hasil rata-rata <em>posttest</em> sebesar 75,52. Berdasarkan hasil uji <em>paired sample T-Test</em> diperoleh nilai sig adalah 0,000 dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran <em>discovery learning</em> terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.</p>2024-02-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Maria Ursula Jawa Mukin, Cludia Mariska Maing, Gervansiana Jelimanhttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3730PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA2024-01-31T19:22:01+07:00Syahruddin Aritonangsyahruddinaritonang@gmail.comIskandar Safri Hasibuaniskandar.safri@um-tapsel.ac.idNasirsah Nasirsahnasirsah@um-tapsel.ac.id<p>Model Pembelajaran pembelajaran <em>Scientific Inquiry </em>merupakan salah suatu model pembelajaran berorientasi terhadap siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains fisika yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran <em>saintific inquiry</em> lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung pada meteri listrik dinamis. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisa data pretes diperoleh rata-rata kelas eksperimen 38.82 dengan standard deviasi 9.93 dan rata-rata kelas kontrol 38.68 dengan standard deviasi 7.87. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata 74.68 dengan standard deviasi 7.10 dan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata 64.18 dengan standard deviasi 5.11. model pembelajaran diperoleh signifikan sebesar 0,000 < 0,005, maka dapat dikatakan bahwa hasil pengujian menolah Ho atau menerima Ha dalam taraf <em>alpha </em>0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan proses sains fisika yang diberi model pembelajaran <em>scientific inquiry </em> dan pembelajaran langsung.</p>2024-02-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Syahruddin Aritonang, Iskandar Safri Hasibuan, Nasirsah Nasirsahhttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3386ANALISIS LIMBAH PENCEMARAN AIR SUNGAI DI KOTA DAN DESA2023-11-30T23:05:26+07:00Amalia Rosyida Indriyaniamelfirda64@gmail.comSudarti Sudartisudartifkip@unej.ac.idYushardi Yushardiyushardi.fkip@unej.ac.id<p>Penggunaan flipbook menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan komunikatif di dalam kelas. Hasil belajar yang diiginkan guru merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK <em>(Classroom Action Research</em>). SMKS Mutiara Ilmu adalah lokasi sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober - November semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 165 sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X PPLG yang berjumlah 30. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan menggunakan tes hasil belajar yang berorientasi pada soal-soal HOTS berupa soal essay pada tingkat pengetahuan C4 dan C5. Soal essay yang diberikan pada siklus 1 sebanyak 3 soal dan soal yang diberikan pada siklus 2 sebanyak 4 soal. Pada Siklus I menunjukkan siswa yang telah berhasil dalam belajar sebesar 46,67% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan siswa yang telah berhasil dalam belajar pada siklus I sebesar 46,67% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran berorientasi HOTS berbantuan <em>filpbook</em>.</p>2024-02-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Amalia Rosyida Indriyani, Sudarti Sudarti, Yushardi Yushardihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3427POTENSI PENGGUNAAN RADIASI SINAR GAMMA PADA PERTUMBUHAN TANAMAN PADI2023-11-30T23:09:41+07:00Kendid Mahmudikendidmahmudi.fkip@unej.ac.idNikmatus Sholikhahnikmatussolekhah896@gmail.comTri Choirul Nur Amaliatrichoirulmuramalia@gmail.comWanda Febriantywandafebrianti4@gmail.comSiska Rima Sabila Bulansiskarimasabilabulan@gmail.comMahya Alya Shofia Anggrainimahyaalyasa@gmail.comTrapsilo Prihandonomahyaalyasa@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji potensi pemanfaatan radiasi sinar gamma untuk ertumbuhan tanaman padi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknikl iteratur review. Data yang telah didapat akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan radiasi sinar Gamma dalam dosis rendah memiliki berbagai manfaat, termasuk meningkatkan pertumbuhan bibit tanaman serta perkecambahan benih, memperbaiki sel-sel respirasi, meningkatkan aktivitas enzim, serta meningkatkan produksi struktur tanaman. Sedangkan, dengan dosis yang terlalu tinggi, maka radiasi sinarg Gamma dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Pada pertumbuhan tanaman padi, dosis radiasi sinar Gamma berbeda-beda sesuai dengan jenis tanaman padi. Padi jenis Kultivar Sileso Generasi M-2, padi Siam Kuning, padi lokal Aceh kultivar Sileso generasi M1, padi Varietas Ramos, dan padi lokal Ase Banda mengalami pertumbuhan terbaik dengan dosis radiasi sinar Gamma sebesar 300 Gy. Padi varietas Sintanur mengalami pertumbuhan terbaik dengan dosisn500 Gy. Padi gogo mengalami pertumbuhan terbaik dengan dosis kurang dari 408 Gy. Padi varietas mentik susul mengalami perubahan genetik yang efektif dengan dosis radiasi 100 Gy dan 200 Gy. Padi varietas lokal SiGadis mengalami perkecambahan benih tercepat dengan dosis radiasi 300 Gy.</p>2024-02-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Kendid Mahmudi, Nikmatus Sholikhah, Tri Choirul Nur Amalia, Wanda Febrianty, Siska Rima Sabila Bulan, Mahya Alya Shofia Anggraini, Trapsilo Prihandonohttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3736UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS BERBANTUAN FLIPBOOK2024-02-20T09:30:51+07:00Yusri Handayaniyusrihandayani@unismuh.ac.idFauziah Harianifauziahhanriani01@mutiarailmu.sch.id<p>Penggunaan flipbook menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan komunikatif di dalam kelas. Hasil belajar yang diiginkan guru merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK <em>(Classroom Action Research</em>). SMKS Mutiara Ilmu adalah lokasi sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober - November semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 165 sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X PPLG yang berjumlah 30. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan menggunakan tes hasil belajar yang berorientasi pada soal-soal HOTS berupa soal essay pada tingkat pengetahuan C4 dan C5. Soal essay yang diberikan pada siklus 1 sebanyak 3 soal dan soal yang diberikan pada siklus 2 sebanyak 4 soal. Pada Siklus I menunjukkan siswa yang telah berhasil dalam belajar sebesar 46,67% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan siswa yang telah berhasil dalam belajar pada siklus I sebesar 46,67% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran berorientasi HOTS berbantuan <em>filpbook</em>.</p>2024-02-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Yusri Handayani, Fauziah Harianihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3382PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMAK NEGERI ENDE2023-11-30T23:00:07+07:00Klaudia Sintia RauStanislauspitha97@gmail.comIlyas Ilyasilyasrasmi023@gmail.comHamsa Doahamsa@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh menggunakan metode pembelajaran <em>Blended Learning</em> terhadap pemahaman konsep fisika kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model <em>group pretest – posttest design</em>. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA SMAK Negeri Ende yang berjumlah 42 orang, dan sampel penelitian berjumlah 21 orang yang diperoleh dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai pemahaman konsep fisika materi suhu dan kalor. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan metode <em>blended learning </em>lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika dibandingkan dengan pembelajaran fisika menggunakan metode ceramah (konvensional) hasil ini ditunjukan berdasarkan nilai signifikansi (<em>Sig two</em>-<em>Tailed</em>) < 0,05, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah diberi metode pembelajaran <em>Blended Learning</em>.</p>2024-04-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Klaudia Sintia Rau, Ilyas Ilyas, Hamsa Doahttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3460STUDY PUSTAKA: PENGARUH PAPARAN MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) DALAM BIDANG PERTANIAN PADA PERTUMBUHAN FISIK TANAMAN2024-03-11T18:43:37+07:00Meylan Kharisma Putriputrimeylan42@gmail.comSaidah Intan Kurnia210210102080@mail.unej.ac.idSudarti Sudartisudartifkip@unej.ac.idKendid Mahmudikendidmahmudi.fkip@unej.ac.id<p>Medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) adalah spektrum gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi kurang dari 300 Hz. Medan magnet ELF ini termasuk radiasi non pengion. Dalam bidang pertanian paparan medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) ini memiliki banyak manfaat diantaranya dapat meningkatkan dan mengembangkan pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paparan medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) bidang pertanian pada pertumbuhan fisik tanaman. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi literatur atau literatur review. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan adanya paparan medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) dapat mempengaruhi ukuran tinggi batang daun, jumlah daun, tinggi tanaman, awal waktu berbuah dan kandungan klorofil daun. Dapat disimpulkan bahwa paparan medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) dapat mempengaruhi pertumbuhan dari beraneka macam tanaman.</p>2024-04-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Meylan Kharisma Putri, Saidah Intan Kurnia, Sudarti Sudarti, Kendid Mahmudihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3555PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI FLUIDA STATIS2023-12-21T16:48:13+07:00Yuliana Kozayina23037@gmail.comAloisius Harsoharsoalo4@gmail.comHamsa Doahamsadoa29@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan instrumen soal<em> High Order Thinking Skill </em>(HOTS) pada materi fluida statis. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> dengan menggunakan model Martin Tessmer yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap <em>Preliminary</em>, tahap <em>Self Evaluation</em>, dan tahap <em>Prototyping</em> (Validasi, Evaluasi, dan Revisi). Subjek penelitian ini yaitu uji coba dari 4 orang validator yaitu 2 dosen sebagai ahli evaluasi, 2 guru sebagai ahli materi dan 23 siswa SMA Negeri 1 Riung Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket. Analisis data menggunakan <em>statistik deskriptif</em> sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian instrumen soal HOTS oleh ahli evaluasi berkategori sangat valid (88%), instrumen soal HOTS dilihat dari materi berkategori sangat valid (87%) dan instrumen soal HOTS sangat praktis (90%). Hal ini menunjukkan bahwa instrumen Soal <em>High Order Thinking Skill</em> (HOTS) pada materi fluida statis ini valid dan praktis untuk digunakan.</p>2024-04-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Yuliana Koza, Aloisius Harso, Hamsa Doahttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3551PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN LKPD BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI2023-12-21T16:47:12+07:00Eke Windiar Febrianiekewindiarfebriani@gmail.comSupeno Supenosupeno.fkip@unej.ac.idNur Ahmadmasnurauai.fkip@unej.ac.id<p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis adanya pengaruh yang signifikan dan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam penggunaan model pembelajaran <em>Problem-Based Learning</em> dengan LKPD berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA di SMP dengan topik materi pencemaran lingkungan. Kegiatan penelitian tergolong penelitian kuantitatif menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan desain <em>nonequivalent control group design</em>. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes untuk melihat tingkat awal kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik berupa uji normalitas dan uji <em>N-Gain</em>. Sampel penelitian diambil dari kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen, Teknik sampling yang digunakan adalah <em>purposive sampling</em>. Data penelitian kemudian dianalisis melalui aplikasi SPSS <em>Statistics</em> 25. Kedua data dari hasil analisis data diketahui berdistribusi normal, sehingga dilanjutkan menggunakan uji <em>Independent Sample t-test</em> yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, menunjukkan dari selisih nilai <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em> kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa terdapat pengaruh yang signifikan. Uji T pihak kanan didapatkan hasil T-hitung (13.591) > T-tabel (1.669) yang berarti nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Analisis data nilai <em>pre-test</em> dan <em>post-tes</em>t juga menggunakan <em>N-Gain Score</em> yang didapatkan nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tergolong kategori tinggi.</p>2024-04-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Eke Windiar Febriani, Supeno Supeno, Nur Ahmadhttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3488ANALISIS NILAI KECEPATAN TERHADAP VISKOSITAS PADA FLUIDA 2024-03-11T18:54:46+07:00Meylan Kharisma Putriputrimeylan42@gmail.comRahmatul Ula Asshaumiputrimeylan42@gmail.comNovi Fitri Rahmadanirahmadani@gmail.comSaidah Intan Kurniaintankurnia@gmail.comSinta Mayasarimahyaalyasa@gmail.comRagil Martatinomartatino@gmail.comSri Handono Budi Prastowohandonobudi@gmail.comNila Mutia Dewimutiadewi@gmail.com<p>Viskositas merupakan kekentalan suatu fluida atau zat cair yang diakibatkan adanya gaya gesekan antar molekul yang menyusun fluida. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kecepatan jatuh benda terhadap viskositas. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen sederhana serta menggunakan teknik pengukuran manual yang tidak terlalu rumit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menghasilkan data yaitu pada air jernih kecepatan benda jatuh 0,242 m/s dan nilai viskositas sebesar 0,544 N.m/s<sup>2</sup>. Pada air keruh kecepatan benda jatuh 0,186 m/s dan nilai viskositas sebesar 0,708 N.m/s<sup>2</sup>. Pada minyak baru kecepatan benda jatuh 0,134 m/s dan nilai viskositas sebesar 0,984 N.m/s<sup>2</sup>. Sedangkan pada minyak curah kecepatan benda jatuh 0,197 m/s dan nilai viskositas sebesar 0,669 N.m/s<sup>2</sup>. Pada oli baru kecepatan benda jatuh 0,138 m/s dan nilai viskositas sebesar 0,955 N.m/s<sup>2</sup>. Dan pada oli bekas kecepatan benda jatuh 0,212 m/s dan nilai viskositas sebesar 0,622 N.m/s<sup>2</sup>. Sehingga diperoleh hubungan kecepatan dengan nilai viskositas adalah berbanding terbalik.</p>2024-04-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Meylan Kharisma Putri, Rahmatul Ula Asshaumi, Novi Fitri Rahmadani, Saidah Intan Kurnia, Sinta Mayasari, Ragil Martatino, Sri Handono Budi Prastowo, Nila Mutia Dewihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3696PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK2024-01-25T18:35:44+07:00Helmi Putri Sulastrihelmiputries5012@gmail.comAsep Irvan Irvanihelmiputries5012@gmail.comResti Warlianihelmiputries5012@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui kelayakan serta mengetahui respons modul digital yang dikembangkan terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model pengembangan 4D yang direduksi menjadi 3D, yaitu pendefinisian (<em>define</em>), perancangan (<em>design</em>), dan pengembangan (<em>develop</em>). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket respon, dimana lembar validasi dievaluasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa sedangkan angket respon dievaluasi oleh pendidik yang mengampu mata pelajara fisika dan peserta didik kelas MIPA. Hasil penelitian menunjukan penilaian yang dilakukan oleh validator, yaitu validari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa menghasilkan nilai rata-rata sebesar 79,47% yang dikategorikan sangat layak dan respons pendidik diperoleh persentase 90,77% sebesar dengan kategori sangat layak serta respons peserta didik diperoleh persentase 77,3% dengan kriteria sangat baik/menarik.</p>2024-06-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Helmi Putri Sulastri, Asep Irvan Irvani, Resti Warlianihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3528PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SISWA SMA KELAS XI MATERI HUKUM NEWTON2024-04-30T19:40:55+07:00Kristian Njatiannja403@gmail.comYasinta Embu Ikayasintaika@gmail.comMelkyanus Bili Umbu Kalekamelkycitra15@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa pada aplikasi yang dikembangkan terhadap media pembelajaran <em>mobile learning </em>berbasis android. Penelitian ini menggunakan jenis penelian <em>Research and developmen </em>(R&D) dengan model PIE. Prosedur pengembangan PIE meliputi tiga tahap penting yaitu <em>Planing, Implementation dan Evaluation</em>. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dari ahli media dan ahli materi. Teknik analisis yang digunakan observasi, dokumentasi dan angket sebagai produk media pembelajaran berbasis android menggunakan <em>handphone </em>menampilkan menu pembelajaran, materi, contoh soal, gambar serta contoh dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran <em>mobile learning </em>berbasis android, termasuk dalam kategori sangat baik, dengan prensentase sebesar 95% pada ahli media dan 100% pada ahli materi. Hasil uji coba dari siswa memperoleh presentase sebesar 93% pada kategorikan sangat baik. Sehingga dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran <em>mobile learning </em>berbasis android pada materi Hukum Newton sangat layak bagi siswa kerena mendapatkan nilai yang sangat baik untuk digunakan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Poco Ranaka. </p>2024-06-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Kristian Nja, Yasinta Embu Ika, Melkyanus Bili Umbu Kalekahttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/3732PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS 2024-02-20T09:33:33+07:00Nazla Khaira Naziranazla.190730040@mhs.unimal.ac.idSyafrizal Idrissyafrizal@unimal.ac.idWidya Widyafajrulwg@unimal.ac.idNanda Novitamuliani91@unimal.ac.idTulus Setiawanhaimatulssakdiah@unimal.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) fisika berbasis <em>Problem Based Learning</em> (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, <em>Research and Development</em> (<em>R&D</em>) dengan menggunakan model pengembangan <em>Borg and Gall</em> yang terdiri dari 10 tahapan. Pada penelitian ini tidak dilakukan produksi massal, pengembangan hanya dilakukan sampai tahap uji coba pemakaian. Desain uji coba yang digunakan pada penelitian ini yaitu desain <em>one group pretest postest</em>. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 Dosen Program Studi Pendidikan Fisika dan 1 Guru Fisika sebagai validator ahli materi dan ahli media, 6 peserta didik kelompok kecil dari kelas XII IPA 1 sebagai subjek uji coba produk, dan 25 peserta didik kelompok besar KELAS XI F1sebagai subjek uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD fisika berbasis PBL yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan perolehan persentase dari ahli materi 88,95% berada pada kriteria sangat valid,dan persentase ahli media 91,12% berada pada kriteria sangat valid. hasil angket uji kepraktisan kelompok kecil memperoleh persentase 99,44% berada pada katagori sangat praktis, serta hasil uji <em>N-Gain</em> memperoleh skor 0,62 berada pada katagori sedang, hal ini menunjukkan bahwa pengunaan LKPD fisika berbasis PBL dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.</p> <p> </p> <p> </p>2024-06-06T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Nazla Khaira Nazira, Syafrizal Idris, Widya Widya, Nanda Novita, Tulus Setiawanhttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4063PENGEMBANGAN APLIKASI MIND MAPPING BERBASIS ANDROID PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG2024-04-30T19:39:48+07:00Hendrika Srisuriatihendrikalastri@gmail.comAdrianus Nasaradrianus710@gmail.comYasinta Embu Ikayasintaika@gmail.comYulius Saprianus Dala Ngapaydalanga@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan produk dan respon siswa terhahap penggunaan media pembelajaran <em>mind mapping</em> pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development </em>dan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian yaitu uji coba oleh 2 validator yakni 2 Dosen Program Studi Pendidikan Fisika dan 2 orang guru Fisika serta 9 siswa kelas XII SMA Swasta Adhyaksa sebagai responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh digunakan sebagai dasar dalam perbaikan aplikasi <em>mind mapping. </em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berupa aplikasi <em>mind mapping</em> layak digunakan sebagai sumber belajar fisika pada materi getaran dan gelombang berdasarkan penilaian validator sebesar 86%, dan aplikasi <em>mind mapping</em> layak untuk digunakan pada materi getaran dan gelombang. Penilaian oleh guru fisika sebesar 93,75%, dengan kriteria layak/baik. Hasil uji coba terbatas menunjukan aplikasi <em>mind mapping</em> yang dikembangkan sangat layak/sangat baik dengan rata-rata penilaian oleh siswa sebesar 95%.</p>2024-06-06T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Hendrika Srisuriati, Adrianus Nasar, Yasinta Embu Ika, Yulius Saprianus Dala Ngapahttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4122POTENSI PEMANFAATAN MEDAN MAGNET ELF UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN DAGING2024-05-17T07:22:12+07:00Seka Arum Ferlitasekarumferlitaa@gmail.comIke Tri Wulandariiketriwulandari825@gmail.comNadia Laila Sarinadialailasr@gmail.comSudarti Sudartisudartifkip@unej.ac.idKendid Mahmudikendidmahmudi.fkip@unej.ac.id<p>Gelombang elektromagnetik<em> Extremely Low Frequency</em> (ELF) digunakan secara ekstensif dalam berbagai industri, termasuk pertanian, makanan, dan kesehatan. Tujuan dibuatnya artikel ini yaitu untuk mengetahui efek penggunaan gelombang elektromagnetik Extremely Low Frequency (ELF) terhadap ketahanan pada daging. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kajian pustaka dengan mencari dan mengumpulkan informasi melalui beberapa jurnal, buku, dan internet untuk memperoleh informasi yang akurat dan relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan medan magnet ELF dapat meningkatkan kualitas fermentasi dan memperpanjang umur simpan daging. Dengan demikian, medan magnet ELF dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan ketahanan daging melalui pengaruhnya terhadap pH dan aktivitas enzim. Penelitian ini menunjukkan bahwa medan magnet ELF dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan daging, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas pangan dan mengurangi kerusakan daging.</p>2024-06-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Seka Arum Ferlita, Ike Tri Wulandari, Nadia Laila Sari, Sudarti Sudarti, Kendid Mahmudihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4124KONSEP RADIASI MEDAN ELEKTROMAGNETIK ELF (EXTREMELY LOW FREQUENCY) OLEH PERALATAN RUMAH TANGGA2024-05-17T07:25:16+07:00Dinda Tri Ariyanidindatriariyani@gmail.comSayyidatun Najahsayyidatunnajah09@gmail.comEra Cahayatierch923@gmail.comSudarti Sudartisudartifkip@unej.ac.idKendid Mahmudikendidmahmudi.fkip@unej.ac.id<p>Radiasi medan elektromagnetik ELF (Extremely Low Frequency) merujuk pada medan elektromagnetik dengan intensitas rendah di bawah 300 Hz, serta energi yang terkait dengannya, yang memiliki sifat non-ionizing dan non-termal. Beberapa peralatan rumah tangga seperti microwave oven, televisi, telepon seluler, kulkas, dan lampu neon dapat memancarkan radiasi ELF. Penelitian ini mengkaji konsep radiasi medan elektromagnetik ELF yang dihasilkan oleh peralatan rumah tangga serta dampaknya bagi kesehatan. Medan elektromagnetik ELF pada peralatan rumah tangga timbul dari arus listrik yang mengalir melalui perangkat tersebut dan menciptakan medan magnetik di sekitarnya. Paparan radiasi medan elektromagnetik ELF yang melebihi ambang batas dapat mengakibatkan gangguan kesehatan baik fisik maupun mental. Besar medan elektromagnetik ELF yang dihasilkan dari setiap peralatan rumah tangga berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jarak dari sumber, kapasitas dan daya, dan komponen penyusunnya. Penelitian ini menggunakan tinjauan literatur sebagai pendekatan, sehingga hasilnya berupa deskripsi kualitatif. Hasilnya diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konsep radiasi medan elektromagnetik ELF oleh peralatan rumah tangga serta dampaknya bagi kesehatan.</p>2024-06-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Dinda Tri Ariyani, Sayyidatun Najah, Era Cahayati, Sudarti Sudarti, Kendid Mahmudihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4160APAKAH MEDAN MAGNET ELF BERPENGARUH UNTUK TERAPY STROOKE?2024-05-24T18:29:47+07:00Ainun Fitriya Nurhasanahainunfitriya694@gmail.comOktaria Ayu Regilia Putrioctaria951@gmail.comAngel Ika Siswi Handayaniikaa8660@gmail.comSudarti Sudartisudartifkip@unej.ac.idKendid Mahmudikendidmahmudi.fkip@unej.ac.id<p>Peradaban di zaman yang serba canggih ini sangat bergantung pada teknologi, seperti diterapkan dengan adanya paparan radiasi elektromagnetik di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari seperti di bidang kesehatanpun mulai memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Dengan semakin beragamnya pemanfaatan gelombang elektromagnetik dan medan magnet, pertimbangan untuk penggunaannya sebagai solusi kesehatanpun mulai diinovasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan potensi pemanfaatan medan magnet ELF di bidang kesehatan terutama pada penyakit stroke. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dari beberapa sumber yang relevan dengan pemanfaatan radiasi gelombang elektromagnetik ELF pada kesehatan. Hasil dari penelitian berupa kajian mengenai alasan ELF digunakan sebagai solusi penyembuhan pada penderita stroke serta pengaruh positifnya terhadap kesehatan. Efek biologis yang ditimbulkan pada pemanfaatan ELF secara signifikan terus meningkatkan peluang terhindar dari kecacatan dan kematian. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini dalam kaitan gelombang elektromagnetik (ELF) terhadap penyakit stoke, bagian terpenting dari terapi pasca stroke adalah rehabilitasi segera dan jangka panjang dan terapi medan elektromagnetik (ELF-EMF) dianggap meningkatkan efek positif pada pasien.</p>2024-06-26T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Ainun Fitriya Nurhasanah, Oktaria Ayu Regilia Putri, Angel Ika Siswi Handayani, Sudarti Sudarti, Kendid Mahmudihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4164IMPLEMENTASI TIKTOK FISIKAEXPLORERS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA MATERI FISIKA SMA KELAS XI2024-05-25T18:57:31+07:00Weli Pramugiawpramugia@gmail.comRudi Haryadirudiharyadi@untirta.ac.idYudi Guntaraguntaray@untirta.ac.id<p>Studi ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan produk video pembelajaran yang dapat digunakan melalui aplikasi TikTok untuk mengembangkan kemampuan literasi digital siswa, 2) Mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis TikTok FisikaExplorers terhadap kemampuan literasi digital pada materi Fisika SMA Kelas XI. Studi ini menunjukkan penelitian R & D (Research and development) menggunakan model ADDIE. Angket literasi digital siswa dan validasi ahli media dan materi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 78 siswa yang berada di kelas XI IPA di salah satu sekolah menengah atas di Kota Tangerang pada tahun akademin 2023/2024. Uji hipotesis Z digunkan untuk menganalisis data untuk menentukan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dan media yaitu sebesar 96% dan masuk ke kategori layak. Pengaruh video pembelajaran berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan literasi digital siswa dengan nilai uji hipotesis Z memperoleh signifikansi sebesar 0,0005 < 0,05 maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan dari penelitian ini terdapat pengaruh video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok terhadap kemampuan literasi digital siswa setelah penggunaan video pembelajaran yang diberikan kepada kelas eskperimen.</p>2024-06-26T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Weli Pramugia, Rudi Haryadi, Yudi Guntarahttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4166PENGEMBANGAN MODUL GETARAN HARMONIS BERBASIS PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA2024-05-25T18:59:33+07:00Nanda Novitananda.novita@unimal.ac.idFajrul Wahdi Gintingfajrulwg@unimal.ac.idSyarifah Rita ZaharaSyarifah.rita@unimal.ac.idMuliani Mulianimuliani@unimal.ac.idRozatul Ulfarozatululfa15@gmail.com<p>Pengembangan modul getaran harmonis berbasis <em>Project Based Learning</em> (PjBL) dilakukan untuk mengetahui kelayakan, respon, serta peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan penggunaan modul dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan <em>Research and Development</em> (R&D) model Borg & Gall yaitu sampai pada tahapan uji coba pemakaian yang digunakan dalam penelitian ini, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 5 yang berjumlah 24 siswapada masing-masing kelas. Hasil analisis data penelitian diperoleh: 1) hasil validasi ahli materi terhadap modul diperoleh skor sebesar 84,26% dan validasi ahli media didapatkan persentase sebesar 84,66% dengan kategori sangat valid. 2) uji Kelayakan modul oleh guru diperoleh persentase sebesar 96,89% dengan kategori sangat layak. 3) Hasil respon uji coba skala kecil terhadap produk yang dilakukan pada kelas XI IPA 5 didapatkan skor sebesar 88,67% dengan kriteria sangat menarik. 4) uji N-gain yang dilakukan di kelas eksperimen didapatkan hasil sebesar 0,7 dengan persentase 70% masuk kedalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol didapatkan hasil 0,53 dengan persentase 53% dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa modul getaran harmonis berbasis <em>Project Based Learning</em> (PjBL) layak digunakan serta dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.</p>2024-06-26T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Nanda Novita, Fajrul Wahdi Ginting, Syarifah Rita Zahara, Syarifah Rita Zahara, Muliani Muliani, Rozatul Ulfahttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4175PERANCANGAN VOLTAGE-CONTROLLED OSCILATOR (VCO) BERBASIS IC XR-2206 UNTUK SISTEM ELEKTRICAL IMPEDANCE TOMOGRAPHY (EIT) 2024-05-25T19:01:42+07:00Ari Bangkit Sanjaya Umbuaribangkit.sanjaya@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah merancang <em>Voltage-Controlled Oscillator</em> (VCO) untuk sistem <em>Electrical impedance Tomography</em> (EIT) yang memanfaatkan IC XR-2206 sebagai pembangkit sinyal eksitasi. Pengujian sinyal keluaran dari rangkaian VCO dilakukan dengan menggunakan osiloskop. Hal ini dilakukan untuk melihat kualitas sinyal dan frekuensi yang dihasilkan oleh rangkaian VCO. Hasil perancangan dan pengujian rangkaian VCO diperoleh hasil bahwa frekuensi sinyal yang dapat dibangkitkan berada pada rentang 3.00 KHz hingga 88.49 KHz. Namun, sebagaimana yang teramati dalam pengujian, rangkaian VCO yang dirancang menunjukkan adanya tegangan DC <em>offset</em>. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan penambahan sebuah rangkaian filter aktif yang terhubung pada keluaran VCO. Berdasarkan pengujian dan analisis yang telah dilakukan terhadap rangkaian VCO hasil perancangan, didapatkan hasil bahwa sistem yang telah dirancang memiliki kapabilitas sebagai pembangkit sinyal eksitasi pada sistem EIT dengan nilai frekuensi eksitasi 3.00 KHz - 88.49 KHz.</p>2024-06-26T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Ari Bangkit Sanjaya Umbuhttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4179ARTIKEL REVIEW: GELOMBANG ELECTROMAGNETIC EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) DAN TINGKAT STRESS MANUSIA2024-06-05T09:58:23+07:00Anisa Suci Galuh Rosidaanisagaluh2806@gmai.comSudarti Sudartisudartifkip@unej.ac.idYushardi Yushardiyushardi.fkip@unej.ac.id<p>Tujuan adanya penelitian dengan review artikel ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh EM ELF terhadap stress, apakah dapat berdampak baik seperti digunakan sebagai terapi ataukah berdampak buruk seperti meningkatkan stress. <em>Electromagnetic </em>dengan frekuensi sangat rendah (<em>Extremely Low Frequency</em>tau ELF) merujuk pada gelombang elektromagnetik dengan frekuensi yang sangat rendah, biasanya dalam rentang beberapa hertz (Hz) hingga beberapa kilohertz (kHz). Gelombang ini memiliki panjang gelombang yang sangat panjang, yang berarti bahwa satu gelombang dapat memiliki panjang yang sangat besar, hingga ratusan hingga ribuan kilometer. Artikel review ini menggunakan metode deskriptif <em>research</em> berbasis artikel review. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa <em>Electromagnetic Extremely Low Frequency</em> dapat menyebabkan stress dan juga dapat digunakan sebagai terapi stress secara bersamaan. Namun, kesimpulannya EM ELF dapat digunakan sebagai terapi apabila frekuensi gelombang yang diberikan pas dan sesuai dosis yang dianjurkan dan dapat menyebabkan stress apabila dilakukan dengan gelombang yang amat tinggi serrta intesitas pemaparan yang juga berpengaruh dalam dampak EM ELF sebagai pemicu stress dan terapi stress ini. </p>2024-06-26T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Anisa Suci Galuh Rosida, Sudarti Sudarti, Yushardi Yushardihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4182DOSIS EFEKTIF RADIASI MEDAN MAGNET ELF UNTUK MEMICU PERKEMBANGBIAKAN BAKTERI2024-06-05T10:09:17+07:00Atika Yulandariatikayulandari54@gmail.comSudarti Sudartisudarti.fkip@unej.ac.idYushardi Yushardiyushardi.fkip@unej.ac.id<p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini membahas pengaruh dosis yang efektif yang digunakan dalam radiasi medan magnet </span><em><span style="font-weight: 400;">extremely low frequency</span></em><span style="font-weight: 400;"> (ELF) terhadap pertumbuhan bakteri yang relevan dalam proses fermentasi makanan atau bahan pangan. Beberapa Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan medan magnet ELF dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri tertentu seperti </span><em><span style="font-weight: 400;">salmonella thypimurium</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan </span><em><span style="font-weight: 400;">lactobacillus</span></em><span style="font-weight: 400;">, yang berperan penting dalam proses fermentasi makanan seperti tempe, keju, dan tape. Ditemukan bahwa intensitas dan durasi paparan medan magnet ELF dapat memengaruhi nilai pH, kualitas rasa, tekstur, dan aroma produk fermentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah </span><em><span style="font-weight: 400;">mapping article</span></em><span style="font-weight: 400;">. Penelitian ini memberikan wawasan penting dalam pengembangan teknologi fermentasi dan peningkatan kualitas pangan. Studi sebelumnya juga menyoroti potensi penggunaan medan magnet ELF dalam berbagai proses seperti perkecambahan, fermentasi, dan pertumbuhan bakteri, dengan dampak pada tingkat pH, konduktivitas listrik, tekstur, dan kualitas produk. Aplikasi medan magnet ELF telah dieksplorasi dalam bidang pertanian, pengolahan pangan, dan penghambatan bakteri. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme efek ELF-EMF pada bakteri dan mengoptimalkan penerapannya dalam konteks industri.</span></p> <p> </p>2024-06-26T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Atika Yulandari, Sudarti Sudarti, Yushardi Yushardihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4180ANALISIS KONSEP FLUIDA PADA PROSES PENYEMPROTAN PESTISIDA OLEH PETANI2024-05-29T10:50:08+07:00Mufidatus Solehahmufidatuss268@gmai.comDjurmiya Putri Ratu Ardiyadjurmia77@gmail.comBerlian Marsha Malihahberlianmarsha33@gmail.comSudarti Sudartisudartifkip@unej.ac.idFirdha Kusuma Ayu Anggraenifirdhakusuma@unej.ac.id<p>Alat penyemprot pestisida merupakan salah satu dari penerapan atau aplikasi dari “Hukum Bernoulli, Hukum Pascal dan Hukum Archimedes”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep fluida pada alat penyemprot pestisida dengan menggunakan metode penelitian literasi review artikel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam artikel yang berasal dari jurnal-jurnal internasional maupun nasional. Dengan rentang tahun mulai dari 2020 sampai dengan tahun 2024 dengan jumlah artikel 20 sampai dengan 30, baik itu jurnal nasional maupun jurnal internasional. Dapat disimpulkan bahwa alat penyemprot pestisida menerapkan hukum Bernoulli Hukum Pasca dan juga Hukum Archimedes, sebagai penggunaan pestisida dalam pertanian meski efektif juga seringkali menimbulkan dampak negatif seperti pencemaran dan resistensi hama. Pada pompa untuk penyemprotan pestisida ini juga bisa diartikan dalam prinsip fluidanya yaitu memindahkan zat cair dari tempat yang bertekanan rendah ke permukaan yang tinggi melalui suatu medium dengan menyuplai energi pada zat cair yang bergerak tersebut dan mengubah energi mekanik menjadi energi kinetik.</p>2024-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Mufidatus Solehah, Djurmiya Putri Ratu Ardiya, Berlian Marsha Malihah, Sudarti Sudarti, Firdha Kusuma Ayu Anggraenihttps://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/4189MUATAN KEARIFAN LOKAL DALAM TEKS LAGU DAERAH DAN PETUAH SEBAGAI RUJUKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH (KAJIAN KEARIFAN LOKAL ETNIS MANGGARAI)2024-05-31T18:21:45+07:00Maria Waldetrudis Lidiedellidiuniflor10@gmail.comAngelina Jeghocjegho@gmail.comReiner Valerio Baharu rinervaleriobaharu@gmail.comNoviana Deam Fatimanovianadeamfatima@gmail.comYustika Elfiani Ndangwiwindelfiani@gmail.com<p>Penelitian ini berfokus pada kajian pendidikan karakter yang berkaitan dengan pembelajaran biologi. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji satu teks lagu dan empat petuah yang berasal dari etnis manggarai sebagai rujukan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan kajian literature. Analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis deskriptif dapat dikatakan bahwa empat Petuah/peribahasa (<em>Go’et</em>) tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi yakni <em>Paka Saung Bembang Nger’eta Wake Caler Nger’wa</em> pada materi struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya pada kelas 8, materi sistem perkembangbiakan pada tumbuhan kelas 9 dan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya pada tumbuhan kelas 11. <em>Cimang Neho Rimang Cama Rimang Rana, Kimpur Neho Kiwung Cama Kiwung Lopo</em> pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas 7, <em>Eme Wakak Betong Asa, Wanga Waken Nipu Tae</em> pada materi perkembangbiakan vegetatif tumbuhan pada kelas 6 dan <em>Neka nanang leda le reca (cera), olong sisip lau mai rii</em> pada materi komponen ekosistem, interaksi antara komponen serta perubahan lingkungan pada kelas 10. Lagu <em>Senget runi ngkiong </em>juga berpotensi menjadi rujukan pendidikan karakter peduli lingkungan pada materi pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup, interaksi antar komponen penyusun suatu ekosistem dan pengaruh manusia pada ekosistem kelas 7 dan materi upaya pelestarian keanekaragaman hayati dan interaksi makhluk hidup dalam ekosistem, komponen ekosistem dan macam-macam bentuk interaksi antara komponen ekosistem, dan siklus biogeokimia pada kelas 10.</p>2024-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Maria Waldetrudis Lidi, Angelina Jegho, Reiner Valerio Baharu , Noviana Deam Fatima, Yustika Elfiani Ndang