Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan, dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Belanja Online
DOI:
https://doi.org/10.37478/sjmb.v4i2.5539Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh orientasi belanja, kepercayaan, dan pengalaman pembelian sebelumnya terhadap minat beli belanja online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Flores Ende. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). orientasi belanja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli belanja online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Flores Ende dengan nilai thitung sebesar 2,888 > ttabel 1,66071 dan tingkat signifikansi 0,005 < 0,05; 2) Kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli belanja online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Flores Ende dengan nilai thitung sebesar 3,806 > ttabel 1,66071 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 3) Pengalaman pembelian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli belanja online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Flores Ende dengan nilai thitung sebesar 3,083 > ttabel 1,66071 dengan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05; 4) Presentasi sumbangan pengaruh variabel independen diantaranya variabel orientasi belanja, kepercayaan, dan pengalaman pembelian secara simultan terhadap variabel minat beli belanja online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Flores Ende sebesar 47,6 % dan sisanya sebesar 52,4 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan
dalam model penelitian.