Transformasi Cerita Rakyat Asal Mula Kampung Dhoki Ke Dalam Naskah Drama

Authors

  • Maria Larasati Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores

Abstract

Penelitan dengan judul Transformasi Cerita Rakyat Asal Mula Kampung Dhoki ke dalam naskah drama ini membahas tahap-tahap menulis naskah drama dari cerita rakyat yang belum dibukukan (lisan) menjadi sebuah naskah drama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah transformasi cerita rakyat Asal Mula Kampung Dhoki ke dalam naskah drama? Tujuan dari penelitan ini untuk  mendeskripsikan transformasi cerita rakyat Asal Mula Kampung Dhoki menjadi naskah drama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam dan teknik mencatat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Menulis Naskah Drama. Hasil penelitian ini mendeskripsikan dari 6 peristiwa yang terdapat dalam cerita rakyat Asal Mula Kampung Dhoki dapat ditransformasikan ke dalam bentuk naskah drama menjadi 6 adegan dan 125 dialog berbahasa Indonesia dengan mengikuti langakah-langkah: (1) memilih atau menentukan cerita rakyat (2) melakukan terjemahan glos (3) menarasikan cerita rakyat atau terjemahan bebas (4) membuat siklus karakter tokoh pada naskah drama (5) menentukan alur dalam naskah drama, sekaligus menentukan konflik yang terdapat dalam cerita rakyat (6) mentransformasikan cerita rakyat menjadi naskah drama.

Keywords:

cerita rakyat, drama, transformasi

References

Dewojati, Cahyaningrum. 2012. Drama Sejarah, Teori dan Penerapanya.Yogyakarta: Javakarsa Media.
Mujtaba, Sahlan dan DianHartati. 2019. Transformasi Cerita Rakyat Jamarun ke Pertunjukan “Cahaya Memintas Malam/The Light Within A Night”. Jurnal Salaka. Vol. 1 No.1 Tahun 2019.
(https://journal.unpak.ac.id/index.php/salaka/article/dwonload/1144/987) diakses tanggal 24 Juni 2020.
Pellandou, Mezra. 2013. Jangan Takut Menulis Naskah Drama dari Cerita Rakyat, Cerpen, Nukilan, Romah dan Novel. Kupang-NTT: Inara.
Sari, dkk. 2019. “Transformasi Mite “Misteri Gang Keramat” Menjadi Naskah Drama sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal BASA TAKA Universitas Balikpapan. Vol.2 No 1 Juni 2019. (https://media.neliti.com/media/publications/286733-transformasi-mite-gang-keramat-m-5770928a.pdf) diakses tanggal 24 juni 2020.

Downloads

Published

2020-07-08

Issue

Section

Articles