Etika Publikasi

Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia mengacu pada Committee on Publication Ethics (COPE). Rincian pedoman dan standar internasional dapat ditemukan di situs COPE.

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, reviewer, dan penulis . Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia bertanggungjawab menerbitkan naskah  yang setelah melalui proses editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan kaidah penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Penerbit  Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia bertanggung jawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan Mitra Bestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit  Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor  Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia bertanggung jawab dalam memutuskan naskah  yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, tim editor  Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berasaskan pada asas kesamaan perlakuan dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasi naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  3. Editor dan tim editorial  Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau naskah  yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh penelitian editor Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggung Jawab Reviewer

  1. Reviewer Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/naskah  yang masuk
  2. Reviewer  Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia bertanggungjawab terhadap rekomendasi naskah yang ditelaahnya.
  3. Reviewer Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melakukan penelaahan  naskah secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  4. Reviewer Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme atas naskah  yang ditelaahnya.
  5. Reviewer Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya untuk keuntungan/kepentingan pribadi.

 Tanggung Jawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan naskah  hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah  yang telah ditulis.
  3. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  4. Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak melakukan double submit ke Jurnal lain saat proses di  Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia masih berlangsung.
  6. Penulis tidak berkeberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah subtansi atau ide pokok dari tulisan.