Peran Cerita Rakyat Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indoneisa Di Kabupaten Ende

Authors

  • Rosa D. Bunga Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores
  • Maria M. Rini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores
  • Maria F. Serlin Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cerita rakyat yang terdapat di Kabupaten Ende dan perannya sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian berpendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena (1) data penelitian ini merupakan data kualitatif, yakni data verbal berupa cerita rakyat daerah Kabupaten Ende yang dikodifikasi, diseleksi, diklasifikasi dan dianalisis peneliti sebagai human instrumen, (2) dilakukan pada  konteks nyata berupa teks-teks cerita rakyat yang dapat dipahami secara utuh  dalam konteksnya, (3) teknik pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri, (4) analisis data dilakukan dengan menguraikan secara terperinci tentang peran cerita rakyat sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di Kabupaten Ende. Penelitian ini bersifat deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat memiliki peran sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia berupa pendeskripsian nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat. Nilai-nilai dalam cerita rakyat kabupaten Ende terdiri atas nilai sosial, nilai religius, nilai moral, nilai budaya,  dan nilai pendidikan. Siswa dapat memetik nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita untuk damalkan dalam kehidupan sehari-hari .

Keywords:

cerita rakyat, media pembelajaran

References

Aisah, Susianti. “Nilai-nilai Sosial yang Terkandung dalam Cerita Rakyat Ence Sulaiman Pada Masyarakat Tomia” Humanika, Vol. 3, No. 15, Desember 2015.
Astika, I Made. & Yasa, I Nyoman. 2014. Sastra Lisan teori dan Penerapan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Debdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Debdikbud.
Damono, Sapardi Djoko. 1977. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Debdikbud.
Danandjaja, James. 198. Folklor Indonesia. Jakarta: Pustaka Grafitipers.
Mashita, Mutia. Erizal Gani & Bakhtaruddin Nst. “Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol.1, No. 2 Maret 2013.
Salfia, Nining. “Nilai Moral dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirganoro”. Humanika, Vol. 3, No. 15, Desember 2015
Sumiyadi. “Revitalisasi Novel Burak Siluman Karya Mohamad Ambri ke dalam Cerpen Burak Siluman Karya Ajip Rosidi ” Litera, Vol, 15, No. 2, Oktober 2016.
Sukmadinata, N. S. 2005. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakayra.
Suyitno, Imam. 2011. Karya Tulis Ilmiah (KTI): Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh. Bandung: Refika Aditama.
Taum, Yoseph Yapi. 2011. Studi Sastra Lisan. Yogyakarta: Lamalera
http://arifsastra.blogspot.co.id/2016/09/sastra-lisan-pengertian-jenis-jenis-dan.html (Akses 18 April 2017)
http://www.perpuskampus.com/2016/08/jenis-sastra-lisan.html (Akses tanggal 21 April 2017)

Downloads

Published

2020-07-08

Issue

Section

Articles