EFEKTIFITAS PROGRAM WEBINAR KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA STIE GANESHA

Authors

  • Aep Saefullah STIE Ganesha
  • Ika Agustina STIE Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program webinar kewirausahaan di lingkungan STIE Ganesha. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diolah dan dikumpulkan menggunakan interview wawancara, observasi lapangan dan literatur Pustaka. Objek penelitian terdiri dari 100 responden peserta webinar. Hasil penelitian menunjukan bahwa webinar kewirausahaan sangat efektif bagi para peserta untuk mengembangkan usaha. Manfaat webinar kewirausahaan yaitu : a) Menambah wawasan dan pengetahuan literasi kewirausahaan. b) Mengembangkan potensi diri (c) topik materi menarik inspiratif (d) Untuk mendapatkan sertifikat (e) Mendapatkan insight baru di dunia entrepreneur. (f) Meningkatkan keilmuan dan skill kewirausahaan (g) Stimulus memulai bisnis baru. (h) Menjadi motivasi kehidupan mahasiswa di masa depan (i) Ajang silaturahmi dan sharing pendapat tentang ide bisinis (j) Motivasi hidup dan lebih sigap menghadapi era VUCA. Kendala yang dialami peserta webinar antara lain (a) Sinyal atau jaringan tidak stabil (b) Kegiatan sering bentrok di hari kerja (c) Kurang materi ice breaking saat jeda pergantian materi (d) Tampilan slide lebih menarik dan kurangnya interaksi dengan peserta (e) perangkat zoom dan speaker yang kurang keras (f) absensi susah untuk login masuk (g) Waktu ttidak sesuai jadwal (h) petugas host kurang lancar dalam memandu acara.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Efektifitas, Webinar Kewirausahaan, Mahasiswa STIE Ganesha

References

Tactics That Take Webinars From Good to Great, According to HubSpot Marketers. (2022). Https://Blog.Hubspot.Com. https://blog.hubspot.com/marketing/webinar-planning-list

Alma, B. (2019). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum (24th ed.). Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Dewi, N., Pramanik, Sulistiyono, D., Adji, W. Z., & Korbaffo, Y. A. (2021). Pemanfaatan Webinar Gratis Untuk Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa Politeknik Piksi Ganesha. PADMA, 1(2), 108–122. https://doi.org/10.56689/PADMA.V1I2.408

Effendy, F., Awalludin, D., Hurriyati, R., Disman, D., Sultan, M. A., Nugraha, S., & Suhono, S. (2021). Dampak Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Wirausaha Mahasiswa dengan Pendekatan Model TPB. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(3), 195–202. https://doi.org/10.35899/biej.v3i3.316

Ernawatiningsih, N. P. L. (2019). Analisis Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 34. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2157

Farida, E., Djatmika, E. T., Siswoyo, B. B., & Witjaksono, M. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek Untuk Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 1(1), 8. https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.461

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik (Suryani (Ed.); 1st ed.). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=AqSAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=metode+penelitian+kualitatif&ots=m10ouo6RrQ&sig=SET9mX9u-7rA0RXpHxSQ4GDIL0E&redir_esc=y#v=onepage&q=metode penelitian kualitatif&f=false

Hills, G. E., & Morris, M. H. (2018). Entrepreneurship education: a conceptual model and review. In Educating Entrepreneurs for Wealth Creation (pp. 38–53). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429458156-4

Hongdiyanto, C. (2021). The Analysis of Entrepreneurship Course Towards Entrepreneurship Intention of The Students. Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 1–17. https://doi.org/10.24123/jmb.v20i1.467

ndonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru untuk Menjadi Negara Maju. (2018). https://kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-Butuh-4-Juta-Wirausaha-Baru-untuk-Menjadi-

Khoiron, A. M. (2021). Strategi Pengembangan Wirausaha Mandiri Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 125. https://doi.org/10.26740/ja.v6n2.p125-134

Linton, G., & Klinton, M. (2019). University entrepreneurship education: a design thinking approach to learning. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 8(1), 3. https://doi.org/10.1186/s13731-018-0098-z

Maher, L., & Dertadian, G. (2017). Qualitative research. Addiction, 113(1), 167–172. https://doi.org/10.1111/add.13931

Neck, H. M., & Corbett, A. C. (2018). The Scholarship of Teaching and Learning Entrepreneurship. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 1(1), 8–41. https://doi.org/10.1177/2515127417737286

Program Kerja Ganesha Laboratorium Entrepreneur STIE Ganesha. (2022).

SK Ganesha LabPreneur STIE Ganesha. (2022).

Sugita, S., & Ansori, A. (2018). Upaya Dosen Kewirausahaan Sebagai Faktor Determinatif Dalam Menumbuhkan Motivasi Wirausaha Mahasiswa Ikip Siliwangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 127. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.1017

Suwena, K. R. (2016). Pentingnya Penilaian Potensi Diri Wirausaha Sebagai Pondasi Untuk Mensukseskan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6385

Thousani, H. F., Muarief, R., Program, P., Administrasi, S., Politeknik, B., & Madiun, N. (2021). Edukasi Hybrid Entrepreneurship Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Madiun Untuk Menambah Wawasan Kewirausahaan. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.29303/ABDIMASSANGKABIRA.V2I1.61

Urfillah, U., & Muflikhati, I. (2017). Motivasi Berwirausaha, Manajemen Waktu, Manajemen Keuangan, dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(1), 71–82. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.1.71

Visi Misi STIE Ganesha. (2022). https://stieganesha.ac.id/home/visiMisi

Webinar: Apa Itu, Manfaat, Tipe-Tipe, dan Aspek Pentingnya. (2022). Https://Glints.Com. https://glints.com/id/lowongan/webinar-adalah/

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283. https://doi.org/10.30596/MANEGGIO.V2I2.3774

Yuliana, Firmansyah, F., Amrina, D. E., & Pratita, D. (2022). Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Webinar Dan Coaching Program Mahasiswa Wirausaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4631–4641. https://doi.org/10.31764/JMM.V6I6.11013

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Saefullah, A., & Agustina, I. (2023). EFEKTIFITAS PROGRAM WEBINAR KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA STIE GANESHA . ANALISIS, 13(1), 78-91. https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2520