ISSN
ABOUT OPTIKA
AUTHOR DECLARATION FORM
INFORMATION FOR AUTHOR
Editorial Policies
Fokus dan Ruang Lingkup
OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode pembelajaran, penerapan metode pembelajaran, dan beberapa aplikasi fisika.
OPTIKA menerbitkan artikel penelitian yang komprehensif dan mengundang ulasan dari pakar terkemuka di bidangnya. Makalah akan dipilih yang pantas dan memiliki ulasan ilmiah, memberikan pengetahuan baru yang penting, dan sangat diminati komunitas fisika dan pendidikan fisika.
Kebijakan Bagian
Articles
Naskah Terbuka |
Diindeks |
Telah di-Peer review |
Proses Peer Review
Doeble Blind review
Artikel yang dikirim ke OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika akan melewati dua tahap tinjauan, yaitu pra-review dan substansi review. Artikel pre-review dilakukan oleh editor untuk melihat kesesuaian artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal serta gaya penulisan. Durasi pra-peninjauan adalah antara 1-2 minggu. Setidaknya dua pengulas melakukan peninjauan substansi dalam satu cara. Durasi ulasan adalah antara 4-5 minggu. Jika diinginkan, peninjau dapat meminta ulasan setelah penulis merevisi artikel.
Keputusan untuk publikasi, perbaikan atau penolakan didasarkan pada laporan atau rekomendasi reviewer. Ada empat jenis keputusan editor berdasarkan rekomendasi reviewer, yaitu:
Artikel Terima : Kiriman akan diterima tanpa revisi.
Diperlukan Revisi: Pengajuan akan diterima setelah perubahan kecil telah dibuat. Artikel yang dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Artikel yang direvisi dikembalikan lebih dari 20 hari akan dianggap sebagai pengiriman baru. Artikel yang direvisi dapat dikirim ke editorial melalui akun pada OJS atau email official OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika.
Kirim kembali untuk di review kembali: Pengajuan harus dikerjakan ulang, tetapi dengan perubahan signifikan,setelah itu dilakukan review putaran kedua.
Ditolak : Pengajuan tidak akan dipublikasikan dalam jurnal.
Artikel yang diterbitkan dalam OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika ditinjau sebelumnya oleh satu reviewer sebelum publikasi. Keputusan untuk menerima artikel yang akan diterbitkan dalam wewenang editor in chief berdasarkan rekomendasi dari reviewer. Artikel yang telah dinyatakan diterima dan telah tata letak akan diterbitkan dalam nomor In Progress di nomor berikutnya sebelum nomor reguler diterbitkan sesuai dengan jadwal sehingga dapat diindeks dan segera dicoba.
Silimarity Check
Naskah yang dikirim pertama kali ditinjau oleh editor. Ini akan dievaluasi apakah itu cocok untuk fokus dan ruang lingkup OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika dan skor kesamaan dengan menggunakan Turnitin di bawah 30%.
Frekuensi Penerbitan
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika terbit secara online 2 (dua) kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Kebijakan Akses Terbuka
Jurnal ini menyediakan akses tebuka (open acces) untuk siapa saja dapat melihat langsung konten yang tersedia secara langsung ke kontennya,dengan prinsip bahwa peneliti/penulis bersedia dan untuk dapat diakses oleh publik sebagai upaya mendukung pertukaran pengetahuan secara global.
Pengarsipan
This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration.
Publication Ethics
OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode pembelajaran, penerapan metode pembelajaran, dan beberapa aplikasi fisika.
Etika Editor
Etika Reviewer
Etika Penulis
Etika Pengelola Jurnal
ISSN
ABOUT OPTIKA
AUTHOR DECLARATION FORM
INFORMATION FOR AUTHOR