Editorial Policies

Editorial Policies

  • Fokus dan Ruang Lingkup
  • Kebijakan Bagian
  • Proses Peer Review
  • Frekuensi Penerbitan
  • Kebijakan Akses Terbuka
  • Pengarsipan
  • Publication Ethics

Fokus dan Ruang Lingkup

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode pembelajaran, penerapan metode pembelajaran, dan beberapa aplikasi fisika.

OPTIKA menerbitkan artikel penelitian yang komprehensif dan mengundang ulasan dari pakar terkemuka di bidangnya. Makalah akan dipilih yang pantas dan memiliki ulasan ilmiah, memberikan pengetahuan baru yang penting, dan sangat diminati komunitas fisika dan pendidikan fisika.

Kebijakan Bagian

Articles

 Naskah Terbuka

 Diindeks

 Telah di-Peer review

Proses Peer Review

Doeble Blind review

Artikel yang dikirim ke OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika akan melewati dua tahap tinjauan, yaitu pra-review dan substansi review. Artikel pre-review dilakukan oleh editor untuk melihat kesesuaian artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal serta gaya penulisan. Durasi pra-peninjauan adalah antara 1-2 minggu. Setidaknya dua pengulas melakukan peninjauan substansi dalam satu cara. Durasi ulasan adalah antara 4-5 minggu. Jika diinginkan, peninjau dapat meminta ulasan setelah penulis merevisi artikel.

Keputusan untuk publikasi, perbaikan  atau penolakan didasarkan pada laporan atau rekomendasi reviewer. Ada empat jenis keputusan editor berdasarkan rekomendasi reviewer, yaitu:

Artikel  Terima : Kiriman akan diterima tanpa revisi.

Diperlukan Revisi: Pengajuan akan diterima setelah perubahan kecil telah dibuat. Artikel yang dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Artikel yang direvisi dikembalikan lebih dari 20 hari akan dianggap sebagai pengiriman baru. Artikel yang direvisi dapat dikirim ke editorial melalui akun pada OJS atau email official OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika.

Kirim kembali untuk di review kembali: Pengajuan harus dikerjakan ulang, tetapi dengan perubahan signifikan,setelah itu dilakukan  review  putaran kedua.


Ditolak : Pengajuan tidak akan dipublikasikan dalam jurnal.

Artikel yang diterbitkan dalam OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika ditinjau sebelumnya oleh dua reviewer  sebelum publikasi. Keputusan untuk menerima artikel yang akan diterbitkan dalam wewenang editor in chief berdasarkan rekomendasi dari reviewer. Artikel yang telah dinyatakan diterima dan telah tata letak akan diterbitkan dalam nomor In Progress di nomor berikutnya sebelum nomor reguler diterbitkan sesuai dengan jadwal sehingga dapat diindeks dan segera dicoba.

Silimarity Check 

Naskah yang dikirim pertama kali ditinjau oleh editor. Ini akan dievaluasi  apakah itu cocok untuk fokus dan ruang lingkup OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika dan skor kesamaan dengan menggunakan Turnitin di bawah 25%.

Frekuensi Penerbitan

OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika terbit secara online 2 (dua) kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses tebuka untuk siapa saja dapat melihat langsung konten yang tersedia secara langsung ke kontennya,dengan prinsip bahwa peneliti/penulis bersedia dan untuk dapat diakses oleh  publik sebagai upaya mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Pengarsipan

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration.

Publication Ethics

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode pembelajaran, penerapan metode pembelajaran, dan beberapa aplikasi fisika.

Etika Editor

  1. Naskah yang masuk menjadi tanggung jawab Editor untuk menelaah secara menyeluruh, transparan, objektif dan adil. Editor juga memiliki kewenangan untuk memutuskan layak atau tidak suatu naskah untuk dipublikasikan, dengan tetap melalui rapat dewan redaksi. Kebijakan dewan editorial dan berbagai ketentuan hukum yang berlaku mengenai hak cipta, nama baik dan plagiarisme bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
  2. Editor bertanggung jawab dalam memberi informasi terkait ketentuan dan panduan penulisan secara jelas dan mudah untuk diakses oleh calon penulis.
  3. Editor juga harus memastikan bahwa seluruh naskah yang direview dapat direview oleh reviewer dan segala ketentuan tesebut dapat dibaca dengan jelas.
  4. Editor harus objektif, netral, dan jujur dalam mengedit naskah, tanpa membedakan jenis kelamin, sisi bisnis, suku, agama, ras, antar-golongan, dan kewarganegaraan penulis.
  5. Editor dan tim editorial berkewajiban menjaga kerahasiaan penulis dan dilarangmengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  6. Naskah yang masuk menjadi tanggung jawab editor dan tim editorial serta tidak akan disalahgunakan, baik seluruhnya maupun sebagian untuk kepentingan pribadi. Naskah yang tidak dipublikasikan akan dikembalikan kepada penulisnya.

Etika Reviewer

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap review yang dilakukan dengan memberikan berbagai pertimbangan serta rekomendasi yang jelas, terukur dan komprehensif. Reviewer harus merespon naskah dalam waktu yang sudah ditentukan (4 minggu).
  2. Reviewer harus jujur, objektif, tidak bias, independen, dan hanya berpihak pada kebenaran ilmiah. Proses penelaahan naskah dilakukan secara profesional tanpa membedakan jenis kelamin, sisi bisnis, suku, agama, ras, antar-golongan, dan kewarganegaraan penulis
  3. reviewer harus memastikan bahwa sumber referensi dan kutipan naskah telah sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Reviewer diharuskan selalu menjaga kerahasiaan informasi terkait naskah dan penulis untuk keuntungan pribadi.

Etika Penulis

  1. Penulis bertanggung jawab terhadap naskah yang dikirim dan menyatakan bahwa naskah dikirim adalah naskah yang benar sebagai hasil penelitiannya sendiri atau pemikirannya, orisinil sebagai karya sendiri dan tidak memanipulasi data, jujur dan bebas plagiarisme.
  2. penulis harus menginformasikan bahwa naskah yang dikirim/diserahkan ke redaksi adalah naskah yang belum pernah dikirimkan/diserahkan ke penerbit jurnal/publikasi lain. Apabila ditemukan adanya “redudansi” pengiriman naskah ke penerbit lain, maka redaksi akan menolak naskah yang dikirimkan penulis..
  3. Penulis harus menunjukkan kutipan dan rujukan yang diperoleh dari karya orang lain dan dilarang merubahnya atau mengalihnamakan sumber tersebut.
  4. Penulis tidak akan berkeberatan jika naskah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.
  5. penulis harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga naskah dapat diproses secara lancar dan aman.

 Etika Pengelola Jurnal

  1. Pengelola jurnal bertanggungjawab menerbitkan artikel yang setelah melalui proses editing, peer review, layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Pengelola jurnal bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Pengelola jurnal bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.