PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KREATIVITAS SAINS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ILEBURA LEWOTOBI

Authors

  • Aloisius Harso Universitas Flores
  • Karolus K. Kwure Universitas Flores
  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.415

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis peningkatan kreativitas Sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPS Ilebura Lewotobi yang berjumlah 20 orang dan sampel yang diambil sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengambilan sampel tersebut menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel penelitian tersebut adalah berupa nilai kreativitas sains pada pokok bahasan tekanan. Uji statistik yang digunakan adalah uji t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas Sains siswa setelah menggunakan model pembelajaran generatif (thitung= 2,577, p > 0,05) Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran generatif mampu meningkatkan Kreativitas  sains siswa di SMP

Keywords:

Kreativitas Sains, Model Pembelajaran Generatif

References

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics).

Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P., & Osman, K. (2012). Creativity in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.302

Grabowski, B. L. (1991). Generative learning contributions to the design of instruction and learning. In Handbook of Research on Educational Communications and Technology.

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.155

Hu, W., & Adey, P. (2002). A scientific creativity test for secondary school students. International Journal of Science Education. https://doi.org/10.1080/09500690110098912

Irwandani, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Lau, J. Y. F. (2011). An Introduction to Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. In An Introduction to Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. https://doi.org/10.1002/9781118033449

Lee, M. K., & Erdogan, I. (2007). The effect of Science-Technology-Society teaching on students’ attitudes toward Science and certain aspects of creativity. International Journal of Science Education. https://doi.org/10.1080/09500690600972974

Miranda, D. (2018). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Mukhopadhyay, D. R. (2013). Measurement of Creativity in Physics - A Brief Review on Related Tools. IOSR Journal of Humanities and Social Science. https://doi.org/10.9790/0837-0654550

Osborne, R., & Wittrock, M. (1985). The generative learning model and its implications for science education. Studies in Science Education. https://doi.org/10.1080/03057268508559923

Regan, Bob. (2008). Why We Need to Teach 21st Century Skills--And How To Do It. MultiMedia & Internet @ Schools.

Renshaw, S. (2011). Creative thinking and geographical investigation. Teaching Geography.

Sugilar, H. (2013). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.32

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Sulistiawati, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2495

Tias, I. W. U. (2017). PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060

Zulkarnain, I., & Amalia Sari, N. (2016). Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.619

Downloads

Published

2020-06-18

How to Cite

Harso, A., Kwure, K. K., & Ika, Y. E. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KREATIVITAS SAINS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ILEBURA LEWOTOBI . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 38-45. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.415

Issue

Section

Articles