PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA SEMESTER 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES

Authors

  • Maimunah Haji Daud Universitas Flores
  • Melkyanus Bili Umbu Kaleka Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan fisika materi sistem organ pada mata kuliah biologi umum dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture.  Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan one group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai November 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di program studi pendidikan fisika universitas flores, sedangkan sampel penelitian mahasiswa semester satu tahun akademik 2024/2025 yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data untuk hasil belajar menggunakan rumus statistik sederhana. Besarnya peningkatan atau gain score hasil belajar dianalisis dengan rumus Hake. Hasil penelitian  menunjukan penerapan model pembelajaran picture and picture mampu meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model picture and picture termasuk katergori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi sistem organ.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Model Pembelajaran, Picture dan Picture, Hasil Belajar

References

Ajeng Arini, D., Gianistika, C., & Siti Ropiah, N. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Pada Mata Pelajaran Ips Materi Peninggalan Sejarah Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 110–124. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.281

BIRU S, S. LA. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar Biologi Siswa Materi Sistem Ekskresi Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 2 Buru. 3(1).

Djafar, M. (n.d.). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Parepare (Efforts to Improve Student Biology Learning Results Through The Application of Cooperative Learning Models of Picture and Picture Type in Class XI IPA 2 SMA Negeri 1 Parepare).

Fauzi, R., Dwiastuti, S., & Harlita. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas Viii D Smp Negeri 14 Surakarta. Pendidikan Biologi, 3(3), 72–78. https://eprints.uns.ac.id/13592/1/1455-3225-1-SM.pdf

Febiani Musyadad, V. (2022). Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Tahsinia, 3(2), 147–155. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.333

Gaffar A.A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pembelaaran IPA. Bio Educatio, 3.

Kuraedah, S., Saliadin, L., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Kendari, I. (2016). Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B Di Min Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1).

Mirdad J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Indonesia Jurnal Sakinah, 2.

Nurul ’azizah, A., & Wardani, N. S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. 2(1), 194–204.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

S, M., Raida, S. A., & Putra, S. H. J. (2021). Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Invertebrata. Journal Of Biology Education, 4(1), 72. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i1.9796

Sinaga Y.T.C, & Sihombing L.N, P. E. (2022). Penaruh Model Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain pada Kelas II SD Negeri 091316 Pematang Raya (Vol. 4).

Sri, Wahyuningsih. (2022). Penerapan Model Picture and Picture Dalam Pembelajaran Animalia. (H. M. & Miskadi, Ed.) (1 ed.). Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sulistio, A., Pd, M. I., & Haryanti, N. (n.d.). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model) Penerbit Cv.Eureka Media Aksara.

Susilawati, W. O., Asmara, D. N., & Imani, R. (2022). Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. 5.

Tarigan, H. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas XI SMK PP Negeri Saree. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.7033346

Waldetrudis Lidi, M., Daud, M. H., (2019.). Penggunaan Media Animasi Pada Mata Kuliah Biologi Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Materi Genetika

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Daud, M. H., & Kaleka, M. B. U. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA SEMESTER 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 403-410. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4355