AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES PADA MASA PANDEMIK CORONA VIRUS DISEASE 19

Authors

  • Maria Elfrida Deno UNIVERSITAS FLORES
  • Melkyanus Bili Umbu Kaleka Universitas Flores
  • Aloisius Harso Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan aktivitas perkulihan mahasiswa selama diberlakukan perkuliahan secara online (2) Mendeskripsikan kasulitan yang dihadapi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan secara online,(3) upaya yang dilakukan Program Studi dalam mengatasi kesulitan/kendal mahasiswa mengikuti perkuliahan secara online. Metode penelitian yang dipakai menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumppulan data menggunakaan teknik wawancara terbuka terhadap ketua program studi dan 7 orang dosen pengasuh matakuliah serta  penyebaran angket melalui via WhatsApp terhadap 25 orang mahasiswa semester 6 program studi pendiikan fisika. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukan(1) Aktivitas belajar daring mahasiswa pada masa pandemik Covid-19 berjalan“cukup baik” dengan mamanfaatkan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Google Classroom, Youtube, dan WhatsApp, (2) kesulitan yang menghambat aktivitas belajar seperti ketersediaan kuota internet tidak memadai, data cepat habis dan jaringan internet hilang muncul. (3) Kemudian masalah tersebut dapat diatasi oleh program studi, dosen maupun mahasiswa itu sendiri. Misalnya penyediaan data internet dari universitas, mengurangi penggunaan aplikasi yang penggunaan datanya terlalu besar, pemberian tugas secara mendiri

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Aktivitas, Belajar, Mahasiswa, Covid 19

References

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Eryadini, N., Nafisah, D., Sidi, A., & Buana-lamongan, U. P. A. (2020). Psikologi Belajar Dalam Penerapan Distance Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat.

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020.

Isnayni, M.Y & Wildan, H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring terhadap Mahasiswa Tadris Biologi dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia. Jurnal Pendidikan Biologi.

Kaleka, M. B. U., Ika, Y. E., & Deno, M. E. (2020). Stusi Kasus Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 159–164. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/6022

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI.

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (2012). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. In Universitas Indonesia_UI Press.

Nina Nurmila, Maslani, Tarsono, L. S. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring di UIN SGD Bandung dalam Upaya Menghentikan Penyebaran Virus Corona. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.

Soni, Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., Wenando, F. A., Amien, J. Al, Fuad, E., Unik, M., Mukhtar, H., & Hasanuddin. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Kuantitatif & kualitatif, Journal of Experimental Psychology: General (2010).

Waryanto, N. H. (2006). Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.

Downloads

Published

2020-11-21 — Updated on 2020-11-21

How to Cite

Deno, M. E., Kaleka, M. B. U., & Harso, A. (2020). AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES PADA MASA PANDEMIK CORONA VIRUS DISEASE 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-116. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702

Issue

Section

Articles