Peran Manajemen Pendidikan Dalam Membina Kompetensi Sosial Tenaga Kependidikan di Kabupaten Ende

Authors

  • Damianus Tola
  • Djou Sewa Adrianus Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.37478/jpe.v7i2.2198

Abstract

Satisfaction of services provided to students, to improve the quality of learning, the role of the principal is very decisive. The principal's creativity and strategy is to apply all the ideas or ideas of teachers that have been obtained from the results of the teacher's meeting to make a real work to be able to master the competencies and abilities of educators as part of communicating and interacting effectively with students and fellow education staff, parents and guardians, the community. around it becomes an agent of social change. Leaders are responsible and accountable for certain jobs successfully, and evaluate how well, teachers and education personnel carry out the tasks that must be completed, if they find tasks that have not been completed within the specified time it is a failure and this is a direct reflection of success. or failure of school leaders

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

management, competence, personnel, education

References

Ananda, Rusydi, 2018. Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPPI

Arsyad, Azhar, 2015. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asrohah, Hanun 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Surabaya: Kencana

Badan Pusat statistik Kabupaten Ende tahun 2021 https://endekab.bps.go.id/ di unda pada tanggal 17 Februari 2022

Hadis Abul dan B. Nurhayati 2014. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Imron, Ali 2013, Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Janawi, 2019. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesinal. Bandung: Alfabeta

Kadarman, A.M 1994. Pengantar Ilmu Manajemen Buku panduan Mahasiswa. Jakarta Gramedia Pustaka Utama.

Mariani, Arita 2016. Manajemen Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakrta: Ombak

Musfah Jejen, 2018. Manajemen Pendidikan: Aplikasi Strategi dan Inovasi. Surabaya: Prenada Media.

Munandi Muhammad 2020. Manajemen Pendidikan Tinggi di Era Revolusi 4.0. Jakarta: Kencana

Moch Idochi Anwar 2017. Kepemimpinan Dalam Preses Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa

Latif,Mukhtar dan Latief Suryawahyuni. 2018. Teori Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana

Liliweri, Alo 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara

Purba,Sukarman dkk 2021. Toeri Manajemen Pendidikan. Sumatra Utara: Yayasan Kita

Pidarta, Made 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Pemerintah atas perubahan Nomor 38 tahun 1992 ke No 39 tahun 2000 tentang Tenaga Kependidikan: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/53249/pp-no-39-tahun-2000 di unduh pada tangal 9 Januari 2022.

Ritonga Zuriani 2020 Manajemen Strategi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish Budi Utama

Rukajat, Ajat 2018. Manajemen Pembelajaran.Yogyakarta: Cv Budi Utama

Sagala Syaiful 2013. Kemapuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Saraini dkk 2014. Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial Guru dan Prestasi Belajar di Kabupaten Tanah Laut. Banjarmasin: Pustaka Banua.

Sembiri, M, Josua. 2020, Manajemen Modern dan Humanis Birokrasi Indonesia, Surabaya: Zifatma Jawara.

Suprihanto John. 2014 Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sulastri, Lilis 2012. Manajemen Sebuah Pengatar: Sejarah, Tokoh, Teori dan Praktik. Bandung La Goods Publishing.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen: http:/atur/UU14-2005 Guru Dosen.pdf di undah pada tanggal 8 Januari 2022.

Pendidikan di Ende https://nanafrans.wordpress.com/2014/03/11/pendidikan-di-ende/ di undo pada tanggal 12 Januari 2022

Sekolah di kabupaten Ende https://data.sekolah-kita.net/kabupaten-kota. Di undo pada tanggal 15 maret 2022

Zainun, Buchari, 2004 Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles