Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Materi Pasar Bagi Peserta Didik Kelas VII B SMP Negeri 2 Ende
DOI:
https://doi.org/10.37478/jpe.v7i2.2216Abstract
This study aims to determine the increase in student activity and learning outcomes during cooperative learning with the Number Heads Together type on the market material. Data was collected using observation sheets to determine student activity and end-of-cycle tests to determine learning outcomes. This research is a classroom action research (CAR) conducted in 2 cycles. The results showed that the average value of student learning outcomes in the first cycle was 67.50 and the second cycle was 82.19, an increase of 21.76%. Mastery of student learning in the first cycle of 56.25% and 87.50% in the second cycle increased by 55.56%. Student activity in learning. in the first cycle of 68.69 , classified as quite active, while in the second cycle of 78.34 and classified as active, increased by 14.05 %. From the research data, it can be concluded that the use of the NHT type cooperative learning model can improve learning outcomes in social studies subjects for class VII B students of SMP Negeri 2 Ende in the 2020/2021 academic year.
Downloads
Keywords:
learning outcomes, , cooperative learning type NHT, marketReferences
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdurrahman. 2000. Mengoptimalkan Kemampuan Siswa Kelas II SMUN 1 Pringgabaya Tentang Persamaan Eksponen dan Logaritma Dengan Menggunakan Diskusi kelompok Tahun Pelajaran 1999/2000. Skripsi tidak diterbitkan. NTB: FKIP UNRAM.
Anita Lie. 2007. Cooperative Learning : Jakarta. Grasindo
Ario Kartono. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas VIII MTs/SMP. Jakarta: Bumi Aksara.
Darnianna, D. (2019). Upaya perbaikan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) pada materi pokok komposisi fungsi dan fungsi invers di kelas X ms-7 SMA Negeri 1 Kabanjahe. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2).
Etin Solihatin dn Raharjo. 2007. Cooperative Learning (Analisis Model Pembelaran IPS). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hadiyanti, R. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).
Pietersz, F., & Saragih, H. (2010). Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap pencapaian matematika siswa di SMP Negeri 1 Cisarua. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (Vol. 1, No. 1, pp. 432-438).
Purwanti, W., Mayasari, D., & Munfarikhatin, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 70-79.
Indri, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMPN Boyolangu Tahun Pelajaran 2013-2014.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.
Kurniasi, Dian Wahyusar. 2009. Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together ( NHT ) Untuk Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Luyuk Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan KSDP Program S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Muftisyah, Anis. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sukalilo II Kecamatan Prigen Kebupaten Pasuruan, Malang.Universitas Malang
Nana Sudjana. 1992. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nugroho, D. A., Kristyanto, A., & Purnama, S. K. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Melempar dan Menangkap Bola melalui Media Visual pada Siswa SDLB-B (Tunarungu) SLB Negeri Sragen. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 6(1), 1-7.
Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Pemula. Bandung: Alfabeta
Rikayatima. 2007. Efektivitas Penggenaan Metode Kooperatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTS AL- Mujahidin NW Majidi Tahun Pelajaran 2006/2007
Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75-83.
Soedomo. (1979). Pendidikan Dan Pengembangan Masyarakat. IKIP Malang.
Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung. Tarsido.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61
Sukardi. 2004. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta PT Bumi Aksara.
Suharjono. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara,
Sulastini, Y. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Kayanya Negeriku di Kelas IV SD Negeri Drawati 02 Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Tarigan, R. M. R. B. (2019). Pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas v sd negeri kec. Tiga binanga tahun ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Zulhartati, S. (2011). Pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS. Guru Membangun, 26(2).
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Media Group
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maria Elisabeth Rei Bei
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.