PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rindiani Matussolikhah Universitas Negeri Surabaya
  • Brillian Rosy Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030

Abstract

Kendala dalam melakukan kegiatan pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Surabaya  yaitu siswa kesulitan memahami materi disampaikan karena belum mampu menentukan gaya belajar yang tepat dengan keadaan diri dan disiplin belajar siswa masih kurang. Peneliti berupaya untuk menemukan bukti apakah pengaruh disiplin belajar dan gaya belajar akan menunjukkan hubungan yang simultan terhadap hasil belajar, ketika kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran korespodensi kelas X jurusan OTKP di SMK Negeri 4 Surabaya merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian kuantitatif adalah metode yanag digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan populasi pada penelitian ini berjumlah 105 orang. Teknik simple random sampling merupakan teknik pengambilan data yang dipilih dalam melakukan penelitian ini, dengan total responden sebanyak 53 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan pengambilan dokumentasi. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan persamaan Y = 8.956 + 0,724X1 + 0,300X2. Kesimpulan ada pengaruh yang simultan positif antara disiplin belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Besar pengaruh bersama yang dihasilkan adalah 32.3%.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Learning Dicipline, Learning Style, Learning Result

References

Armayanti, N., & Harahap, E. S. (2019). PENGARUH GAYA BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern, 9(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/judika/article/view/17391

Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

DePorter, B. (2006). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa

Hafifah, H. (2013). Hubungan antara kematangan diri (self maturity) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa semester VI Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/1841

Jamilah, J., & Isnani, G, (2017). The Influence of Classroom Climate, Learning Interest, Learning Discipline and Learning Motivation to Learning Outcomes on Productive Subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen 3(2): 85–96. http://dx.doi.org/10.17977/um003v3i22017p085

Khairinal, K., Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 379-387. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.276

Lestari, S. R. W., & ROSY, B. (2019). Pengaruh Portfolio Assessment Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menganalisis Surat Dinas Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 7(4). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/31607

Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85-94.https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077

Malik, A., Nyoto, A., Arismunandar, A., Susetyo, B., Anjaya, C., Chodidjah, I., Marjuki, M., Maskuri, M., Nur, M.M., | Sayuti, M., Yusro, M., Surapranata, S., | Soetantyo, S.P., & Toharud, T. (2020). Pedoman Akreditasi Sekolah. 1st ed. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. https://bansm.kemdikbud.go.id/unduh/get/80

Moenir, A.(2010). Masalah - Masalah Dalam Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Google Scholar

Mulyasih, P. S., & Suryani, N. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 602-602. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13664

Munir, S., Emzir, E., & Rahmat, A. (2017). The Effect of Teaching Methods and Learning Styles on Students’ English Achievement (An Experimental Study at Junior High School 1 Pasangkayu). Journal of Education, Teaching and Learning, 2(2), 233-237. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i2.292

Permana, H. A., & Latifah, L. (2015). Pengaruh Self Regulated Learning Lingkungan Keluarga, Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Pl Tarcisius Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/8520

Rahmadi, R. T., Zulaihati, S., & Susanti, S. (2020). The Influence of Learning Discipline And Peer Environment on Learning Outcomes of Business Economy in Class X at One of SMK Negeri in Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, dan Akuntansi-JPEPA, 1(1), 12-24. http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/view/30

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020, September). Pembelajaran daring di sekolah menengah kejuruan putra indonesia malang pada masa pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (pp. 61-67).http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81

Safrianti, S. D. (2017) Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap hasil belajar Siswa Kelas X IPS Program Unggulan di MAN 1 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/9196

Saragih, D. K. (2017). Pengaruh Kemandirian, Gaya Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI 3 Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 29-41. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/711

Siahaan, C. D., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 279-285. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/22879

Sugiyono, S.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Google Scholar

Sulistiyarini, D., & Sukardi, S. (2016). THE INFLUENCE OF MOTIVATION, LEARNING STYLES, TEACHER LEADERSHIP, AND TEACHING INTENSITY ON STUDENTS’LEANING OUTCOMES. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(2), 136-143. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/download/13181/9179

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. PEKA, 6(1), 1-10. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1858

Winulang, A., & Subkhan, S. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar, Gaya Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Solihin Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4697

Yussi, S., & Purnomo, P. (2016). The Contr Ibution of Vocational Students ’ Learning Discipline , Motivation and Learning Results. International Journal Of Environmental & Science Education 12(5): 965–70. http://www.ijese.net/makale/1859.html

Downloads

Published

2021-07-24

How to Cite

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225-236. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030