PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI

Authors

  • Novia Andriani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Nirmawan Nirmawan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1471

Abstract

Indonesian language learning is to improve students’ ability to understand, analyze, evaluate, and produce. This is the background of the researcher to examine the effect of the inquiry learning model on the lesson of writing complex procedure texts. This study aims to improve students’ ability to write complex procedural texts using the inquiry learning model in class XI SMA Muhammadiyah 1 Medan for the 2020-2021 academic year. The population of this study is all students of class XI, totaling 103 students using a sample of 40 students with random sampling, the method used in this study is an experimental method with a two group pre-test and post-test design. The instrument used to test the ability to write complex procedure texts. The average value of ability in writing complex procedure texts before using the inquiry model is 72,1 while the average value of ability in writing complex procedure texts after using the inquiry model is 80,25. Based on the results of the pre-test and post-test class correlation analysis conducted with the product moment correlation formula, it obtained an r value of 0,965 so that thitung 22,456 >ttabel 2,021, it was concluded that the inquiry model had a significant influence on the ability to write complex procedure texts in class XI high school students SMA Muhammadiyah 1 Medan Academic Year 2020-2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Writing, Complex Procedure Texts, Inquiry Model

References

Alam, H. W. N. (2017). Peningkatan kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode demonstrasi. Diksatrasia, 1(1), 32-38. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/176

Angie, L. B., Syambasril, S., & Ramdani, D. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN TEKNIK 3M PADA SISWA SMPN 3 SUNGAI BETUNG. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37197

Aprilia Alvianti, Khabib Sholeh, Bagiya. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Surya Bahtera Vol 5 No 45. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/download/4473/4155.

Aprilya, A. P. (2020). Model Pembelajaran Inquiry. Malang: Ahlimedia Press. Google Scholar

Barus, S., & Barus, F. Penggunaan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan menulis Teks prosedur kompleks. BAHAS, 30(3). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas/article/view/17173

Bramastiwi, U., & Hermayawati, H. (2020). PERANCANGAN LEMBAR KERJA SISWA BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA MADRASAH DENGAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN BERBICARA MEMBACA MENULIS KELAS VIII. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 289-294. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1114

Budijah. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Menengah Vol 11 No 1. https://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/download/1264/371371750.

Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-114. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.13

Erka, W. (2014). Keterampilan berbahasa presenter penyaji berita pada lembaga penyiaran televisi. Jurnal ipteks terapan, 8(4), 235-241. http://103.111.125.15/index.php/jit/article/view/19

Hanum, Nanda Tri Putri an Inayah. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi. Jurnal Unversitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/38843/1/34.%20Fulltext.pdf.

Hendarwati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa SDN I Sribit Delanggu pada pelajaran IPS. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59-70. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.47

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute. Google Scholar

Kemendikbud. (2018). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 37 TAHUN 2018 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH. Jakarta: Kemendikbud. Google Scholar

Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2014). Jenis-jenis teks. Bandung: Yrama Widya. Google Scholar

Muchlis Solichin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 215-231. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/224

Nurhayati, N. (2018). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILANMENULISTEKS PROSEDUR KOMPLEKSMENGGUNAKAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK PADA SISWA KELAS X TP SMK N 1 BANGKINANG TP 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 500-508. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/155

Paramita Candra Devi, Yusak Hudiyono, Widya Gede Mulawarman. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Jurnal Diglosia Vol 1 Nomor 2. https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/13/10.

Paramitha, N. P. P. T. Y., Sudiara, I. N. S., & Nurjaya, I. G. (2014). Teknik Koreksi Dalam Evaluasi Hasil Belajar Menulis Karangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kerambitan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/3351

Pratama, Moch. Hendy Bayu. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Video Animasi Prosedur (Media Audiovisual) Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya Tahun 2018/2019. Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma Vol 6 No 3. https://ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/wp-content/uploads/2021/06/300-hendy-bayu.pdf.

Purba, F. J., Subakti, H., Muntu, D. L., Simarmata, J., Avicenna, A., Harianja, J. K., ... & Walukow, D. S. (2022). Strategi-Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Google Scholar

Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1035-1043. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496

Riyanti dan Sari, Muspita Rafika. 2020. Problematika Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI Mas Cipta Simpang Dolok. Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8 Nomor 2. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jkb/article/download/1726/1414.

Sakinah, Rita Arianti, Delia Putri. 2021.Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Model Take and Give Pada Kelas X TKJ Pemdes Ujung Batu. Jurnal Akrab Juara Vol 6 Nomor 1. https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1363/1191.

Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2019). Pengembangan pembelajaran inkuiri berbantuan PhET untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Journal of Science Education And Practice, 1(1), 20-31. https://doi.org/10.33751/jsep.v1i1.378

Shoimin, A. (2014). Media 68 Model Pembelajaran Inovatif daalam Kurikulum 2013. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Google Scholar

Sihombing, Irma Itasari. 2018. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Strategi Sumbang Saran (Brainstorming) Oleh Siwa Kelas XI SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Universitas Negeri Medan. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/download/14727/12031.

Silalahi, R. (2011). Kontribusi Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Inkuiri Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Edisi Khusus, 2, 134-143. Google Scholar

Sugiyono, S.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Google Scholar

Suyati,S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Resiprokal Pada Mata Pelajaran B.Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rambutan Banyuasin. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Vol 9 No. 1. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/download/4246/3911.

Warmi, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Peserta Didik (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas V SDN Paturaman Desa Sukaratu Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1), 280141. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i1.315

Winarsih, A. D. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Pada Kelas X-IPA 3 SMAN Candipuro Lumajang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(2), 122-132. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2604

Yulia, Intan dan Irwan. 2018. Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Metode Probing Promting Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 6 No 2. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/viewFile/2950/2750.

Downloads

Published

2022-02-18

How to Cite

Andriani, N., & Nirmawan, N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 180-187. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1471