PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID ‘AYO CUCI TANGAN’ UNTUK MENGAJARKAN KEBERSIHAN ANGGOTA TUBUH PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muyassaroh Muyassaroh SLB Negeri 2 Yogyakarta, Indonesia
  • Reno Nurdiyanto Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Laifa Rahmawati Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1508

Abstract

This study aims to (1) produce an android application 'let's wash your hands' to teach body hygiene in science lesson content in elementary schools (2) determine the value of product feasibility. This type of research is research and development. This study uses a 4d model. This model consists of four steps; (1) define, (2) design, (3) development, and (4) disseminate. Product validation is calculated based on the results of expert assessments. The results of this research and development are (1) an android application with the topic of 'washing hands' (2) the media developed has a good feasibility value. Based on these findings, it shows that the 'let's wash your hands' android application is feasible to use in learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Android Application, hand washing, science, Elementary School

References

Amalia, R. N. (2019). PEMANFAATAN VIDEO MENCUCI TANGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRAKTIK MENCUCI TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. JURNAL KEPERAWATAN, 10(1), 19-24. http://repository.akperykyjogja.ac.id/id/eprint/3

Aminingsih, S. (2021). PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CUCI TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH. KOSALA: Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1). https://doi.org/10.37831/kjik.v9i1.204

Andayani, R. (2016). Metode drill bermedia flash card untuk meningkatkan pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun pada anak Tunagrahita. JHE Journal of Health Education, 1(1), 37-43. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/article/view/9810

Andriani, Y., Suwarni, L., & Arfan, I. (2020). Regional Language Mini Poster as an Alternative Media for Health Promotion Hand Hygiene . Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 9-18. https://doi.org/10.36590/jika.v2i1.38

Azizah, N., & Masithoh, A. R. (2018). SENAM CUCI TANGAN (HAND WASH) GURU PAUD AISYIYAH. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(1). https://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/JAI/article/view/962

Azizah, N., Susanto, T., & Susumaningrum, L. A. (2015). Pengaruh Terapi Bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa Kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember (The Effect of SCL (Snake, Cards, and Ladders) Games Therapy to Hand Washing Skill of First and Second G. Pustaka Kesehatan, 3(2), 295-302. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/2613

Departemen Kesehatan. (2011). Pedoman Manajerial Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Rumah Sakit dan fasilitas pelayanan Kesehatan Lainnya. Google Scholar

Desiyanto, F. A., & Djannah, S. N. (2013). Efektivitas mencuci tangan menggunakan cairan pembersih tangan antiseptik (hand sanitizer) terhadap jumlah angka kuman. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Daulan, 7(2), 24934. http://dx.doi.org/10.12928/kesmas.v7i2.1041

Ashari, A. E., Ganing, A., & Mappau, Z. (2020). Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Kelas V Sekolah Dasar melalui Senam Cuci Tangan Pakai Sabun. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 10(1), 11-18. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.v10i1.635

Fadiah, T., Tirtayanti, S., & Romiko, R. (2020). PENGARUH PELATIHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN CUCI TANGAN DI SD NEGERI 95 PALEMBANG. Jukema (Jurnal Kesehatan Masyarakat Aceh), 6(1), 49-53. https://doi.org/10.37598/jukema.v6i1.800

Indrayani, E., Mutoharoh, S., & Asti, A. D. (2019). METODE SENAM CUCI TANGAN MENURUT UNICEF PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KECAMATAN PURING. The 9th University Research Colloqium (Urecol), 9(1). http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/urecol9/article/view/546

Juliawan, D. G., Mirayanti, N. K. A., & Parwati, N. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 11-20. https://doi.org/10.36474/caring.v3i1.124

Nurhidayati, A., & Hilal, N. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Phbs Dengan Media Permainan Ular Tangga Dan Ceramah Terhadap Pengetahuan Siswa Sd Negeri Limpakuwus Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Buletin Keslingmas, 37(3), 332-338. https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/keslingmas/article/viewFile/3897/1029

Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122-130. http://dx.doi.org/10.36565/jab.v9i1.197

Sari, A. P. (2021). Pengaruh Buzz Group Melalui Media Booklet dan Poster Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa/I Kelas V SD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu Era New Normal. Jurnal Promosi Kesehatan Poltekkes Bengkulu, 1(1). http://ojs.poltekkesbengkulu.ac.id/index.php/promkes/article/view/136

Rachmawati, F., Putri, H. A., & Pujiastuti, T. W. (2015). Pengaruh Penyuluhan Tentang Cuci Tangan Dengan Media Video Terhadap Penerapanpraktik Cuci Tangan di SD Negerinogotirto Yogyakarta.Tugas Akhir. Google Scholar

Rahmawati, N. V., Utomo, D. T. P., & Ahsanah, F. (2020). Fun handwashing sebagai upaya pencegahan covid-19 pada anak usia dini. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 218. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1958

Ridha, A., Selviana, S., & Azzwar, F. (2016). Efektivitas media komik pada pengetahuan dan sikap mengenai cuci tangan pada siswa sekolah dasar. LINK, 12(1), 1-7. https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link/article/view/405

Risnawaty, G. (2016). Faktor determinan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada masyarakat di tanah kalikedinding. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 4(1), 70-81. http://dx.doi.org/10.20473/jpk.V4.I1.2016.70-81

Saputri, A. A., & Suryati, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Audio-Visual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Pada Anak Kelas Iv Di Mi Jamilurrahman Bantul. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(3), 245-254. https://doi.org/10.35842/mr.v14i3.231

Sutriyanto, K., Raksanagara, A. S., & Wijaya, M. (2016). Pengaruh Permainan Kartu Kasugi terhadap Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(4). https://doi.org/10.24198/jsk.v1i4.12828

Suwanti, I., & Krisbiantoro, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bernyanyi Terhadap Perilaku Cuci Tangan Yang Benar. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 11(2), 7-7. http://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jkk/article/view/34

Zurrahmi, Z. R., Hardianti, S., & Syahasti, F. M. (2021). PKM PENGENALAN SENAM 6 LANGKAH CUCI TANGAN DAN SENAM IRAMA PADA SISWA KELAS 5 DAN 6 DI SDN 011 BUKIT KRATAI RUMBIO JAYA. COVIT (Community Service of Health), 1(2), 35-39. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/covit/article/view/2136

Downloads

Published

2022-01-07

How to Cite

Muyassaroh, M., Nurdiyanto, R., & Rahmawati, L. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID ‘AYO CUCI TANGAN’ UNTUK MENGAJARKAN KEBERSIHAN ANGGOTA TUBUH PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 131-138. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1508