PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PSI

Authors

  • Fitria Fitria Politeknik Negeri Banjarmasin, Indonesia
  • Emy Iryanie Politeknik Negeri Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3020

Abstract

Today, advances in learning media technology that previously consisted of audio and visual displays can be combined into multimedia forms. The aim of this study is to be a matter of consideration when choosing learning strategies through the evaluation of student learning experiences. This research is done by analyzing data using regression analysis. First, the data evaluation in this study is a data quality test. Next, do the classic assumption test. Third, a double linear regression analysis test is carried out to evaluate the accuracy and compatibility of the model. This is done to determine whether the regression model is worthy of knowing the free variable or not. The results of the study indicated that the variables of the PBL method in the learning process of the course have an influence on student satisfaction. A value of F of 117,321 and a significance of 0.000 indicate that the test result of F is < the defined significant rate (alpha = 0.05). Project-based learning methods applied in learning poses influence student satisfaction. So it can be concluded that the PBL learning model has an influence on student satisfaction in PSI courses.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Learning, Project based learning, Student satisfaction

References

Afridapane, P. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2). http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945/0

Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464

Bagyo, B., Utaminingsih, A., & Wardoyo, P. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Metode Pembelajaran Terhadap Kepuasan Siswa. Sustainable Business Journal, 2(1), 12–24. https://journals.usm.ac.id/index.php/sbj/article/view/7008

Harmen, H., Agustini, F., & Aprinawati, A. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Metode Dan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Manajemen Sumberdaya Manusia Semester 2 Kelas a Di Jurusan Manajemen. Niagawan, 8(1), 50. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12806

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia. https://ilms.jabarprov.go.id/inlislite31/opac/detail-opac?id=21679

Ismaimuza, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Sikap Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.305

Lussianda, E. O. (2019). Pengaruh kepuasaan mahasiswa terhadap kinerja dosen sekolah tinggi ilmu ekonomi persada bunda pekanbaru. FORUM EKONOMI, 21(2), 126–131. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Nuraini, E. (2022). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Bidang Kemahasiswaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 653–659. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1027

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/25286

Raharjo, S. (2014a, January). Cara Melakukan Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan SPSS. Retrieved from SPSS Indonesia website: https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-normalitas-kolmogorov-sm.

Raharjo, S. (2014b, January). Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS. https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-reliabilitas-alpha-spss.html

Raharjo, S. (2014c, January). Cara melakukan Uji Validitas Product Moment dengan SPSS. https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas-product-momen-s.

Raharjo, S. (2014d, February). Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS. https://www.spssindonesia.com/2014/02/cara-mudah-melakukan-uji-t-d.

Raharjo, S. (2014e, February). Tutorial Uji Autokorelasi dengan Durbin Watson Menggunakan SPSS Lengkap. https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-autokorelasi-dengan-durbi.

Raharjo, S. (2014f, February). Uji Multikolinearitas dengan Melihat Nilai Tolerance dan VIF SPSS. https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-multikolonieritas-dengan-m.

Saerozi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berorientasi Ecopreneurship Dan Motivasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pengelasan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Semarang. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM

Septyarini, E., & Cahya, A. D. (2021). Kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran online di tengah pandemi dengan pengaruh penguasaan teknologi dan kemampuan komunikasi verbal. Inovasi, 17(2), 211–216. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI

Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 24-28. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jurnalphi/article/view/14546

Sudiksa, I. M., Divayana, D., & Warpala, I. (2015). Pengaruh E-Learning Dan Lingkungan Kampus Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 86(97). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/download/3354/1719

Utama, K. O. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Ngawen. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Wibisono, S. (2012). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Simulasi Menggunakan Importance Performance Analysis (Studi Pada Kelas Psikologi Eksperimen). Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 1(3), 184–197. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jp3i/article/view/10704/pdf

Wikipedia. (2023, January 7). Pembelajaran dalam dunia pendidikan. https://id.wikipedia.org/wiki/Belajar#:~:text=Pembelajaran adalah proses interaksi peserta,belajar pada suatu lingkungan belajar

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Fitria, F., & Iryanie, E. (2023). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PSI. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 555-560. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3020