Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Sayap-Sayap Patah Karya Kahlil Gibran

Authors

  • Adelheid Aye Owa SMA Negeri 2 Langke Rembong, Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v4i1.2858

Abstract

Novel Sayap-Sayap Patah ini merupakan salah satu karya seorang pengarang terkenal. Ia adalah Kahlil Gibran. Novel Sayap-Sayap Patah mengupas kehidupan pengarangnya sendiri di masa lalu dengan gemilang dan terbuka. Nilai-nilai sastra yang ada dalam novel ini merupakan kehidupan keseharian seorang Gibran sendiri sebagai novel yang mengandung unsur religusnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan data tulis berupa kata, frase, atau kalimat yang mengandung nilai-nilai pendidikan. Analisis data dilakukan secara informal, yakni menggunakan uraian-uraian verbal tentang deskripsi nilai-nilai pendidikan. Teori nilai yang akan dipergunakan dalam penelitian ini adalah teori nilai yang dikemukakan oleh Scheler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan terdiri atas nilai ketuhanan dan nilai kemanusiaan. Nilai ketuhanan meliputi nilai keagamaan. Sedangkan nilai-nilai kemanusiaan, meliputi nilai ketakberdayaan manusia, nilai keteduhan, nilai kehangatan, nilai kebersamaan, nilai impian, nilai ketenangan, nilai keharmonisan, nilai kasih dan syang, nilai rendah hati, nilai kebajikan, nilai cinta kepada ibu, nilai penghiburan, nilai bertanggung jawab, nilai dan kesombongan.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Sastra, novel, nilai pendidikan, nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan

References

Bala, A., & Abdullah, A. (2022). Konflik Keluarga dalam Cerpen Ayah, “Ibu Ku Mohon” Karya Dewi Muda Makin. JURNALISTRENDI: JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 7(1), 98-109. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v7i1.912

Busa. 2011. Nilai Pendidikan dalam Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Ende: Skripsi. PBSI.FKIP. Universitas Flores.

Gafur, Murniyati. 2011. Citra Sufistis dalam Novel Sayap-sayap Patah karya Kahlil Gibran. Ende: Skripsi. PBSI.FKIP. Universitas Flores.

Gibran, Kahlil. 2003. Sayap-Sayap Patah (Broken Wings). Batam: Classic Press.

Keraf, Gorys. 1981. Diksi dan Gaya Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah

Mido, Frans. 1994. Cerita Rekaan dan Seluk-Beluknya. Ende: Nusa Indah

Milles,M.B, Huberman. 1990. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Pres

Nuria. 2008. Nilai-nilai Religius Novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Sirazy. Ende: PBSI. FKIP. Universitas Flores.

Moleong, Lexy.J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002.Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Pradopo, Djoko Rachmat. 2005. Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.

Sumardjo, Jacob. 1998. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia

Teeuw, A. 2003. Sastra dan Seni Sastra. Jakarta : Pustaka Jaya.

Wellek, Rene and, Austin, Warren (ed). 1990. Teori Kesusastraan (Penerjemah: Melani Bidianta). Jakarta: Gramedia

Yapi T, Yoseph. 1997. Pengantar Teori Sastra. Ende: Nusa Indah.

Downloads

Published

2023-06-27 — Updated on 2024-02-02

Versions

How to Cite

Owa, A. A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Sayap-Sayap Patah Karya Kahlil Gibran. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 11-21. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v4i1.2858 (Original work published June 27, 2023)