Archives

  • Juni
    Vol. 5 No. 1 (2024)

  • Volume 4 Nomor 2 Tahun 2023 (Desember 2023)
    Vol. 4 No. 2 (2023)

    Retorika : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

    e-ISSN: 2745- 634X

    URL Jurnal: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index 

    RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. 

    Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Flores

    Alamat Redaksi:

    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi

    Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende,

    Nusa Tenggara Timur, 86319

    DOI: https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v4i1 Published: 2023-06-27
  • Volume 4 Nomor 1 Tahun 2023 (Juni 2023)
    Vol. 4 No. 1 (2023)

    Retorika : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

    e-ISSN: 2745- 634X

    URL Jurnal: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index 

    RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. 

    Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Flores

    Alamat Redaksi:

    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi

    Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende,

    Nusa Tenggara Timur, 86319

  • Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022 (Desember 2022)
    Vol. 3 No. 2 (2022)

    Retorika : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

    e-ISSN: 2745- 634X

    URL Jurnal: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index 

    RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. 

    Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Flores

    Alamat Redaksi:

    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi

    Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende,

    Nusa Tenggara Timur, 86319

    DOI: https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v4i1 Published: 2023-06-27
  • Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022 (Juni 2022)
    Vol. 3 No. 1 (2022)

    Retorika : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

    e-ISSN: 2745- 634X

    URL Jurnal: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index 

    RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. 

    Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Flores

    Alamat Redaksi:

    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi

    Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende,

    Nusa Tenggara Timur, 86319

    DOI: https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v4i1 Published: 2023-06-27
  • Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021 (Desember 2021)
    Vol. 2 No. 2 (2021)

    Retorika : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

    e-ISSN: 2745- 634Xhttps://issn.brin.go.id/terbit/detail/1596516178

    URL Jurnal: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index 

    RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. 

    Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Flores

    Alamat Redaksi:

    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi

    Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende,

    Nusa Tenggara Timur, 86319

    DOI: https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v4i1 Published: 2023-06-27
  • Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021 (Juni 2021)
    Vol. 2 No. 1 (2021)

    Retorika : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

    e-ISSN: 2745- 634X

    URL Jurnal: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index 

    RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. 

    Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Flores

    Alamat Redaksi:

    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi

    Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende,

    Nusa Tenggara Timur, 86319

  • Volume 1 Nomor 2 Tahun 2020 (Desember 2020)
    Vol. 1 No. 2 (2020)

    Retorika : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

    e-ISSN: 2745- 634X

    URL Jurnal: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index 

    RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. 

    Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Flores

    Alamat Redaksi:

    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi

    Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende,

    Nusa Tenggara Timur, 86319

  • Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020 (Juni 2020)
    Vol. 1 No. 1 (2020)

    Retorika : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

    e-ISSN: 2745- 634X

    URL Jurnal: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index 

    RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan. 

    Penerbit: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Flores

    Alamat Redaksi:

    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi

    Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende,

    Nusa Tenggara Timur, 86319