Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • I Ketut Suar Adnyana Universitas Dwijendra

DOI:

https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5304

Abstract

This study is a qualitative descriptive study. The aim of this study is to find learning methods in Indonesian language subjects by applying a deep learning approach. The method used in this study is the literature study method with the steps 1) identifying literature sources 2) selecting relevant literature, and 3) analyzing the literature. From the results of the study it can be determined that the methods that can be applied in learning Indonesian are problem-based learning methods, project-based learning, inquiry, and flipped classroom.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

deep learning, problem-based learning, Project-based learning, inquiry, flipped    classroom
RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal RETORIKA terbit perdana pada Juni 2020, dan akan terbit secara berkala dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. Setiap artikel direview oleh tim. Adapun ruang lingkup jurnal ini yaitu (1) sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra); (2) Keterampilan dan pembelajaran sastra; (3) Keterampilan dan pembelajaran bahasa; (4) Analisis wacana; (5) Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik; (6) Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (7) Kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (8) Model atau media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (9) Kajian kebudayaan Indonesia; dan (10) penelitian lainnya yang relevan.   DOI: https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i1 Published: 2024-12-31

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Suar Adnyana, I. K. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5304

Issue

Section

Articles