Pelatihan Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce sebagai Media Pemasaran di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Nepa Sampang Madura

Authors

  • Agus Subaidi Universitas Madura, Pamekasan, Indonesia
  • Lili Supardi Universitas Madura, Pamekasan, Indonesia
  • Fajar Fajar Universitas Madura, Pamekasan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37478/abdika.v2i4.2224

Abstract

Nepa merupakan salah satu desa yang ada di Kota Sampang bagian utara. Pada umumnya mata pencaharian masyarakat adalah nelayan. Selain itu terdapat juga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat. Para pelaku UMKM di Desa Nepa kurang memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produknya. Padahal dengan melibatkan teknologi para pembeli lebih mudah mengetahui barang-barang yang dijual dan konsumen akan semakin meluas. Dengan adanya pengabdian ini Kami mencoba mengenalkan dan mengedukasikan tentang pemanfaatan teknologi e-commerce bagi UMKM sebagai media pemasaran. Sisi lain kelebihan dari e-commerce khususnya pada saat situasi pandemic Covid 19 seperti saat ini adalah konsumen tidak harus mendatangi langsung tempat UMKM. Jadi cukup pesan secara online. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian untuk mengetahui kendala apa saja yang ada dan membantu pemasaran produk UMKM masyarakat Nepa terlebih di masa pandemic covid-19. Metode yang dipakai dalam pelatihan adalah Pemaparan (ceramah), praktik penugasan dan tanya jawab serta wawancara langsung untuk mengetahui respon masyarakat terhadap pelatihan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan bahwa pelaku usaha mikro kecil dan Menengah beranggapan positif terhadap program  pelatihan dan pembinaan karena meberikan efek atau dampak yang positif terhadap perkembangan usaha mikro kecil. Faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan peningkatan pemberdayaan UMKM adalah minimnya tenaga penyuluh UMKM di Desa Nepa, terbatasnya anggaran yang dimiliki, kesulitan permodalan UMKM, dan permasalahan teknis UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Nepa, UMKM, E-commerce

References

Apriadi, D. & Saputra, A.Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat. Jurnal Resti, 1(2), 131-136

Distribusi Penjualan Hasil Pertanian

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/22/inilah-10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar.

Mulyantomo, E., Sulistyawati, A. I., & Triyani, D. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Tematik, 3(2), 199-210.

Sari, dkk., (2017). Pelatihan Pemanfaatan E-commerce Bagi Peningkatan Mutu Sosial Tenaga Kerja dan Wanita di Kelurahan Rongtengah Sampang Madura. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Aksiologiya, 1(2), 151-155. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v1i2.931

Wahyuni, N., Mutaqin, A.I.S., & Gunawan, A. (2019). Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk

Pelaku UKM Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 1(6)

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Subaidi, A., Supardi, L., & Fajar, F. (2022). Pelatihan Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce sebagai Media Pemasaran di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Nepa Sampang Madura. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 435-439. https://doi.org/10.37478/abdika.v2i4.2224