Editorial Policies

Focus and Scope

Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel laporan  pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen bidang pendidikan maupun bidang lain atau  kelompok-kelompok masyarakat berbentuk penyuluhan, pendampingan, bimbingan teknis, dan jenis kegiatan lain yang relevan dengan : (1) Pendidikan dan Pelatihan; (2) Pemberdayaan Masyarakat; (3) Olahraga & Kesehatan; (4) Ilmu Pengetahuan & Tekonologi; (5) Parawisata & Seni; (6) Sosial Budaya; (7) Ekonomi dan  Kewirausahaan; (8) Agama dan Hukum; (9) Pertanian dan lain-lain.

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Peer Review Process

Setiap artikel yang masuk ke Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat akan direview oleh 2 (dua) orang  reviewer sesuai dengan tema dan bidang artikel. Reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis juga tidak mengetahui identitas reviewer (metode peer-review double-blind/blind). Reviewer diberikan waktu paling lama empat minggu untuk meninjau artikel yang ditugaskan. Tim redaksi akan memberikan keputusan untuk menerima atau menolak artikel berdasarkan hasil review yang dilakukan oleh reviewer. Jika reviewer memberikan rekomendasi yang berbeda secara signifikan, editor akan menugaskan 1 (satu) reviewer tambahan untuk dipertimbangkan dalam memberikan keputusan pada artikel. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
Sebelum mengirimkan artikel ke Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, penulis harus memastikan dan mematuhi hal-hal sebagai berikut:

  1. Artikel yang dikirimkan merupakan artikel original milik penulis dan bukan hasil mencontek karya ilmiah orang lain. Artikel yang dikirimkan akan ditolak jika hasil tes plagiat menggunakan software Plagiarsm Checker X menunjukan kesamaan dengan karya ilmiah orang lain lebih besar dari 20%.
  2. Artikel yang dikirim bukan merupakan artikel yang sedang dipertimbangkan di jurnal lain.
  3. Artikel harus menggunakan format artikel yang telah ditentukan. Penulis dapat mengunduh template jurnal yang tersedia di bilah sisi web jurnal.

Publication Frequency

Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit  teratur 4x setahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.

Open Access Policy

Jurnal ini tersedia secara terbuka (open access)  yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan secara global.

Creative Commons License  Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publication Ethics

Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat  mengacu pada Committee on Publication Ethics (COPE). Rincian pedoman dan standar internasional dapat ditemukan di situs COPE.

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, reviewer, dan penulis . Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat bertanggungjawab menerbitkan naskah  yang setelah melalui proses editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan kaidah penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Penerbit  Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan Mitrabestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit  Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor  Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat bertanggungjawab dalam memutuskan naskah  yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, tim editor  Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat berasaskan pada asas kesamaan perlakuan dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasi naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  3. Editor dan tim editorial  Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau naskah  yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh penelitian editor Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggungjawab Reviewer

  1. Reviewer Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/naskah  yang masuk
  2. Reviewer  Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakatbertanggungjawab terhadap rekomendasi naskah yang ditelaahnya.
  3. Reviewer Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat melakukan penelaahan  naskah secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  4. Reviewer Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme atas naskah  yang ditelaahnya.
  5. Reviewer Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya untuk keuntungan/kepentingan pribadi.

 Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan naskah  hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah  yang telah ditulis.
  3. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  4. Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak melakukan double submit ke Jurnal lain saat proses di  Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat masih berlangsung.
  6. Penulis tidak berkeberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah subtansi atau ide pokok dari tulisan.

Author Fees

Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat  tidak memungut biaya dari penulis dimulai dari  penyerahan naskah dan  pemrosesan  artikel.  Para pembaca juga dapat membaca dan  mengunduh seluruh artikel jurnal ini secara gratis.

Article Submission: 0.00 IDR

Fast -  Track Review : 0.00 IDR

Article Publication: 650,000.00 IDR

Screening for Plagiarism

Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat memastikan bahwa setiap artikel yang diterbitkan tidak akan melebihi 20% Skor Kesamaan (Artikel yang ditemukan dengan plagiarisme lebih dari 20% secara otomatis ditolak dan penulis disarankan untuk memperbaikinya). Jadi, sebelum penulis mengirimkan artikel ke Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, wajib melampirkan hasil penyaringan bukti plagiarisme, dan setelah merevisi artikel dan dinyatakan diterima sebelum dipublikasikan secara resmi. Penyaringan plagiarisme dapat dilakukan oleh penulis menggunakan Plagiarsm Checker X .

License Term

Creative Commons License  Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan. Selanjutnya... .

Retraction

Artikel yang dimuat di Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat akan menarik kembali artikel yang telah diterbitkan jika:

1. Ditemukan  bukti yang jelas bahwa temuan yang dipaparkan dalam artikel  tersebut tidak dapat diandalkan, baik sebagai akibat dari kesalahan (misalnya fabrikasi data) atau masalah kejujuran ​​(misalnya kesalahan perhitungan atau kesalahan eksperimental)

2. Artikel dimaksud sebelumnya telah dipublikasikan di tempat lain tanpa referensi silang, izin, atau pembenaran yang tepat (yaitu kasus publikasi yang berlebihan)

3. Artikel tersebut terbukti merupakan plagiarisme

4. Melaporkan penelitian yang tidak etis

Mekanisme pencabutan mengikuti Pedoman Pencabutan Komite Etika Publikasi (COPE) yang dapat diakses di https://publicationethics.org/files/retraction%20guidelines.pdf

Complaints Policy

Keberatan-keberatan mengenai materi yang diterbitkan hanya akan diterima dalam waktu 12 bulan sejak tanggal publikasi pertama. Jika ada penjelasan, penulis diwajibkan dengan sukarela untuk menyampaikan keluhan mereka beserta alasan ke kantor redaksi melalui email.