LEXICAL AMBIGUITY FOUND IN BEAUTY PRODUCT SLOGANS ON TV ADVERTISEMENTS

Authors

  • Yulita Daka Universitas Flores
  • Gratiana Sama Universitas Flores
  • Marianus Roni Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/lantern.v7i2.1226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui jenis-jenis kedwimaknaan slogan produk kecantikan pada iklan di televisi. Penulis menggunakan teori kedwimaknaan menurut Murphy dan teori makna oleh Leech dalam mendukung analisa ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis   mengidentifikasi semua slogan iklan kecantikan pada channel televisi Indonesia yang telah di tentukan, Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua jenis kedwimaknaan yang ditemukan dalam slogan produk kecantikan pada iklan tersebut. Dua tipe itu adalah polisemi dan homonim. Sedangkan maknanya yaitu konseptual dan konotatif yang sering ditemukan dalam proses analisa data.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Kedwimaknaan, Makna, Slogan, Produk Kecantikan

Downloads

Published

2021-09-17

How to Cite

Daka, Y., Sama, G., & Roni, M. (2021). LEXICAL AMBIGUITY FOUND IN BEAUTY PRODUCT SLOGANS ON TV ADVERTISEMENTS. Lantern: Journal of Language and Literature, 7(2), 106-119. https://doi.org/10.37478/lantern.v7i2.1226