Pemberantasan Buta Aksara di Kampung Jati-Jati Kelurahan Rimba Jaya Merauke melalui Program Taman Calistung

Authors

  • Desy Kumala Sari Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Parjono Parjono Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Pri Ariadi Cahya Dinata Universitas Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i2.2980

Abstract

Sumber daya manusia yang berkualitas dilihat dari kemampuan keaksaraanya. Pemahaman ilmu pengetahuan di sekolah maupun di lingkungan memerlukan kemampuan keaksaraan. Saat ini, angka buta aksara yang tinggi sehingga perlu upaya seluruh lapisan masyarakat untuk memberantasnya. Demikian sehingga, tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan minat belajar khususnya membaca, menulis dan menghitung anak usia sekolah yang berada di Kampung Jati-jati, Rt 003 /Rw 001, Kelurahan Rimba Jaya, Kabupaten Merauke – Papua. Kegiatan pengabdian dikategorikan kedalam 4 (empat) kegiatan utama yakni, observasi lokasi pengabdian, penyerahan alat tulis untuk kegiatan taman calistung, pendampingan kegiatan taman calistung, serta monitoring dan evaluasi keberlanjutan kegiatan taman calistung. Hasil kegiatan yang diperoleh terdapar peningkatan minat peserta belajar untuk mengikuti program taman calistung. Peserta belajar yang awalnya berjumlah 38 orang bertambah menjadi 78 orang di akhir kegiatan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa, minat belajar khususnya membaca, menulis dan menghitung anak usia sekolah yang berada di Kampung Jati-jati, Rt 003 /Rw 001, Kelurahan Rimba Jaya semakin meningkat dibuktikan dengan jumlah anak-anak yang mengikuti kegiatan semakin bertambah, dan juga hasil belajar yang semakin baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Illiterate, Calistung park, Reading, Writing, Calculating

References

Ammanda, R., Legiani, W. H., & Juwandi, R. (2021). Eksistensi Taman Belajar Istana Belajar Anak Banten (ISBANBAN) Kota Serang dalam Menanamkan Karakter Kreatif Terhadap Peserta Belajar di Kampung Cimoyan Kelurahan Sepang Kecamatan Taktakan Kota Serang. 6(2), 1–13.

Amril, L. O., Firmansyah, W., & Hartati, Y. (2017). Pemberantasan Buta Aksara Berbasis Tutorial Terpadu Bagi Masyarakat. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2).

Baiti, N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid-19. Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, III, 113–127.

BPS, B. P. S. (2022). Persentase Penduduk Buta Huruf (2020-2022). https://www.bps.go.id/indicator/28/102/1/persentase-penduduk-buta-huruf.html

Fatah, A., Suhaili, M., & Farida, I. (2021). Analisis Indikator Pendidikan: Partisipasi Pendidikan di Indonesia Periode 1994-2018. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 555. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3516

Hayaturraiyan. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Buta Aksara Pada Anak Usia 7-9 Tahun. 1(2).

Herman, M. C., Wardani, N. K., & Muhabbatillah, S. (2018). Sekolah “Emak-Emak” untuk buta Huruf di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. JPIS Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28(2), 11–16.

M. Bambang Edi Siswanto, Emy Yunita Rahma Pratiwi, Sayid Ma’rifatulloh, Muhammad Nuruddin, & Indah Mei Dwi Astuti. (2020). Pemberantasan Buta Huruf Melalui Zona Literasi Terpadu Di Desa Rapah Ombo. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33752/discovery.v5i1.659

Nasiruddin, F. A., Arsyad, S. N., & Ramli. (2021). Penerapan Konsep Desa Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Desa Lembang Lohe Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1).

Ningsih, S. R., Damanik, I. S., Windarto, A. P., Tambunan, H. S., Jalaluddin, J., & Wanto, A. (2019). Analisis K-Medoids Dalam Pengelompokkan Penduduk Buta Huruf Menurut Provinsi. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 721. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.78

Nugroho, A., Sari, I. P., & Putra, M. R. E. (2019). Pemberdayaan Karangtaruna dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Taman Belajar di Desa Air Putih Kali Bandung Kecamatan Selumpung Rejang Kabupaten Rejang Lebong. LP3MKIL, 1(1).

Quraisy, H., & Babo, R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Buta Huruf. Equibilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(1).

Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 17(1).

Wulandari, F., Safar, M., Asfar, M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Hasbi, H., Karmila, K., & Yulita, Y. (2022). Pemberantasan Buta Aksara melalui Aplikasi Magguru Mabbaca. Seminar Nasional Paedagoria, 2(0), 413–421.

Yuliartati, & Firdaus, A. (2022). Peran PKBM Al-Abrar dalam Memberantas Buta Aksara. Elementary Journal, 5(1), 2022.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Sari, D. K., Parjono, P., & Dinata, P. A. C. . (2023). Pemberantasan Buta Aksara di Kampung Jati-Jati Kelurahan Rimba Jaya Merauke melalui Program Taman Calistung. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 126-133. https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i2.2980