Pemberantasan Buta Aksara di Kampung Jati-Jati Kelurahan Rimba Jaya Merauke melalui Program Taman Calistung
DOI:
https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i2.2980Abstract
Sumber daya manusia yang berkualitas dilihat dari kemampuan keaksaraanya. Pemahaman ilmu pengetahuan di sekolah maupun di lingkungan memerlukan kemampuan keaksaraan. Saat ini, angka buta aksara yang tinggi sehingga perlu upaya seluruh lapisan masyarakat untuk memberantasnya. Demikian sehingga, tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan minat belajar khususnya membaca, menulis dan menghitung anak usia sekolah yang berada di Kampung Jati-jati, Rt 003 /Rw 001, Kelurahan Rimba Jaya, Kabupaten Merauke – Papua. Kegiatan pengabdian dikategorikan kedalam 4 (empat) kegiatan utama yakni, observasi lokasi pengabdian, penyerahan alat tulis untuk kegiatan taman calistung, pendampingan kegiatan taman calistung, serta monitoring dan evaluasi keberlanjutan kegiatan taman calistung. Hasil kegiatan yang diperoleh terdapar peningkatan minat peserta belajar untuk mengikuti program taman calistung. Peserta belajar yang awalnya berjumlah 38 orang bertambah menjadi 78 orang di akhir kegiatan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa, minat belajar khususnya membaca, menulis dan menghitung anak usia sekolah yang berada di Kampung Jati-jati, Rt 003 /Rw 001, Kelurahan Rimba Jaya semakin meningkat dibuktikan dengan jumlah anak-anak yang mengikuti kegiatan semakin bertambah, dan juga hasil belajar yang semakin baik.
Downloads
Keywords:
Illiterate, Calistung park, Reading, Writing, CalculatingReferences
Ammanda, R., Legiani, W. H., & Juwandi, R. (2021). Eksistensi Taman Belajar Istana Belajar Anak Banten (ISBANBAN) Kota Serang dalam Menanamkan Karakter Kreatif Terhadap Peserta Belajar di Kampung Cimoyan Kelurahan Sepang Kecamatan Taktakan Kota Serang. 6(2), 1–13.
Amril, L. O., Firmansyah, W., & Hartati, Y. (2017). Pemberantasan Buta Aksara Berbasis Tutorial Terpadu Bagi Masyarakat. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2).
Baiti, N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid-19. Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, III, 113–127.
BPS, B. P. S. (2022). Persentase Penduduk Buta Huruf (2020-2022). https://www.bps.go.id/indicator/28/102/1/persentase-penduduk-buta-huruf.html
Fatah, A., Suhaili, M., & Farida, I. (2021). Analisis Indikator Pendidikan: Partisipasi Pendidikan di Indonesia Periode 1994-2018. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 555. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3516
Hayaturraiyan. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Buta Aksara Pada Anak Usia 7-9 Tahun. 1(2).
Herman, M. C., Wardani, N. K., & Muhabbatillah, S. (2018). Sekolah “Emak-Emak” untuk buta Huruf di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. JPIS Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28(2), 11–16.
M. Bambang Edi Siswanto, Emy Yunita Rahma Pratiwi, Sayid Ma’rifatulloh, Muhammad Nuruddin, & Indah Mei Dwi Astuti. (2020). Pemberantasan Buta Huruf Melalui Zona Literasi Terpadu Di Desa Rapah Ombo. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33752/discovery.v5i1.659
Nasiruddin, F. A., Arsyad, S. N., & Ramli. (2021). Penerapan Konsep Desa Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Desa Lembang Lohe Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1).
Ningsih, S. R., Damanik, I. S., Windarto, A. P., Tambunan, H. S., Jalaluddin, J., & Wanto, A. (2019). Analisis K-Medoids Dalam Pengelompokkan Penduduk Buta Huruf Menurut Provinsi. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1(September), 721. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.78
Nugroho, A., Sari, I. P., & Putra, M. R. E. (2019). Pemberdayaan Karangtaruna dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Taman Belajar di Desa Air Putih Kali Bandung Kecamatan Selumpung Rejang Kabupaten Rejang Lebong. LP3MKIL, 1(1).
Quraisy, H., & Babo, R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Buta Huruf. Equibilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(1).
Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 17(1).
Wulandari, F., Safar, M., Asfar, M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Hasbi, H., Karmila, K., & Yulita, Y. (2022). Pemberantasan Buta Aksara melalui Aplikasi Magguru Mabbaca. Seminar Nasional Paedagoria, 2(0), 413–421.
Yuliartati, & Firdaus, A. (2022). Peran PKBM Al-Abrar dalam Memberantas Buta Aksara. Elementary Journal, 5(1), 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Desy Kumala Sari, Parjono Parjono, Pri Ariadi Cahya Dinata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors and other parties are bound to the Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0 DEED) for the published articles. This permits users to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.