PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI JARAK

Authors

  • Yasinta Embu Ika Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Flores, Ende, Indonesia
  • Maksimus Nardi Sumarding Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Flores, Ende, Indonesia
  • Maria Desidaria Noge Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP Citra Bakti, Ngada, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37478/mahajana.v6i1.4713

Abstract

This Campus Teaching activity was based on students' low Literacy and Numeracy skills at SDN Jarak, West Manggarai Regency, Komodo District. This activity aims to improve students' Literacy and Numeracy skills. The campus teaching activities include literacy and numeracy activities and technology adaptation. Based on this, the purpose of the study was to see the development of literacy and numeracy skills of students in grades 1-5 at a Jarak State Elementary School, which has its obstacles and challenges in improving literacy and numeracy skills. The research method used is descriptive qualitative. The results of the study showed that grade 5 students were very interested in learning that used learning media and learning methods carried out in groups, making learning very effective so that the development of Literacy and numeracy skills increased.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

campus teaching, literacy, numeracy

References

Arfi, S. W., & Hidayati, C. (2023). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional, 3(03), 11-22. https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/1174

Fajaria, S., Santi, I. N., & Rossanty, N. P. E. (2023). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi di SDN 10 Pantoloan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(1), 160-169. DOI: https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.666

Fono, Y. M., Sayangan, Y. V., Bupu, A., & Mengu, M. O. (2024). Pembuatan Majalah Dinding untuk Meningkatkan Literasi dan Mengembangkan Kemampuan Menulis Peserta Didik di SDI Dhereisa. Jurnal Flobamorata Mengabdi, 2(2), 1-4. https://doi.org/10.51494/jfm.v2i1.1605

Ilahiat, Y. W., Dewi, N. K., & Rosyidah, A. N. K. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA POHON NUMERASI MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH 11-20 KELAS I SD NEGERI 37 CAKRANEGARA. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(2), 145-153. DOI: https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.2128

Keriapy, D., & Tondang, I. S. (2022). Mengenalkan keterampilan dan pendidikan yang dibutuhkan pada era new digital economy melalui program kampus merdeka. Abdi Psikonomi, 3(4), 241-248. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1391

Murni, V., Ali, F. A., Fontania, Y., & Anggung, R. A. (2024). PENDAMPINGAN PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MEDIA INSPIRATIF SEDERHANA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 6247-6255. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/27333

Nuraini, Z., & Amaliyah, N. (2024). Peran Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2789-2800. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/920

Pawe, Y. M., Dhera, M. M., & Noge, M. D. (2024). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa SDK Majamere. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1). DOI: https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.956

Rahayu, A., Wahib, A., & Besari, A. (2023). Peningkatan minat baca siswa sekolah dasar melalui pojok baca. Open Community Service Journal, 2(2), 122-130. DOI: https://doi.org/10.33292/ocsj.v2i2.41

Rizkiyah, N., Adiansha, A. A., Yusuf, M., Fatmah, F., & Syarifuddin, S. (2023). Implementasi Kampus Mengajar Angkatan IV dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa Kelas V SDN Inpres Kalate. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 100-108. DOI: https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i2.325

Saputri, D. A. (2023). Pendampingan Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Negeri Tulungrejo II. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(5), 407–414. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i5.175

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Shihab, N. (2019). Literasi Menggerakkan Negeri. Jakarta: Lentera Hati.

Sidiq, F., Ayudia, I., Sarjani, T. M., & Juliati, J. (2023). Optimalisasi gerakan literasi sekolah melalui desain kelas literasi numerasi di Sekolah Dasar kota Langsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 69-75. DOI: https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.322

Suherman, S. (2024). MANAJEMAN BERBASIS SEKOLAH DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN MINAT BACA DAN BELAJAR SISWA. Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Multazam, 6(1), 63-70. https://jmpa.stitmultazam.ac.id/index.php/jmpa/article/view/8

Tju, M., & Murniarti, E. (2021). Analisis pelatihan asesmen kompetensi minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110-116. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.7

Ummami, W., Wandra, D., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1673-1682. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.984

Warsidah, W., Ashari, A. M., Amir, A., Satyahadewi, N., & Tavita, G. E. (2022). Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Tematik pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 663–669. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.977

Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2022). Peran program merdeka belajar kampus merdeka dalam meningkatkan kemandirian desa. Comm-Edu (Community Education Journal), 5(2), 52-62. DOI: https://doi.org/10.22460/comm-edu.v5i2.9659

Downloads

Published

2025-04-14

How to Cite

Ika, Y. E., Sumarding, M. N., & Noge, M. D. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI JARAK. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 131-137. https://doi.org/10.37478/mahajana.v6i1.4713